Breaking News
Time: 3:22

Polres Tanjung Perak Ciptakan SmartCops, Takdir: Ada Daftar Buron

Wednesday, 28 December 2016 22:14
Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Takdir Mattanete menunjukkan aplikasi SmartCops di smartphone, Rabu (28/12/2016) Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Takdir Mattanete menunjukkan aplikasi SmartCops di smartphone, Rabu (28/12/2016)

Surabaya, Expostnews.com - Sistem pelayanan berbasis informasi dan teknologi (IT), SmartCops yang digagas Kepolisian Resor (Polres) Pelabuhan Tanjung Perak telah diaplikasikan pengoperasiannya. Aplikasi yang didukung 8 fitur unggulan ini merupakan bentuk inovasi pelayanan digital Polres Pelabuhan Tanjung Perak untuk masyarakat yang rindu akan informasi kepolisian yang cepat dan mudah.

“Selain menyuguhkan bentuk Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dalam koneksi online, SmartCops juga menayang daftar buron, list telepon penting, serta pemberitaan terkini yang tersaji di www.tanjungperaknews.com,” cetus Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Takdir Mattanete terkait implementasi SmartCops ditengah kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap problematika Kamtibmas di lingkungannya, Rabu (28/12/2016).

Dijelaskan, Systemic Monitoring, Analysing Reporting of Traffic and Crime by Online Participation, and Surveilance atau disingkat SmartCops ini, kata Takdir, untuk menjawab keraguan masyarakat terhadap proses pelayanan di kepolisian. Tak canggung, korps baju coklat di wilayah hukum Pelabuhan Tanjung Perak ini pun langsung merespon hal tersebut melalui penciptaan inovasi pelayanan dalam satu genggaman yang bisa diunduh aplikasinya dari telepon seluler (ponsel) pintar.

“Silakan unduh dulu aplikasi SmartCops di handphone. Selanjutnya, bisa di klik pada setiap perintah untuk mengaktifkan fitur yang tersedia. Mudah kan?" tutur Nette Boy, sapaan akrab Takdir Mattanete saat menunjukkan bentuk dan sistem aplikasi android di ruang operator SmartCops di Mapolres Tanjung Perak Surabaya.

Ia berharap, hadirnya aplikasi SmartCops tersebut, bisa dimanfaatkan masyarakat secara baik dan benar. Sebab, SmartCops ini sengaja diciptakan untuk memberikan kemudahan serta kenyamanan pelayanan di Polres Pelabuhan Tanjung Perak. “Aplikasi berbasis IT ini untuk melayani kebutuhan masyarakat terhadap perkembangan informasi yang merujuk pada kecepatan pelaporan dan penanganan kepolisian yang lebih transparan,” papar Takdir.

Takdir mengatakan, sistem pelayanan berbasis IT yang digagas kurang dari 3 bulan dan langsung diaplikasikan pengoperasiannya itu, juga mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam menjaga kamtibmas. Melalui SmartCops, masyarakat bisa melaporkan setiap kejadian yang dianggap rawan dan mengganggu keamanan.

“Bukan hanya soal pengaduan masyarakat saja, fitur di SmartCops bisa digunakan untuk memantau lalu lintas di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak, dan bisa juga dimanfaatkan untuk mengungkap kejahatan,” ingatnya.

Takdir menyebut, selama masa uji coba, SmartCops mampu membongkar sindikasi peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Berkat laporan masyarakat melalui aduan di aplikasi SmartCops, jaringan pengedar narkoba seberat 10 gram bisa dijerat dengan cepat.

“Anggota Satreskoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak langsung menanggapi, dan meluncur ke TKP. Hasilnya, kasus yang sekarang dalam proses pengembangan itu, telah menangkap pelakunya. Begitu juga dengan Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak, melalui SmartCops berhasil mengungkap kasus 3C (pencurian dengan pemberatan/curat, pencurian dengan kekekerasan/curas dan pencurian sepeda motor/curanmor, red),” ungkap Takdir. (sa/ms)

Berikut 8 Fitur Aplikasi SmartCops :
- SPKT Online
- Laporkan Peristiwa/Peran Masyarakat
- Daftar Buron & Orang Hilang
- Pantau Lantas
- Daftar Telepon Penting
- Info Lokasi & Layanan
- Tanjung Perak News
- Apresiasi & Keluhan Masyarakat

Rate this item
(5 votes)
Read 248 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS