Breaking News
Time: 6:52

Ramadhan Ini, Omset Kafe dan Restoran Naik 30 Persen

Monday, 22 June 2015 19:18
Ilustrasi Ilustrasi

Surabaya, Exspost.com - Bisnis kafe dan restoran tidak ada matinya. Seperti biasanya, tradisi di setiap bulan puasa, omzet di kafe dan resto ikut meningkat. Bahkan, di Ramadhan tahun ini, omset kafe dan restoran menuai peningkatan hingga 30% dibanding bulan-bulan biasanya.

Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran (Apkrindo) Jatim, Tjahyo Haryono mengungkapkan, meningkatnya jumlah pengunjung kafe dan restoran diprediksi akan mencapai puncaknya pada hari H Idul Fitri hingga H+7 yang bertepatan juga dengan masa liburan sekolah.

“Meski kondisi perekonomian nasional sedang lesu, tahun ini tampaknya, peningkatan omset itu akan terus berlanjut. Omset penjualan di bulan Ramadhan tahun ini, diprediksi justru akan meningkat antara 20-30 persen,” aku Tjahyo, Senin (22/6/2015).

Menurutnya, kondisi peningkatan tersebut diperkirakan akan terus terjadi hingga H+7 Lebaran. Hanya saja, naiknya jumlah pengunjung diprediksi baru akan terjadi pada minggu kedua pada bulan puasa ini. “Karena, tren selama ini masyarakat lebih memilih buka bersama dengan keluarga di rumah pada minggu pertama Ramadhan,” ujarnya.

Meski demikian, Tjahyo mengakui, perlambatan pertumbuhan ekonomi sedikit banyak berpengaruh pada penurunan daya beli masyarakat. Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi gaya hidup masyarakat yang terbiasa berbuka bersama di kafe dan restoran.

“Perubahan yang terjadi adalah jenis makanan yang dikonsumsi masyarakat, banyak beralih ke jenis makanan yang lebih murah,” tuturnya.

Namun, disatu sisi, selain menawarkan berbagai paket promo yang menarik, pengusaha restoran juga berlomba menyiasati kondisi turunnya daya beli masyarakat dengan strategi khusus, seperti mengganti bahan makanan dengan komposisi lain yang lebih murah.

“Tapi, tetap memiliki rasa dan tekstur tak jauh berbeda. Misalnya mengganti daging dengan jamur,” kata Tjahyo. (mad/esp1)


Editor : Syarif Ab

Rate this item
(0 votes)
Read 249 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS