Breaking News
Time: 5:05

Berakhirnya Gulita Jipurapah Jombang

Monday, 11 December 2017 19:33
Dwi Kusnanto, General Manager (GM) PLN Distribusi Jawa Timur (helm safety putih) mengisi pulsa di meteran listrik seorang warga Desa Jipurapah, Kabupaten Jombang disaksikan Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko (membelakangi kamera) saat peresmian jaringan listrik berdaya 20 kV/220V di Dusun Kedung Dendeng, Desa Jipurapah, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Senin (11/12/2017) Dwi Kusnanto, General Manager (GM) PLN Distribusi Jawa Timur (helm safety putih) mengisi pulsa di meteran listrik seorang warga Desa Jipurapah, Kabupaten Jombang disaksikan Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko (membelakangi kamera) saat peresmian jaringan listrik berdaya 20 kV/220V di Dusun Kedung Dendeng, Desa Jipurapah, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Senin (11/12/2017)

Sinergi PLN Jatim - Kodam V/Brawijaya

Jombang, Expostnews.com - Dusun Kedung Dendeng, Desa Jipurapah, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, kini tak lagi gulita. Pasalnya, daerah dengan kondisi ekstrem di wilayah Kabupaten Jombang itu telah mendapat penerangan dengan tenaga listrik berdaya, 20 kV/220 V dari PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)/PLN Distribusi Jawa Timur.

"Hari ini, Senin, tanggal 11 Desember 2017, resmi kami operasikan jaringan distribusi tenaga listrik 20 kV/220V," yakin Dwi Kusnanto, General Manager (GM) PLN Distribusi Jawa Timur di lokasi peresmian, Dusun Kedung Dendeng, Desa Jipurapah, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Senin (11/12/2017).

Diharapkan, suksesnya sinergi PLN Jatim dengan Kodam V/Brawijaya untuk menerangi Desa Jipurapah itu mampu memberi manfaat lebih untuk masyarakat setempat. Peresmian yang ditandai dengan menghidupkan Mini Circuit Breaker (MCB) dan pengisian pulsa listrik di salah satu rumah pelanggan di desa tersebut akan turut meningkatkan taraf kehidupan ekonomi masyarakat.

"Semoga usaha serta ikhtiar PLN dan TNI ini mendukung kelistrikan di Desa Jipurapah dan membawa kebaikan yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat," harap Dwi di acara yang juga dihadiri General Manager (GM) PLN Transmisi Jawa Timur Bali, Sumaryadi, Panglima Kodam V/ Brawijaya yang diwakili Kasdam V Brawijaya, Brigjend TNI Widodo dan Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko.

Sebagaimana diungkapkan, PLN akan terus berupaya keras melistriki daerah-daerah terpencil dan terisolir, seperti di Desa Jipurapah yang dikenal dengan daerah yang memiliki medan berat. Namun, Dwi meyakini, keberhasilan PLN Distribusi Jawa Timur untuk melistriki daerah-daerah yang terpelosok dan terisolir itu, bukan saja berdampak pada peningkatan Rasio Elektrifikasi di Provinsi Jawa Timur.

"Melainkan yang lebih penting lagi ketersediaan listrik ini akan membawa perubahan yang mendasar pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Intinya, hal ini akan menjadi wujud nyata dari listrik yang berkeadilan dan benar-benar bisa dirasakan semua masyarakat," harap Dwi.

Pada kesempatan yang dihadiri Camat Plandaan, tokoh agama, tokoh masyarakat Kecamatan Plandaan, PLN Jatim juga menyerahkan bantuan sebesar Rp 110 juta. Bantuan dari program bina lingkungan tersebut ditujukan untuk perbaikan MCK, tandon air dan lampu penerangan umum serta sarana dan prasarana ibadah.

Sekadar tahu, untuk mencapai Desa Jipurapah bukan perkara mudah. Menurut Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan, Pinto Raharjo, saat perjalanan harus menaiki jalan setapak dengan kemiringan yang lumayan membuat jantung berdebar.

"Melalui ruas jalan yang sempit, bebatuan dan menanjak," ujar Pinto.

Apalagi, saat musim penghujan seperti ini. Kata Pinto, medan terasa lebih sulit karena tanah yang dilalui becek dan liat di sepanjang sisi kiri dan kanan jalan hingga membutuhkan perjalanan 1jam menggunakan sepeda motor. Menghadapi kondisi geografis yang sulit tersebut, tidak menyurutkan tekat dan semangat PLN untuk menarik jaringan listrik ke desa yang dihuni oleh total 205 pelanggan, yang terinci dari Dusun Kedung Dendeng sebanyak 147 pelanggan dan di Dusun Rampah Ombo tercatat 58 pelanggan.

"PLN memasang Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 9.990 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 3.852 Kms dan 3 trafo dengan kapasitas masing -masing 250 kVA," urainya. (ms/sa/hum)

Rate this item
(1 Vote)
Read 86 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS