Breaking News
Time: 9:20

Demi Kenyamanan, DLU Rela Potong Tarif Penumpang Lebaran 20 Persen

Friday, 23 June 2017 22:03
Penasehat PT DLU Bambang Haryo saat berbincang dengan para jurnalis Surabaya dalam acara buka puasa bersama, Jumat (23/6/2017) Penasehat PT DLU Bambang Haryo saat berbincang dengan para jurnalis Surabaya dalam acara buka puasa bersama, Jumat (23/6/2017)

Bambang Haryo: Mulyakan Wong Soro

Surabaya, Expostnews.com – PT Dharma Lautan Utama (DLU) memberikan rangsangan dengan memberikan potongan harga bagi para pelanggan, khususnya penumpang mudik Lebaran 2017. Tak tanggung-tanggung, operator pelayaran swasta tersebut memberikan diskon hingga 20% untuk penumpang kapal DLU dari H-1 hingga H+4 Idul Fitri 1438 H.

“Ini demi kenyamanan, agar calon penumpang bisa menikmati Lebaran bersama sanak keluarganya. Diskon 15-20 persen ini agar masyarakat menggunakan angkutan laut pada saat kondisi kosong,” tutur penasehat PT DLU, Bambang Haryo Soekartono disela buka puasa bersama (bukber) dengan jurnalis Surabaya, Jumat (23/6/2017).

Bambang mengungkapkan, potongan harga tersebut tidak pernah dilakukan moda transportasi serupa saat Lebaran tiba. Bahkan, operator lainnya, berlomba-lomba menaikkan tarif kapalnya saat menjelang Lebaran.

“Kami tidak. Malah satu bulan menjelang lebaran, DLU sudah memberi harga tiket khusus dengan potongan 20 persen. Hal ini dimaksudkan, agar masyarakat bisa memanfaatkan mudik lebih awal dan tidak menumpuk saat mendekati Lebaran,” ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskan, DLU dalam telah menyiapkan jauh hari melalui rapat koordinasi (rakor) internal untuk memberikan pelayanan maksimal saat Lebaran 2017. Dalam rakor tersebut, DLU mengemas 3 even untuk pelayanan kepada pelanggannya. “Pertama angkutan barang. Kami menyiagakan armda demi menjamin kelancaran arus logistik ke luar Jawa. Dengan harapan, tidak terjadi penumpukan barang yang akan berpengaruh pada harga barang di pasar akibat tingginya demand,” ujar Bambang.

Sedangkan, even kedua adalah, pelayanan angkutan Lebaran. Dalam rakor sebulan sebelumnya, DLU sudah menyiapkan armada kapal, kru maupun call centre untuk pelayanan nonstop 24 jam. Harapannya, setiap aduan yang disampaikan bisa segera ditindaklanjuti dengan cepat.

“Siapapun yang menghubungi kepala cabang pasti direspon. Ini fungsi pelayanan 24 jam yang kami berikan kepada pelanggan,” ingat Bambang, yang juga anggota DPR RI dari Komisi VI.

Untuk even ketiga, lanjut Bambang, DLU menggagas angkutan liburan sekolah yang pada tahun ini berbarengan dengan arus mudik Lebaran. Kondisi ini juga menjadi perhatian DLU, agar semua penumpang bisa tergarap dan bisa menikmati pelayanan kapal DLU.

“Karena ada 3 event yang bersamaan yang mengakibatkan overload, maka DLU membantu pemerintah untuk melebarkan rentang waktu masyarakat bisa menggunakan transportasi laut. Tentu saja dengan menawarkan harga murah melalui diskon. “Layanan ini demi masyarakat menengah ke bawah, bahkan dibawah menenggah. Karena kami ingin wong soro pun bisa dimulyakan DLU,” papar Bambang didampingi seluruh jajaran direksi maupun manajer cabang.

Tak lupa, Bambang juga mengungkapkan, ada juga tiga hal yang diperhatikan DLU, yaitu terangkutnya semua kebutuhan masyarakat untuk melakukan penyeberangan dan terjaminnya keselamatan pelayaran serta keamanan dan kenyamanan. Semua diberikan DLU diatas standarisasi yang ditetapkan pemerintah melalui beragam inovasi pelayanan.

“Seperti layanan hiburan, medis, penyuguhan film layar lebar di terminal penumpang dan hadiah bagi penumpang anak hingga pemberian jalur khusus saat embarkasi bagi penumpng ibu dan anak-anak,” jelas politisi Partai Gerindra ini.

Sebelumnya, Direktur Utama PT DLU, Erwin H Poedjono mengatakan, pelayanan yang diberikan DLU tidak hanya itu saja. DLU, kata Erwin, memberikan kepercayan pada pelanggannya dengan pelayanan medis sampai ke tindakan pertolongan persalinan diatas kapal.

“Ini adalah perlakuan khusus bagi penumpang yang melahirkan diatas kapal, dengan membebaskan si anak menikmati tiket gratis seumur hidup menggunakan kapal DLU,” jelasnya.

Ditambahkan, bentuk komitmen perusahaan dalam memberi pelayanan prima kepada masyarakat adalah, tetap mengangkut penumpang pemegang tiket, namun tertinggal kapal.

“Biasanya ketinggalan kapal dikarenakan jadwal keberangkatan dipercepat. Dengan kondisi ini, penumpang tetap difasilitasi keberangkatannya, meski menggunakan pelayanan kapal dari perusahaan lain,” ungkapnya. (sa/ms)

Rate this item
(1 Vote)
Read 108 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS