Breaking News
Time: 4:56

Pedas Legitnya Petis Kambing Sajian Idul Adha

Sunday, 20 September 2015 21:57
Menu Idul Adha, Petis Kambing Menu Idul Adha, Petis Kambing

Bingung membuat menu masakan untuk Idul Adha? Pingin tahu apa dan bagaimana menunya? Ini dia, menu petis kambing. Lezatnya boleh dicoba. Selain enak, petis kambing ini mudah cara membuatnya. Penasaran?

Surabaya, Expostnews.com - Petis kambing, adalah jenis yang menu yang hampir mirip dengan gulai kambing. Mirip, karena kuahnya persis berwarna kecokelatan dan sedikit kental.

“Yang membedakan, antara petis kambing dengan gulai, adalah campuran bumbunya,” tutur Suprianto, penggemar daging kambing, saat menikmati varian menu dari olahan daging kambing di Core Hotel Surabaya, Minggu (20/9/2015).

Sajian menu petis kambing ini diberi petis yang terbuat dari olahan ikan laut. Soal rasa, petis kambing ini kaya akan cita rasa nusantara yang begitu nikmat dan lezat. Apalagi, diberi tambahan petis yang memberikan aroma semakin menggoda.

“Petis kambing ini bisa menjadi penambah stamina. Petis kambing, merupakan makana lezat kaya gizi,” sambung Krina Edo, Chief Core Hotel.

Cara membuatnya, kata Krina, mula mula bumbu seperti bawang putih disiapkan. Selain itu, siapkan juga ketumbar, cabe, petis, daun salam, kunyit, jahe dan bawang merah. “Jangan lupa, daun jeruk, kecap, daun serai, garam dan daging kambing muda tentunya,” ujar Krina.

Selanjutnya, semua bumbu tersebut dihaluskan. Setelah itu, bumbu kuning yang terdiri dari kunyit jahe, bawang merah dan bawang putih serta cabe, menjadi bumbu merah. Kemudian, ditumis dengan sedikit minyak. Tambahkan daun jeruk dan daun salam serta daun sere,” papar Krina.

Bagaimana dengan daging kambingnya? Krina mengungkapkan, daging kambing tersebut direbus hingga masak dan empuk dengan api yang cukup. Lalu, tambahkan kecap sebagai pemanis rasa, serta petis pada adonan bumbu.

“Tambah air dan dimasak hingga sedikti kental. Setelah itu, masukkan daging kambing yang telah direbus dan aduk hingga hingga bumbu meresap. Tak butuh waktu lama, sajian petis kambing ini siap dihidangkan,” ujarnya.

Varian menu baru ini, sangat enak disajikan dengan nasih putih. Selain daging adonan bumbu yang menjadi saus terasa manis pedas dan gurih. Apalagi, daging kambing tidak bau lagi, karena dimasak dengan bumbu.

“Yang tercium bau petisnya yang sedap. Enak banget, ada pedasnya dan manis legit. Tambahan minuman dingin, akan semakin menjadi pelengkap menu makan ini. Lezatnya, luar biasa,” tambah Dwi Krimaya, penggemar daging kambing lainnya. (tri/esp9)

Rate this item
(0 votes)
Read 299 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS