Breaking News
Time: 10:56

Nikmatnya Gratis 'Ketan Anti Golput' di Kedai Ketan Punel untuk Pencoblos

Tuesday, 16 April 2019 10:19

Surabaya, Expostnews.com - Coblosan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019 telah terjadwal gelarannya, Rabu (17/4/2019). Pesta demokrasi untuk memilih orang nomor satu di Republik ini pastinya dinantikan segenap warga negara.  

Berbagai upaya dilakukan semua institusi penyelenggara Pemilu untuk mensukseskan Pilpres 2019, satu di antaranya menekan angka Golput dengan meningkatkan animo pemilih untuk datang ke TPS dan melakukan pencoblosan.

Begitu juga di beberapa tempat dan kawasan, ada sekelompok warga dengan sukarela mendirikan TPS unik, termasuk mengenakan pakaian adat. Harapannya, para pemilih antusias beramai-ramai dan senang mendatangi TPS untuk menyalurkan aspirasinya.

Bukan hanya itu, ada juga TPS yang menyajikan hidangan serta hiburan agar para pemilih tidak bosan selama menunggu proses pencoblosan. Tak mau kalah dengan lainnya, Kedai Ketan Punel, yang merupakan tempat jajanan tradisional Surabaya pun turut berupaya mensukseskan Pilpres 2019 dengan memberikan apresiasi.

“Bentuk apresiasi Kedai Ketan Punel dengan memberikan free atau gratis satu porsi ketan punel,” kata Wahyu Darmawan, pemilik Kedai Ketan Punel, Selasa (16/4/2019).

Porsi gratis ini, kata Wahyu, diberikan kepada pembeli yang sudah menyalurkan aspirasi pilihannya dengan mencoblos di TPS. Ketan gratis dengan lebel 'Ketan Anti Golput’ untuk pembeli yang sudah mencoblos ini bisa dinikmati sore hari pasca coblosan di Kedai Ketan Punel, Jalan Raya Darmo, Surabaya atau Rabu (17/4/2019).

“Syaratnya pembeli menunjukan bekas tinta warna biru yang ada di jarinya dan bersedia difoto. Artinya, dengan bukti tinta di jarinya, berarti dia sudah mencoblos," ujar Wahyu dikonfirmasi.

Dijelaskan, ‘Ketan Anti Golput’ itu adalah ketan dengan rasa kelapa manis yang warnanya bernuansa merah putih, seperti warna bendera Merah Putih. Menurut Wahyu, apa yang dilakukan di tempat usaha kulinernya tersebut semata-mata untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada warga masyarakat, utamanya pembeli ketan yang telah melakukan haknya memberikan suaranya di TPS dalam Pilpres 2019.

“Hanya ini yang bisa kami lakukan untuk ikut mensukseskan Pemilihan Presiden. Bentuk apresiasi kami kepada pemilih dan pembeli dengan satu porsi ketan gratis ini juga salah satu upaya menekan angka Golput," paparnya.

Terkait hal tersebut, bapak 2 anak ini berharap iming-iming ketan punel 'Anti Golput' gratis, mampu mendorong warga Surabaya dan sekitarnya untuk beramai-ramai menyalurkan hak pilihnya. Di sisi lain, kata Wahyu, bahwa Pemilu adalah pestanya rakyat yang harus disambut dengan gembira ria dan senang.

“Tidak ada yang takut atau ditakut-takuti untuk datang ke TPS dan mencoblos,” pesannya.

Mengomentari hal ini, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Khoirul Anam turut mengapresiasi upaya Kedai Ketan Punel dengan idenya 'Ketan Anti Golput’ gratis untuk pembeli yang sudah mencoblos di TPS. Menurutnya, upaya tersebut merupakan bentuk partisipasi aktif masyarakat dalam mensukseskan Pemilu serta mendukung Target Partisipasi Pemilih untuk Pemilu 2019 sebanyak 77.5%.

“Semoga angka Golput sedikit, utamanya di Jawa Timur. Apa yang dilakukan Kedai Ketan Punel sangat kami apresiasi," ujar Khoirul Anam terpisah.

Ia berharap, dari tahun ke tahun semakin banyak pelaku usaha yang berpartisipasi mensukseskan Pemilu melalui banyak gagasan seperti yang dilakukan Kedai Ketan Punel. Sebagai Penyelenggara Pemilu, tambah Anam, KPU Jatim sangat mendukung bentuk stimulus Kedai Ketan Punel yang bersedia memberikan free dagangannya kepada warga yang sudah mencoblos.

“Sehingga Pemilu menjadi semakin menyenangkan. Saya rasa, ini benar-benar layak mendapatkan apresiasi," imbuhnya. (ms/yu/sa)

Rate this item
(1 Vote)
Read 38 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS