Breaking News
Time: 2:35

PGN Bentang Jaringan Gas Bumi Mulai Riau Hingga Jawa Timur

Wednesday, 23 November 2016 22:48
Proses pengerjaan proyek infrastruktur gas bumi yang ditarget PT PGN selesai akhir tahun 2016 Proses pengerjaan proyek infrastruktur gas bumi yang ditarget PT PGN selesai akhir tahun 2016

Surabaya, Expostnews.com - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) sepertinya tak ingin melewatkan tahun ini untuk memperluas infrastruktur gas buminya. Bahkan, perluasan jaringan sepanjang 195 km yang terbentang mulai dari Kepulauan Riau hingga Jawa Timur itu ditargetkan tuntas akhir 2016.

“Sebagian dari infrastruktur yang kami bangun telah beroperasi tahun ini. Selebihnya, akan selesai antara akhir tahun 2016, atau awal 2017,” kata Vice President Corporate Communication PGN, Irwan Andri Atmanto, Rabu (23/11/2016).

Irwan mengatakan, perluasan jaringan distribusi gas bumi PGN ini tertanam mulai dari Batam di Kepulauan Riau dengan panjang pipa 27 km. Kemudian, infrastruktur gas bumi tersebut juga membentang dari Muara Karang sampai dengan Muara Bekasi sepanjang 42 km, termasuk pengembangan distribusi gas bumi Jawa Barat sepanjang 43 km dan Sidoarjo dengan panjang pipa distribusi 32 km.

“Lalu, di Surabaya juga kami tanam jaringan gas bumi sepanjang 23 km, Pasuruan 2 km dan perluasan program PGN Sayang Ibu. Jadi, total panjang pipa yang dibangun tahun ini lebih dari 195 km,” tutur Irwan dikonfirmasi.

Menurutnya, perluasan jaringan distribusi gas bumi di berbagai daerah tersebut merupakan komitmen PGN dalam pemanfaatan gas bumi secara nasional. Sebagai BUMN gas yang juga menjadi salah satu agen pembangunan nasional, kata Irwan, PGN akan semakin agresif mengembangkan infrastruktur gas nasional di berbagai daerah. “Seperti pengembangan distribusi gas di Semarang, Dumai, Pekanbaru, pengembangan pipa transmisi WNTS Pemping, hingga pengembangan distribusi gas di Jawa Barat dan Jawa Tengah,” urainya.

Tujuan PGN membangun infrastruktur gas buminya ini, lanjut Irwan, agar semakin banyak masyarakat, ibu-ibu juga pelaku usaha UMKM dan komersial, industri serta sektor kelistrikan, bisa memanfaatkan dan menikmati energi baik gas bumi yang efisien. “Karena, gas bumi yang kami distribusi ini, selain aman, juga ramah lingkungan,” tambahnya.

Hingga kini, PGN telah memasok gas bumi ke lebih dari 119.960 pelanggan rumah tangga. Selain itu, PGN juga menyalurkan ke 1.929  usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, sampai ke rumah makan. “Termasuk di dalamnya, 1.630 industri berskala besar dan pembangkit listrik, turut kami distribusikan gas bumi,” jelas Irwan.

Dikatakan, ratusan ribu pelanggan PGN yang menikmati gas bumi tersebut dialirkan melalui infrastruktur pipa gas bumi PGN yang telah mencapai lebih dari 7.260 km. Sebaran distribusi gas bumi tersebut mengalir di berbagai daerah, mulai Medan, Pekanbaru, Batam, Lampung, Palembang, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Kalimantan Utara serta Papua.

“Sekarang, sudah 78 persen pipa gas bumi hilir di Indonesia dibangun dan dioperasikan oleh PGN,” jelasnya. (sa/ms/hum)

Rate this item
(0 votes)
Read 126 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS