Breaking News
Time: 5:48

Organda Perak Dengungkan Zolza

Tuesday, 16 May 2017 10:32
Penandatanganan komitmen Zolza Organda Tanjung Perak, Selasa (16/5/2017) Penandatanganan komitmen Zolza Organda Tanjung Perak, Selasa (16/5/2017)

Surabaya, Expostnews.com – Deklarasi Zero Over Load dan Zero Accident (Zolza) telah didengungkan Dewan Pimpinan Cabang Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (DPC Organda) Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) Tanjung Perak Surabaya tahun 2017. Semangat untuk tidak melakukan over load dan bebas dari musibah terhadap semua angkutan armadanya itu langsung disaksikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Pudji Hartanto Iskandar di Surabaya.

“Deklarasi Zolza ini kami tandatangani bersama dengan seluruh anggota Organda,” tandas Ketua DPC Khusus Organda Tanjung Perak Kody Lamahayu Fredy di Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) III dan Seminar Dahsyat 2017 DPC Khusus Organda Tanjung Perak di Hotel Wyndham Surabaya, Selasa (16/5/2017).

Kody mengatakan, deklarasi Zolza tersebut merupaka komitmen, sekaligus bentuk larangan untuk tidak mengangkut melebihi kapasitas yang telah disesuaikan dengan aturan yang ada. Selain itu, Zolza yang kali pertama dicanangkan ini untuk mendukung program pemerintah terhadap zero over load dan zero accident.

“Tahun 2016 lalu sudah Zero Accident. Tahun ini, kami lebih tekankan untuk melaksanakan secara positif dan penuh kedisplinan, sebagai bentuk dukungan kami kepada program pemerintan untuk zero over load dan zero accident,” tukas Kody dihadapan Ketua Umum DPP Organda Andrianto, semua anggota Organda, pejabat instansi Pelabuhan Tanjung Perak, kepolisian, Dinas Perhubungan Jawa Timur, pejabat Kementerian Perhubungan Pusat, operator terminal, mitra kerja dan pengurus asosiasi Pelabuhan Tanjung Perak.

Sementara, Dirjen Hubdat, Pudji Hartanto Iskandar mengakui, kegiatan yang digelar DPC Organda Tanjung Perak ini merupakan yang pertama di Indonesia. Ia berharap, komitmen serupa juga dilakukan Organda lainnya di Indonesia sebagai wujud kepatuhan terhadap aturan dan kedispilinan dalam mengemudikan armada angkutannya.

“Jujur. Ini pertama dan belum ada di tempat lain. Ini luar biasa, DPC Organda Tanjung Perak bisa menggelar acara seperti ini. Saya sangat mengapresiasi,” ujar Pudji.

Disela acara, DPC Khusus Organda Tanjung Perak Surabaya menyempatkan komitmennya melalui apresiasi berupa pemberian penghargaan kepada Operator Terminal, Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Kesyahbandaran Pelabuhan Utama Tanjung Perak dan Kepolisian Pelabuhan Tanjung Perak. Upaya ini untuk menjaga hubungan mitra bisnis dan kelancaran arus barang tujuan Pelabuhan Tanjung Perak.

“Kalau diukur nilainya memang tidak seberapa. Tapi ungkapan ini sebagai rasa terima kasih kami kepada stakeholder dan mitra bisnis dalam menjaga kelancaran pelayaran transportasi di Tanjung Perak,” tambah Kody yang diamini Ketua DPD Organda Jawa Timur, Mustofa.

Pada saat bersamaan, pakar transportasi I Nyoman Pujawan, selaku narasumber seminar Dahsyat bertema, ‘Pengaruh Kemajuan Teknologi dalam Transportasi Darat’ dalam acara Muskercab III DPC Khusus Organda Tanjung Perak mengingatkan, pengusaha angkutan darat harus peka terhadap perubahan dan perkembangan teknologi informasi (IT). “Jangan hanya sekadar melayani mengangkut barang saja, tetapi bisa memberikan informasi sepanjang melakukan pelayanan kepada pemilik barang. Salah satunya memastikan barang yang diangkut dalam keadaan baik dan aman,” tukas Nyoman, sapaannya.

Ia juga mengatakan, perkembangan sistem pembayaran E-Commerce yang begitu cepat dan pesat di dunia, sangat berbeda dengan di Indonesia yang masih berjalan lambat. Ia berharap, pengusaha angkutan tidak mengabaikan setiap perubahan dan perkembangan IT yang begitu dinamis.

“Mari, bangun karakteristik citra diri positif, dan selalu memiliki tujuan besar. Penuh keyakinan dan percaya diri. Tidak pesimis dan loyo. Selalu tegar dan keras pada diri sendiri. Senang dengan tantangan dan open minded,” sambung motivator Andrie Wongso yang turut hadir dalam penandatanganan Zolza tersebut. (sa/ms)

Rate this item
(1 Vote)
Read 394 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS