Breaking News
Time: 9:08

Brasil Dipermalukan Belanda di Kandang Sendiri

Sunday, 13 July 2014 09:53
Daley Blind (tengah) merayakan gol kedua bagi Belanda bersama Ron Vlaar dan Georginio Wijnaldum. Daley Blind (tengah) merayakan gol kedua bagi Belanda bersama Ron Vlaar dan Georginio Wijnaldum. AFP

Rio de Janeiro, Exspost.com - Piala Dunia 2014 berakhir tragis bagi tuan rumah, Brasil. Tim besutan Luiz Felipe Scolari ini dikalahkan Belanda 0-3 dalam perebutan juara ketiga di Stadion Nasional, Brasilia, Minggu (13/7/2014) dini hari tadi. Gol dari Robin van Persie, Daley Blind dan Georginio Wijnaldum mengutuk Brasil atas kekalahan di kandang untuk pertama kalinya sejak tahun 1940.

Di tengah keriuhan sorak penonton tuan rumah, Belanda unggul 1-0 hanya di menit ketiga lewat gol Robin van Persie. Di menit ke-16, Daley Blind mencetak gol kedua untuk Belanda.

Tim tuan rumah berusaha keras menyarangkan gol. Bahkan di menit ke-38 hampir saja Brasil membuat gol ketika tendangan bebas Oscar disambar oleh Luis Gustavo. Bola kemudian dijemput oleh Paulinho dan David Luiz, tetapi keduanya gagal memasukkan bola.

Pemain-pemain Brasil berusaha melancarkan serangan sesering mungkin tetapi serangan mereka dihalau oleh Belanda.

Hingga turun minum, tim nasional Belanda masih unggul 2-0. Di babak kedua, baik Brasil maupun Belanda tetap gencar saling melancarkan serangan.

Tendangan bebas Robin van Persie tidak mampu dimanfaatkan untuk menambah gol. Pemain nasional Brasil Fernandinho mendapat kartu merah karena pelanggaran buruk di menit ke-53.

Pencetak gol Belanda Daley Blind mengalami cedera dan ditandu keluar lapangan, digantikan Daryl Janmaat. Pergantian ini diiringi sorak pendukung Brasil.

Pada menit ke-90, Georginio Wijnaldum memantapkan kedudukan bagi Belanda hingga pertandingan berakhir 3-0.

Kekalahan ini menambah derita tuan rumah setelah di semifinal ditaklukkan Jerman, 7-1, dalam pertandingan yang menjadi mimpi buruk bagi tim asuhan Luiz Felipe Scolari. "Ini perasaan yang sangat buruk, saya tidak tahu apa yang mesti saya katakan," tutur salah satu pemain Brasil, Oscar seperti dikutip kantor berita APTN.

Dengan demikian, Brasil hanya jadi penonton pertandingan juara Piala Dunia yang mempertemukan Jerman dan Argentina di Maracana, Minggu waktu setempat atau Senin dini hari WIB. Publik Brasil pun marah atas kegagalan ini. Mereka mengejek dan memaki para pemain Brasil yang tak bisa memberi gelar apapun. Pelatih Luiz Felipe Scolari harus menanggung beban kemarahan mereka. Masa depannya sebagai pelatih kini diragukan.

Tidak seperti pertandingan sebelumnya, penggemar Brasil banyak yang tidak menonton laga tadi pagi. Rumah-rumah, bar, sampai jalan-jalan sepi. Kondisi ini tidak seperti Brasil sebelum dikalahkan Jerman. Ada sedikit indikasi minat publik Brasil menonton tim kesayangan mereka mulai goyah.  

Bahkan, fans Brasil tak henti-hentinya mengejek nama Scolari dan striker Brasil, Fred. Fred adalah salah satu dari enam starter melawan Jerman yang diasingkan ke bangku cadangan saat melawan Belanda, dan beberapa pemain dari skuad 23 Brasil kemungkinan akan bermain di Piala Dunia lalu. (esp6/bbc)


Editor : Junaidi

Rate this item
(0 votes)
Read 232 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS