Breaking News
Time: 10:59

Pasar Ekspor, Kerek Penjualan Komponen Otomotif Paruh 2014

Friday, 22 August 2014 12:28
Filter otomotif (ilustrasi) Filter otomotif (ilustrasi)

Surabaya, Exspost.com – Geliat industri otomotif, dalam hal ini komponen otomotif tahun ini terus menunjukkan pertumbuhan. Praktis, tren tersebut ikut mengerek naik pendapatan produsen komponen dari sesi penjualan.

“Paruh waktu di tahun ini, pertumbuhan penjualan komponen otomotif kami terus naik. Pasar ekspor turut mendongkrak penjualan kami,” aku Direktur PT Selamat Sempurna (SS), Tbk, Ang Andri Pribadi, Jumat (22/8/2014).

Ang, panggilannya mengatakan, kondisi ini diharapkan tetap menjadi tren positif hingga kalender tahun ini berakhir. Dengan begitu, akan memicu semangat kinerja dan memacu pendapatan untuk perjalanan setahun kedepan. “Harapan kami kinerja ini dan tren ini terus naik dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Ia mengaku, pertumbuhan penjualan komponen otomotif tersebut sesuai dengan catatan paruh tahun 2014. Data terlampir pada Semester I/2014 membuktikan, produsen filter dan radiator untuk otomotif ini meningkat 19% dibanding periode yang sama tahun lalu. “Laba bersih kami pada periode itu juga meningkat 75 persen, dari Rp 100 miliar menjadi Rp 175 miliar di semester pertama tahun ini,” urai Ang.

Namun diakui, naiknya prosentase dan bilangan laba bersih tersebut, karena hampir 75 persen produk komponen PT SS diorientasikan ekspor. Penunjang inilah yang kemudian meningkatkan keuntungan pendapatan perusahaan saat kurs rupiah melemah. “Ada tiga negara yang selama ini menjadi tujuan ekspor produk kami. Antara lain Amerika Serikat, Australia dan China. Semua ini juga didukung kondusifitas kinerja yang terus meningkat,” papar Ang.

Bagaimana dengan pasar dalam negeri ? Menurut Ang, pasar lokal untuk penjualan komponen otomotif ini masih cerah dan cenderung meningkat. Di dalam negeri, lanjut Ang, penjualan filter dan radiator produksi PT SS ditujukan pada dua segmen besar di pasar komponen otomotif.

“Yaitu OEM (Original Engine Manufacture, red) untuk menyuplai pabrikan otomotif seperti ATPM dan after market. Penjualan di segmen after market mencapai 90 persen dan pasarnya juga lebih stabil. Karena, bisa dipastikan, meski dalam situasi krisis, pemilik kendaraan akan tetap ganti komponen,” ingatnya kemarin.

Lebih jauh dijelaskan, untuk menopang kebutuhan dan permintaan konsumen pada komponen otomotif, PT SS juga meningkatkan kapasitas produksinya. Untuk produk filter dengan merk Sakura, kata Ang, capaian produksi per tahunnua bisa mencapai 100 juta unit. “Sedangkan, pada radiator dengan merk ADR mencapai 2 juta unit per tahun,” rincinya.

Menilik dari tren positif tersebut, Ang semakin meyakini, pihaknya mampu memasang target penjualan pada 2014 ini sebesar Rp 2,7 triliun. Pada sisi laba, PT SS juga menggenjot target di tahun 2014 mencapai Rp 230 miliar. “Target yang kami pasang tahun ini memang naik dibanding realisasi target laba tahun lalu yang hanya sebesar Rp 208 miliar. Kalau melihat realisasi laba hingga semester pertama tahun ini, kami sangat optimis target tahun ini akan tercapai, karena sudah on track,” yakinnya. (esp2)


Editor : Syarif Ab

Rate this item
(0 votes)
Read 230 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS