Breaking News
Time: 6:35

Sehari, Banjir Porong Lenyapkan Rp 250 Juta Pendapatan Daop 8 Surabaya

Tuesday, 16 February 2016 23:03
Ilustrasi (tribunnews.com) Ilustrasi (tribunnews.com)

Surabaya, Expostnews.com – Pendapatan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya hilang mencapai Rp 250 juta/hari. Kerugian ini akibat terendamnya jalur rel kereta api (KA) yang menggenangi kawasan Porong Sidoarjo.

“Yang terendam di kilometer 32+5 sampai dengan 33+2. Kalau kami kalkulasi lost dari pendapatan kami bisa lebih dari Rp 200 juta/Rp 250 juta per hari,” aku Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, Selasa (16/2/2016).

Diungkapkan, kerugian yang dialami Daop 8 tersebut karena 30 perjalanan KA yang melintas di kawasan Porong terganggu. Praktis, Daop 8 Surabaya harus menyewa 43 armada bus untuk memindahkan penumpang yang terganggu banjir.

“Kami menggunakan beberapa skema pengaturan perjalanan KA, diantaranya membatalkan perjalanan. Kami gunakan bus serta sejumlah KA yang tidak melintasi kawasan Porong-Tanggulangin,” ujarnya.

Kerugian tersebut, lanjut Suprapto, pihaknya meniadakan skema perjalanan menggunakan bus, dan beberapa perjalanan atau relasi KA. Relasi yang terjadi perubahan, khususnya KA yang melintas kawasan Stasiun Porong dan Stasiun Sidoarjo. “Rencana peniadaan skema menggunakan bus kami terapkan mulai, Rabu (17/2/2016), termasuk beberapa perjalanan KA akan terjadi perubahan,” ujarnya.

Sementara, beberapa relasi KA yang mengalami perubahan antara lain KA Bima dan KA Jayabaya. KA yang awal rutenya Malang-Surabaya-Jakarta/sebaliknya, akan diubah menjadi Surabaya-Jakarta/sebaliknya, tanpa menuju dan dari Stasiun Malang.

“Sedangkan, relasi Surabaya-Malang/sebaliknya akan dibatalkan sampai tanggal 19 Februari 2016, sambil menunggu informasi selanjutnya,” paparnya.

Hal serupa juga dilakukan pada KA Logawa dan KA Sritanjung. KA yang relasi awalnya adalah Purwokerto-Surabaya-Jember/Banyuwangi dan sebaliknya, akan diubah menjadi Jawa Tengah Purwokerto-Surabaya/sebaliknya, tanpa menuju Jember/Banyuwangi.

“Kedua KA ini dibatalkan sampai tanggal 18 Februari 2016, dan pembatalan juga dilakukan mulai Rabu (17/2/2016). Kami berharap, banjir di kawasan Porong bisa segera surut, agar relasi KA kembali seperti sedia kala,” harap Suprapto. (ik/esp10)

Rate this item
(0 votes)
Read 223 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS