Breaking News
Time: 7:00

Pelayanan Satu Atap Pelindo III Perak Belum Otomatis

Monday, 04 September 2017 23:33
Presdir PT Pelindo III (Persero), Ari Askhara (kiri dua) Meninjau Pengguna Jasa di PPSA, Senin (4/9/2017) Presdir PT Pelindo III (Persero), Ari Askhara (kiri dua) Meninjau Pengguna Jasa di PPSA, Senin (4/9/2017)

Pelanggan Didorong Beri Masukan

Surabaya, Expostnews.com – Manajemen di Gedung Pusat Pelayanan Satu Atap (PPSA) Pelindo III Cabang Tanjung Perak Surabaya dinilai masih menggunakan metode manual dibanding sistem otomatis. Bahkan, penyusunan dokumen yang sequence dari atas hingga bawah masih ditemukan penyajian dokumen yang terbolak-balik.

“Terkait dengan PPSA, harus lebih banyak sistem yang otomatis dan memberikan edukasi kepada pelanggan, agar supaya penyusunan dokumen yang sequence dari atas hingga bawah tidak lagi terbolak-balik ketika dokumen disajikan,” saran President Director Pelindo III, Ari Askhara yang turun langsung sebagai front liner dan memberikan pelayanan pengurusan administrasi jasa kepelabuhanan kepada para pengguna jasa di Gedung PPSA, Senin (4/9/2017).

Selain itu, Ari Askhara juga berharap, pelanggan bisa memberikan masukan demi kemajuan Pelindo III. Untuk itu, kata Ari, Pelindo III harus memberikan lebih dari apa yang dibayangkan atau beyond their expectation.

“Kalau hanya meet their expectation itu bukan tujuan dari Pelindo III. Maka kita harus mengkriet value. Beyond expectation adalah, mereka lebih simple bekerja di kantor, di rumah atau melalui mobile. Inilah hal yang harus dipenuhi,” pinta Ari.

Disela saran tersebut, Ari juga memberikan kejutan kepada para pengguna jasa yang mengurus dokumennya di PPSA dengan memberikan souvenir. Pelayanan tak terduga di Hari Pelanggan Nasional (Customer Day) kepada pengguna jasa ini, dijadwal Pelindo III selama tiga hari, yang dilaksanakan mulai hari ini hingga, Rabu (6/9/2017).

“Kejutan hari pertama di Pelabuhan Tanjung Perak, kami memberikan souvenir untuk pengguna jasa. Selanjutnya, di hari kedua dan ketiga, kami melakukan hal serupa di anak perusahaan seperti TPS, BJTI dan PHC,” cetus Ari yang menyempatkan menjadi petugas PPSA.

Ari mengungkapkan, pelanggan dan pengguna jasa merupakan dua hal yang berbeda. Pengguna jasa adalah orang yang menggunakan jasa Pelindo III termasuk karyawan, dan karyawan adalah pengguna jasa direktoratnya seperti Direktorat Teknik merupakan pengguna jasa Direktorat Keuangan. “Jadi, pengguna jasa adalah semua yang menggunakan jasa,” tuturnya.

Sedangkan pelanggan, lanjut Ari, adalah orang yang menggunakan produk Pelindo III, dalam hal ini yang memberikan kontribusi pendapatan terhadap Pelindo III. Lain halnya jika pengguna jasa seperti di SDM yang hanya memberikan input. “Kalau pelanggan merupakan orang atau perusahaan yang memberikan kontribusi atas value yang dijual oleh Pelindo III,” cetusnya.

Mengapa disebut value bukan produk? Ari menjelaskan, value memberikan nilai lebih, dalam menggunakan produk Pelindo III. Nilai lebih ini harus terpenuhi dari tiga hal, masing-masing adalah delivery, quality dan servicenya. “Jadi tiga hal ini yang harus dipenuhi oleh insan Pelindo III agar pelanggan tetap menggunakan produk kita,” harapnya.

Terkait kegiatan Customer Day yang dilaksanakan Pelindo III di hari pertama, seorang pengguna jasa, Bram Osi Warsito dari PT Dermaga Harapan Jaya merasakan, keistimewaan karena Dirut Pelindo III secara langsung memberikan pelayanan di front liner. Menurutnya, pelayanan di PPSA sudah maksimal dan bagus.

“Memang dengan adanya aplikasi baru masih kerap menghambat pelayanan. Tapi, itu bukan menjadi persoalan bagi saya. Bagaimanapun kalau itu baru pasti ada hambatannya. Semuanya kan demi kelancaran kedepannya,” akunya.

Pada saat bersamaan, Pudjojono, Ketua Paguyuban Dinas Luar PBM dan Pelayaran mengungkapkan, tidak ada yang membedakan pelayanan antara hari pengguna jasa dengan hari biasanya. Ia menganggap, hal tersebut sudah tersistematis. “Kagetnya, hanya karena Dirut Pelindo III langsung memberikan pelayanan kepada pengguna jasa,” katanya. (ms/sa/hum)

Rate this item
(3 votes)
Read 164 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS