Breaking News
Time: 5:05

Lebaran 2017, Daop 8 Hanya Melayani Tiket 12 Perjalanan KA Tambahan

Thursday, 13 April 2017 23:51
Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko

Buka Pemesanan 16 April 2017

Surabaya, Expostnews.com – Masyarakat pengguna layanan jasa transportasi kereta api (KA), dijamin tidak lagi pulang dengan tangan hampa saat memesan tiket perjalanannya pada masa Lebaran 2017. Garansi PT Kereta Api Indonesia (KAI) itu melalui penyediaan kereta tambahan dengan 38 perjalanan selama 22 hari setiap harinya.

“Tapi, di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya, hanya melayani sebanyak 12 perjalanan KA Tambahan Lebaran 2017 dengan total tempat duduk sebanyak 7.504 per hari,” urai Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko menyikapi keluhan terkait kosongnya tiket perjalanan KA yang digemborkan jauh hari ketersediaan pemesanannya pada masa Lebaran 2017, Kamis (13/4/2017).

Ia meminta, masyarakat yang belum mendapatkan tiket pada penjualan KA reguler beberapa minggu lalu, dapat kembali menyiapkan pemesanan tiket KA tambahan Lebaran 2017. Untuk itu, saran Gatut, mulai saat ini, para pengguna moda transportasi KA yang hendak mudik ke kampung halaman pada Lebaran 2017, bisa segera memesan tiket tujuan perjalanannya.

“Untuk Daop 8 Surabaya, penjualan tiket KA tambahan Lebaran tahun ini akan mulai pada hari, Minggu, tanggal 16 April 2017 mulai pukul 00.01 WIB,” ingat Gatut.

Merujuk rilis yang dikirimkan ke redaksi, www.expostnews.com menyebut, ke 38 perjalanan KA tambahan Lebaran 2017 dioperasikan setiap hari pada masa lebaran dengan keberangkatan mulai tanggal, 15 Juni 2017 hingga 6 Juli 2017. Dengan bertambahnya perjalanan yang terhitung 22 hari tersebut, pengelola moda transportasi KA di Indonesia itu melebihkan perjalanannya dari 333 perjalanan KA reguler menjadi 371 perjalanan KA. “Dengan begitu, tambahan KA ini turut menambah kapasitas tempat duduk sebanyak 21.860 per hari,” ulasnya.

Menurutnya, ketersediaan tambahan ini sesuai dengan total kapasitas tempat duduk (TD) yang tersedia sebanyak 222.014 TD per hari. Artinya, jumlah TD tersebut setara dengan 4.884.308 TD per 22 harinya. “Jadi, angka ini meningkat 2,1 persen dari masa angkutan Lebaran 2016 lalu,” tuturnya.

Gatut mengingatkan, bagi masyarakat yang ingin memesan tiket KA tambahan Lebaran 2017 dapat dilakukan melalui channel resmi pemesanan tiket KA yang sudah ditetapkan aksesnya pemesanannya. Ia menyebut, akses pemesanan tiket KA tersebut bisa melalui, website KAI, aplikasi KAI Access, Contanct Center 121, atau melalui 26 channel eksternal (B2B) yang telah bekerja sama dengan KAI.
 
“Kami juga ingin tegaskan, bahwa sampai hari ini, server KAI dalam menghadapi masa penjulan tiket Lebaran 2017 tidak pernah mengalami down, sejak hari pertama penjualan tiket Lebaran pada, 17 Maret 2017 lalu, termasuk saat puncak penjualan tiket KA reguler pada, 24 Maret 2017 lalu,” yakin lelaki kelahiran Surabaya ini.


Bebas Antrean

Berkaca dari pengalaman sebelumnya yang menyebut telah terjadi antrean pembelian tiket via online, PT KAI memberikan 7 tips berburu tiket KA tambahan Lebaran 2017. Tips yang dapat dicoba masyarakat tersebut, masing-masing adalah, usahakan agar koneksi internet tetap stabil selama proses pencarian tiket.

“Kedua, cari alternatif tanggal atau rute KA. Karena, KA tambahan Lebaran 2017 akan dirilis bersamaan dengan keberangkatan mulai tanggal 15 Juni 2017 sampai dengan 6 Juli 2017. Misalnya, berangkat dari Surabaya atau stasiun di kota lainnya,” saran Gatut.

Sedangkan, tips yang ketiga adalah, carilah alternatif tiket terusan, seperti perjalanan menuju Semarang, bisa memesan tiket dengan rute Stasiun Pasarsenen-Stasiun Tegal untuk kemudian meneruskan dengan KA rute Tegal-Semarang. “Tapi, pastikan dulu untuk memberi jarak waktu lebih dari 3 jam saat perpindahan kereta,” katanya.

Lalu, saran yang bisa juga dilakukan masyarakat pemesana tiket KA tambahan adalah, dengan mengakses tiket1.kereta-api.co.id, tiket2.kereta-api.co.id, dan tiket3.kereta-api.co.id. Selanjutnya, belilah tiket melalui channel eksternal, seperti minimarket-minimarket atau di situs-situs penjualan yang telah bekerja sama dengan PT KAI.

“Bisa ke Traveloka, Tiket.com, Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Finnet, Tokopedia, Pegipegi.com, Bukalapak.com, dan Blibli.com. Tapi ingat, untuk cara yang ke 6 adalah, traffic akan sangat penuh pada menit-menit pertama tiket dirilis,” jelas Gatut.

Untuk itu, lanjut Gatut, cobalah melakukan pemesanan tiket pada pukul 03.00 dini hari. Alasannya, pada beberapa kasus, ada pelanggan berhasil memesan tiket pada menit-menit awal, namun tidak segera melakukan pembayaran maksimal tiga jam setelah pemesanan. “Sehingga, tiket hangus dan kembali available. Tips yang ke tujuh adalah, cek berkala di situs penjualan atau contact center. Karena, jika ada yang batal atau belum bayar setelah tiga jam, maka tiketnya akan muncul kembali,” urai Gatut. (sa/ms/tut)

Rate this item
(0 votes)
Read 101 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS