Breaking News
Time: 10:54

SKK Migas Percepat Eksplorasi Temuan Sumur Minyak di Lapindo

Wednesday, 30 January 2019 21:13

Surabaya, Expostnews.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Jawa Bali Nusa Tenggara (SKK Migas Jabanusa) berupaya mempercepat tahapan eksplorasi temuan sumur minyak di wilayah Lapindo, Sidoarjo. Sumur yang sudah masuk tahap eksplorasi ini merupakan satu dari temuan 4 titik sumur minyak di tahun 2019.

“Pada tahap ekploitasi ini dibutuhkan pengeboran selama 3 sampai 6 bulan,” jelas Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Wisnu Prabawa Taher di Surabaya, Rabu (30/1/2019).

Selanjutnya, kata Wisnu, pihaknya melakukan kajian untuk mengetahui nilai keekonomisan dari proses pengeboran. Menurutnya, kajian untuk memastikan ekonomis atau tidak itu dilakukan selama setahun. “Kalau memang terbukti ekonomis, maka akan masuk tahap ekploitasi,” tutur Wisnu saat memapar sumur minyak yang baru digarap temuannya akhir Desember 2018 tersebut.

Dijelaskan, pada tahapan eksploitasi usai kajian, proses pengeborannya membutuhkan waktu sekitar 5 tahun. Masa pengeboran itu terhitung sejak awal aktivitas dilakukan hingga akhir pelaksanaan kegiatan.

“Ya. Sampai akhir pengeboran dibutuhkan waktu 5 tahun,” ujarnya.

Terkait temuan satu sumur minyak di wilayah Lapindo, Sidoarjo, Wisnu mengatakan, di Pulau Jawa, utamanya di wilayah Jawa Timur boleh dibilang sebagai tempat terbesar pengeboran. Menurutnya, Jawa Timur menjadi ujung tombak produksi minyak mentah nasional dengan kontribusi 30% dari total produksi minyak mentah nasional. “Jatim juga menjadi satu-satunya daerah yang beruntung,” katanya.

Mengapa demikian? Wisnu mengungkapkan, selain kaya potensi gas bumi, Jawa Timur juga memiliki jaringan pipa gas. Seluruhnya, digunakan dalam industri pupuk, listrik serta industri komersial dan rumah tangga di Jatim.

“Ini yang juga menjadikan hasil gas bumi, 100 persen diproduksi KKKS,” katanya. (ms/sa/bud)

Rate this item
(1 Vote)
Read 48 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS