Breaking News
Time: 5:48

Relawan La Nyalla Academia Bersihkan 200 Kg Sampah Non Organik di Gunung Arjuno

Tuesday, 22 August 2017 23:43
Para relawan La Nyalla Academia di puncak Arjuno Para relawan La Nyalla Academia di puncak Arjuno

Peringati 72 Tahun Kemerdekaan RI

Surabaya, Expostnews.com – Para relawan La Nyalla Academia benar-benar menunjukkan aksi nyata di peringatan Kemerdekaan Indonesdia ke 72 dengan bersih-bersih sampah. Tak tanggung-tanggung, aksi positif relawan La Nyalla Academia ini ke puncak Gunung Arjuno, Jawa Timur, yang memiliki ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut.

“Ada 22 relawan yang terlibat dalam aksi peduli lingkungan ini. Kami melaksanakannya pada 17-18 Agustus 2017 lalu,” tukas Samsurin, Koordinator Program La Nyalla Academia, Selasa (22/8/2017).

Dalam aksi tersebut, kata Samsurin, para relawan La Nyalla Academia memang memfokuskan diri pada pembersihan sampah. Sampah-sampah yang dibersihkan meliputi, plastik serta sampah bekas bungkus makanan dan minuman yang termasuk sampah non-organik.

“Hasilnya, kurang-lebih 200 kilogram sampah plastik dan bekas bungkus makanan-minuman berhasil kami kumpulkan. Selanjutnya, ratusan kilogram sampah itu kami buang ke tempat pembuangan sampah untuk diproses sebagaimana mestinya. Sehingga tidak mencemari lingkungan Gunung Arjuno,” urai Samsurin.

Dijelaskan, kegiatan peduli lingkungan ini adalah agenda rutin La Nyalla Academia, seperti pernah dilakukan, 22 April lalu. Pada peringatan Hari Bumi tersebut, para relawan La Nyalla Academia mampu menuntaskan aksi pungut sampah di sepanjang jalur pendakian Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur.

“Selain bersih gunung, kami juga kerap melakukan aksi bersih-bersih pantai, seperti aksi bersih pantai di Kabupaten Pacitan, Malang, dan sejumlah kabupaten lainnya,” ujar Samsurin.

Misi bersih -bersih kawasan ini, lanjut Samsurin, memang menjadi  program lingkungan hidup La nyalla Academia. Guna mendukung kegiatan, para relawan lembaga yang didirikan Ketua Umum Kadin Jatim La Nyalla Mahmud Mattalitti tersebut, bekerjasama dengan para pecinta alam. “Kersa sama ini kami lakukan dengan beberapa universitas dan kelompok pendaki di Jawa Timur,” jelasnya.

Sementara, Ketua Umum Kadin Jatim La Nyalla Mahmud Mattalitti mengucapkan, terima kasih kepada semua relawan yang telah ikut berpartisipasi dalam misi lingkungan hidup ini. La Nyalla berpesan, sudah seharusnya semua lapisan bersama-sama menjaga lingkungan.

“Kesadaran ini harus ditanamkan, terutama ke generasi muda. Mengapa La Nyalla Academia menjalankan berbagai kegiatan peduli lingkungan? Ini semua demi menanamkan rasa cinta lingkungan,” ungat La Nyalla. (bo/ms)

Rate this item
(1 Vote)
Read 283 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS