Breaking News
Time: 6:35

Demi Kemanusiaan, Surabaya Exploze 2016 Tepis Nada Minor

Sunday, 21 February 2016 22:12
Henny Tantono yang akrab dengan sapaan beken DJ Hun DD sekaligus penggagas Parade DJ bertajuk Surabaya Exploze 2016 menunjukkan kebolehannya memainkan alunan musik DJ Henny Tantono yang akrab dengan sapaan beken DJ Hun DD sekaligus penggagas Parade DJ bertajuk Surabaya Exploze 2016 menunjukkan kebolehannya memainkan alunan musik DJ

Surabaya, Expostnews.com - Seiring derasnya hujan yang mengguyur lapangan Kodam V/Brawijaya, tak menyurutkan pentas Parade Disc Jockey (DJ) bertajuk Surabaya Exploze 2016 tetap menggaungkan sisi kemanusiaan. Dentuman musik berbagai genre racikan para DJ dengan sentuhan khas ini, sekaligus menepis minor masyarakat yang masih memandang musik identik dugem tersebut berkonotasi buruk dan glamour.

“Ada sisi positif bila digarap dengan sasaran tepat,” ingat Henny Tantono, selaku penyelenggara tunggal Surabaya Exploze 2016 usai pentas Parade DJ se-Surabaya, Minggu (21/2/2016).

Untuk menguatkan upaya tersebut, Henny bersama komunitas DJ se-Surabaya menggelar kali pertama musik para DJ secara besar-besaran dan terbuka untuk dipertontonkan bebas ke khalayak luas. Melalui konsep kemanusiaan, Surabaya Exploze 2016 diharapkan meluruskan stigma di masyarakat terhadap musik yang selalu hadir in door (dalam ruangan) itu. “Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat, bahwa pentas DJ ini sebagai bagian dari seni gaya hidup modern yang berkepribadian Indonesia dan bebas narkoba,” jelasnya.

Penggagas acara malam amal Surabaya Exploze 2016 ini mengatakan, sajian musik semalam suntuk itu bukan sekadar hura-hura atau menyenangkan diri sendiri. Melainkan, pesta musik disko berbagai genre tersebut untuk penggalangan dana amal dari para komunitas DJ se-Surabaya.

“Di sekeliling kita masih banyak masyarakat kurang mampu secara ekonomi. Melalui ini (Surabaya Exploze, red), kami tergerak untuk menyalurkan dana yang tergalang,” ujar Henny yang juga seorang DJ ini.

Perempuan jebolan Universitas di Singapura itu juga mengaku, konsep yang dihadirkan Surabaya Exploze 2016 sengaja dirangkai acara pesta amalnya dari kota ke kota nanti melalui touring darat. Dari itu, ia bersama komunitasnya bisa menyerahkan secara langsung hasil penggalangan dananya kepada warga yang kurang mampu secara merata. “Sekali lagi, ini demi membantu fakir miskin sepanjang perjalanan yang jauh nanti. Kami berharap bisa memberikan manfaat,” ingat Henny yang juga seorang DJ ini.

Hal senada juga dipaparkan Hogood. DJ asal Bali yang ikut memeriahkan Parade DJ terbesar di Surabaya itu mengungkapkan, bahwa sisi buruk yang tertanam di masyarakat terhadap musik yang diramu para DJ ini sirna dengan pagelaran Surabaya Exploze 2016. Melalui tema kemanusiaan untuk penggalangan dana amal, masyarakat semakin tercerahkan dengan gesekan musik disko dari para DJ se-Surabaya tersebut.

“Karena setelah di Surabaya, kami melanjutkan parade ke Bali hingga Papua dengan tema yang sama,” cetus Hogood didampingi Melisa yang unjuk perform di awal pentas.

Sebelumnya, iringan dentuman musik yang bervariasi dengan pantulan cahaya (lighting) yang saling-silang menawan tak menyurutkan semangat ratusan pengunjung di lapangan Kodam V/Brawijaya, Sabtu (20/2/2016) yang terguyur hujan deras selama kurang dari satu jam. Tontonan spektakuler hingga Minggu (21/2/2016) dini hari untuk penggalangan dana amal tersebut tersaji apik dari para DJ yang berunjuk piawai di Parade DJ se-Surabaya bertajuk Surabaya Exploze 2016.

“Hujan adalah berkah dan bukan menjadi penghalang kami untuk tetap bersemangat menyajikan racikan musik khas para DJ untuk amal ini," ucap Henny Tantono yang memiliki nama beken DJ Hun DD ini.

Hingga dini hari, lapangan Kodam V/Brawijaya pun berdentum keras. Semua penonton dan undangan pun bergoyang di pesta komunitas DJ bertajuk Surabaya Exploze 2016 tersebut. Parade seniman DJ asal kota Surabaya dan ibukota serta DJ dari luar kota, seperti DJ Dimas, DJ Diana dan DJ Triplex saling menampilkan kebolehannya meramu melalui mixing elektronik musik.

Kehadiran mereka menambah hidup suasana malam di pentas yang berlanjut hingga dini hari tiba. Apalagi, penampilan sejumlah penari yang membawakan parade bendera dan tari cabaret kian menghangatkan malam parade yang ditutup dengan kembang api beragam corak dan warnanya di panggung nan megah tersebut. “Terima kasih atas dukungan semua pihak, undangan dan para penonton yang ikut melancarkan jalannya Surabaya Exploze. Selamat berjumpa di kota lainnya,” tutup Henny yang disambut sorak-sorai penonton yang hadir. (sar)

Rate this item
(1 Vote)
Read 408 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS