Breaking News
Time: 5:48

Pertimbangan Jarak Tempuh, BI Jatim Jadikan Bojonegoro Lokasi Kas Titipan

Tuesday, 30 May 2017 22:53
Peresmian kas titipan di Kabupaten Bojonegoro, Selasa (30/5/2017) Peresmian kas titipan di Kabupaten Bojonegoro, Selasa (30/5/2017)

Bojonegoro, Expostnews.com – Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur memilih Kabupaten Bojonegoro untuk menempatkan kas titipan sesuai ketetapan nominal sebesar Rp 125 miliar karena lokasi dan jarak tempuh. Selain itu, secara ekonomi, Kabupaten Bojonegoro mengalami peningkatan pertumbuhan yang perlu diimbangi penyediaan uang rupiah dalam jumlah yang memadai.

“Ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan uang tunai yang semakin meningkat di Bojonegoro,” ulas Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur yang juga selaku Direktur Eksekutif, Difi Ahmad Johansyah dikonfirmasi, Selasa (30/5/2017).

Sebenarnya, ungkap Difi, ada 3 hal yang menjadi pertimbangan memilih Kabupaten Bojonegoro sebagai lokasi kas titipan. Selain jarak tempuh dan pertumbuhan ekonomi daerah yang terus meningkat, BI Jatim juga melihat perkembangan perbankan yang terus bertumbuh di Kabupaten Bojonegoro.

“Terkait jarak tempuh, karena lokasinya cukup jauh, yaitu mencapai 133 kilometer dari kedudukan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur. Sehingga, memerlukan waktu sekitar 3 – 3,5 jam dengan menggunakan moda transportasi darat,” urai Difi.

Disela peresmian kas titipan di Kabupaten Bojonegoro, Difi mengatakan, Bank Indonesia Jawa Timur terus melakukan sejumlah upaya untuk menjamin ketersediaan uang rupiah layak edar di masyarakat. Upaya tersebut melalui kegiatan kas keliling di Bojonegoro yang frekuensi kegiatannya pada tahun 2017 terus ditingkatkan dengan rata-rata modal kerja mencapai sebesar Rp 2 miliar.

“Kami berharap, dengan pembukaan kas titipan untuk wilayah Bojonegoro ini dapat memenuhi kebutuhan uang serta terlaksananya Clean Money Policy, sekaligus memperluas akses layanan kas dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan ketersediaan Uang Layak Edar di seluruh wilayah Jawa Timur,” papar Difi. (sa/ms/bij)

Rate this item
(1 Vote)
Read 286 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS