Breaking News
Time: 5:49

IBT Expo 2017 Gadang Transaksi Baru Lampaui Target

Thursday, 23 November 2017 22:54
Rahmi D Paris, Director of Sales & Marketing Garden Palace Hotel Surabaya saat menyiapkan kepada model dari karyawan Garden Palace Hotel yang mengenakan kain tenun Indonesia Timur, Kamis (23/11/2017) Rahmi D Paris, Director of Sales & Marketing Garden Palace Hotel Surabaya saat menyiapkan kepada model dari karyawan Garden Palace Hotel yang mengenakan kain tenun Indonesia Timur, Kamis (23/11/2017)

Surabaya, Expostnews.com – Menyusul sukses tahun 2016 penyelenggaraan pameran Indonesia Bagian Timur (IBT), kini di tahun kedua, IBT kembali digelar. Hotel Garden Palace Surabaya selaku tuan rumah, bakal menggelar IBT Expo 2017 selama lima hari sejak dimulai 29 November 2017 hingga berakhir 3 Desember 2017.

“Jangan khawatir, di hari terakhir, mulai 4 sampai 6 Desember 2017, kami masih bersinergi dengan menggelar Pameran Potensi Daerah Perbatasan,” jelas Ketua Panitia Penyelenggara IBT Expo 2017, Mulyadi Yasin Saleh, Kamis (23/11/2017).

Mulyadi mengaku, peserta IBT Expo 2017 cukup meningkat dari penyelenggaraan pameran sebelumnya. Hal ini tak lepas dari partisipasi Kabupaten Buleleng, Saumlaki, Gresik dan Malang yang menyatakan hadir dalam pameran. “Kami memrediksi, pengunjung IBT 2017 naik dua kali lipat dari pengunjung tahun lalu. Ini juga karena, kami sudah menyebar 5 ribu undangan, masing-masing 2 ribu orang dari Indonesia Timur dan selebihnya kami sebar ke seluruh Indonesia,” aku lelaki yang juga menjabat Hotel Manager Garden Palace Hotel Surabaya tersebut.

Keyakinan Mulyadi ini semakin melandasi target market dari tujuan diselenggarakannya IBT Expo tahun 2017. Ia menyebut, ada dua item yang digadang, yaitu mampu menaikkan transaksi baru di pameran dan terjualnya office. “Sekaligus, pameran IBT tahun 2017 ini memberikan wadah dan menjembatani pengusaha serta usaha di Indonesia Timur berinvestasi di Jawa Timur,” tuturnya.

Di agenda tahunan IBT Center ini, Mulyadi mengungkapkan, lBT Expo tahun 2017 mampu mewujudkan sinergi yang baik antara IBT Center selaku penyelenggara dengan pemerintah setempat, seperti di Kementrian, Pemerintah Provinsi NTT dan Jawa Timur. Dengan harapan, bersama-sama memajukan produk unggulan dalam negeri. “Apa yang sudah kami siapkan ini semoga mampu menjadi ajang pertukaran informasi, promosi pariwisata, serta menghadirkan transaksi perdagangan dengan nilai investasi dan kontrak kerjasama yang diharapkan oleh semua pihak,” jelasnya didampingi Rahmi D Pris, Director of Sales & Marketing Garden Palace Hotel Surabaya.

Menurutnya, IBT Expo 2017 merupakan pusat informasi, promosi, perdagangan dan pariwisata Indonesia Timur yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas bisnis dan bertempat di Surabaya. Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya memiliki posisi strategis di pusat persimpangan jalur bisnis dan perdagangan.

“Surabaya menjadi pintu gerbang Indonesia Timur dengan infrastruktur bisnis, perdagangan dan industri yang matang dan terus berkembang hingga saat ini. Dengan keunggulan posisi di Surabaya ini, IBT Center dirancang sebagai sentra Indonesia Timur untuk menjadi Pusat Perwakilan di Surabaya menuju pasar nasional dan global,” ulasnya.

Serupa penyelenggaraan tahun 2016, gelar kedua pameran potensi produk unggulan Kawasan Indonesia Timur tahun ini masih mengusung tema sama, ‘When East Java Meets Eastern Indonesia Part 2’. Menariknya, IBT Expo 2017 tidak hanya menggandeng Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), namun juga Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai tuan rumah.

“Ragam acara menarik juga dipersiapkan untuk mensukseskan tujuan bersama dalam rangka memberi kesempatan bagi pelaku bisnis dan stakeholder terkait memperluas jaringan, memperkenalkan produk unggulannya serta memperkuat potensi perdagangan, investasi dan pariwisata, terutama di Kawasan Indonesia Timur,” tambah Rahmi.

Seperti diketahui, Indonesia Bagian Timur dan Jawa Timur memiliki potensi kekayaan alam dan produk unggulan dengan nilai jual lebih dan dikenal masyarakat luas. Potensi inilah yang ditampilkan pada IBT Expo 2017 melalui sejumlah produk unggulan berkualitas terbaik, seperti tenun, aksesoris, potensi wisata, produk olahan hasil laut, agro, makanan dan minuman, craft, beauty & kosmetik, ukm, serta masih banyak lagi yang lainnya.

“Di pameran IBT 2017 juga disuguhkan ajang talkshow, workshop komunitas & asosiasi, forum bisnis serta investasi, business matching, talent competition. Yang pasti, IBT Expo 2017 untuk memperkuat interaksi Dagang, investasi dan pariwisata Kawasan Timur,” katanya. (sa/hum/gpl)

Rate this item
(0 votes)
Read 89 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS