Breaking News
Time: 5:46

Kinerja Holcim Terimbas Kelebihan Pasokan Semen Nasional

Tuesday, 31 October 2017 21:40
Logo Holcim Logo Holcim

Jakarta, Expostnews.com – PT Holcim Indonesia, sebagai salah satu produsen semen nasional turut terimbas berlebihnya pasokan semen nasional yang hingga kini belum teratasi. Praktis, kondisi tersebut sangat mengganggu dan memengaruhi kinerja kinerja industri semen di Indonesia, termasuk Holcim Indonesia yang mengalami penurunan penjualan.

“Untuk periode sembilan bulan pertama tahun ini (belum diaudit), Holcim secara kinerja turun sebesar -0.4 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” kata Gary Schutz, Presiden Direktur PT Holcim Indonesia Tbk, Selasa (31/10/2017).

Diakui, meski volume penjualan semen naik sebesar 5.6% menjadi 7 juta ton, namun kondisi pasokan berlebih memberikan tekanan pada harga di pasar. Terlepas dari upaya-upaya efisiensi yang terus dilakukan perusahaan, kondisi pasar sungguh berdampak pada kerugian. “Mencapai  Rp 647 miliar yang dialami perusahaan,” tutur Gary.

Menurutnya, setelah Lebaran, sektor konstruksi dan infrastruktur mulai mengalami peningkatan. Hal ini seiring percepatan realisasi belanja Pemerintah untuk pembangunan jalan tol, jembatan, bendungan dan pembangkit listrik. “Pembangunan yang dilakukan Pemerintah itu telah mendorong pertumbuhan konsumsi semen yang mencapai 47 juta ton hingga akhir September 2017,” jelasnya.

Gary sangat mengapresiasi langkah Pemerintah yang melakukan percepatan pembangunan di seluruh Indonesia. Pembangunan ini, kata Gary, akan menciptakan peluang untuk meningkatkan perekonomian berkelanjutan. “Kami (Holcim Indonesia, red) sangat siap menjadi bagian dari solusi pembangunan tersebut, khususnya proyek-proyek besar serta pembangunan infrastruktur dan perumahan,” ucap Gary dalam siaran pers pengumuman kinerja Holcim selama periode sembilan bulan tahun 2017.

Sementara, merespon kebutuhan pelanggan yang beragam, Holcim Indonesia memperkenalkan Semen Holcim Serbaguna dengan Micro Filler Particle. Produk hasil penyempurnaan ini memudahkan pengerjaan bangunan untuk hasil konstruksi yang lebih kuat, permukaan yang lebih halus, dan sebaran yang lebih luas.

“Selain itu, Holcim juga meluncurkan disain kantong semen baru yang menampilkan tanda Micro Filler Particle. Sekarang sudah tersedia hampir di seluruh wilayah pasar Holcim sejak bulan Juni 2017,” tambah Gary.

Menurut Gary, Holcim sangat memahami dan memperhatikan kendala yang kerap dijumpai saat membangun atau merenovasi rumah, seperti timbulnya retakan, perlunya material tambahan dan biaya yang tinggi untuk pemeliharaan. Semen Holcim Serbaguna dengan Micro Filler Particle membantu pemilik bangunan untuk mendapatkan bangunan yang tahan lama dan berkualitas. “Sehingga mereka bisa menghemat biaya pemeliharaan,” jelasnya.

Selain kualitas semen, Holcim menekankan keunggulan produknya dengan memperkenalkan slogan ‘Yang Pasti Aja’. Slogan ini untuk membedakan produk Semen Holcim Serbaguna dengan produk kompetitor. “Kami memberikan sebagai produk pilihan pasti untuk setiap konstruksi dan perencanaan bangunan,” jamin Gary. (hum/ind/sa)

Rate this item
(0 votes)
Read 41 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS