Breaking News
Time: 3:27

Pemanasan Angleb 2017, Otoritas Tanjung Perak Panggil 7 Operator

Thursday, 18 May 2017 23:11
KM Kirana III adalah satu dari 7 kapal yang disiapkan PT DLU untuk angkutan lebaran 2017 KM Kirana III adalah satu dari 7 kapal yang disiapkan PT DLU untuk angkutan lebaran 2017

DLU dan Pelni Terbanyak

Surabaya, Expostnews.com - Geliat lalu lintas barang dan penumpang di jalur transportasi darat, laut dan udara dipastikan mewarnai aktivitas bulan Ramadan dan Idul Fitri 1438 H/Lebaran tahun 2017. Khusus di transportasi laut, hingga kini, Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Tanjung Perak Surabaya belum memantapkan kesiapannya menjelang rutinitas tahunan di hari besar umat muslim tersebut.

“Yang kami lakukan hari ini dengan tujuh operator pelayaran di Tanjung Perak, masih sebatas koordinasi atau pemanasan saja, belum pada keputusan final,” kelit Kepala Bidang Lalu Lintas Laut (Kabid Lala), Operasi dan Usaha Kepelabuhanan OP Utama Tanjung Perak, Dody Triwahyudi dikonfirmasi, Kamis (18/5/2017).

Dody beralasan, keputusan final dengan acuan jadwal pelaksanaan angkutan lebaran (Angleb) tahun 2017 masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) dari Kementerian Perhubungan, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla). Selain itu, pihaknya juga harus melakukan koordinasi marathon dan bertahap dengan seluruh pelaku usaha serta pemangku kepentingan transportasi di Pelabuhan Tanjung Perak.

“Yang pasti, persiapan Angleb tahun ini, masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk apel kesiapan Lebaran pasti ada, tapi untuk saat ini belum kami putuskan,” ingat Dody.

Namun, Dody mengingatkan, jika saja pelaksanaan angleb 2017 ada perbedaan, umumnya masih ditataran kesiapan armada. Alasannya, jumlah armada atau kapal yang disediakan bisa berubah menyesuaikan kebutuhan. “Kesiapan armada, bisa saja lebih, atau dikurangi. Untuk infrastruktur, sarana dan prasarana di pelabuhan Tanjung Perak, saya rasa sudah memadai. Jadi, secara umum, polanya masih sama,” jelasnya.

Sementara, tujuh operator pelayaran di jasa transportasi penumpang dan barang yang dipanggil OP Tanjung Perak, antara lain PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)/Pelni, PT Dharma Lautan Utama (DLU), PT Jembatan Nusantara (JN), PT Gerbang Samudra Sarana (GSS), PT Berlian Lautan Sejahtera (BLS), PT Atosim Lampung Pelayaran (Atosim) dan PT ASDP Indonesia Ferry (ASDP). Masing-masing operator menyatakan, kesiapannya mendukung kelancaran Angleb 2017 dengan menyodorkan jumlah armada beserta kapasitas yang tersedia.

Dari pemanasan Angleb 2017 yang dilaksanakan OP Tanjung Perak dengan 7 operator pelayaran, diperoleh total armada yang disiapkan untuk mengangkut penumpang dan barang saat arus mudik/balik Lebaran 2017 terangkum ada 32 kapal. Dari jumlah unit armada tersebut, PT Pelni menyiapkan, 13 kapal dan 4 kapal pelayaran perintis. Selanjutnya, PT DLU mengimbangi dengan 7 kapal, PT JN menyediakan 2 unit kapal, PT GSS mampu 1 kapal, PT BLS ada 3 kapal yang disediakan, PT ALP (Atosim) hanya 1 kapal dan ASDP Indonesia Ferry menempatkan satu kapal, KM Legundi jurusan Surabaya-Lembar.

“Sekali lagi, ini masih pemanasan. Data kesiapan armada juga bisa berubah. Karena, kami masih menjadwal minggu depan bertemu dengan semua jajaran, stakeholder dan instansi di pelabuhan Tanjung Perak,” ingatnya. (sa/ms)

Rate this item
(1 Vote)
Read 121 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS