Breaking News
Time: 12:51

Arus Penumpang Nataru Tanjung Perak Turun 7 Persen

Saturday, 23 December 2017 11:21
Suasana Terminal GSN Tanjung Perak jelang Nataru 2017/2018 Suasana Terminal GSN Tanjung Perak jelang Nataru 2017/2018

Surabaya, Expostnews.com - Menutup periode setahun berjalan hingga menjelang akhir Desember 2017, kondisi arus penumpang kapal dan barang di Terminal Kapal Laut Gapura Surya Nusantara (GSN) Tanjung Perak Surabaya mengalami penurunan. Prediksi turunnya arus penumpang jelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 (Nataru) ini, sungguh berbanding terbalik dengan kepadatan arus penumpang dan barang di kapal pada tahun lalu.

“Arus penumpang Nataru tahun ini diperkirakan 12 ribu orang untuk debarkasi. Sedangkan, embarkasi, mencapai 11 ribu penumpang,” aku CEO Pelindo III Ari Askhara, Sabtu (23/12/2017).

Melansir data yang diperoleh, jumlah penumpang debarkasi di Tanjung Perak pada tahun lalu tercatat 13 ribu penumpang. Di periode yang sama pula, total penumpang embarkasi di Tanjung Perak mencapai 12 ribu penumpang. “Artinya, ada penurunan sekitar 7 persen pada tahun ini, dibanding arus penumpang Nataru tahun lalu,” tandas Ari, sapaannya.

Lebih lanjut dijelaskan, puncak arus penumpang diprediksi terjadi pada, 23 Desember (pra-Natal) dan 28 Desember (periode liburan Natal dan Tahun Baru). Sedangkan, jumlah penumpang Nataru tahun ini, mulai debarkasi dan embarkasi, kurang lebih berkisar 2.800 sampai 3.300 orang.

“Untuk di tangga, 2 Januari 2018, atau pasca Tahun Baru 2018, ditaksir hampir mencapai 2 ribu orang,” urai Ari.

Meski mengalami penurunan 7%, Ari bersama stakeholder pelabuhan Tanjung Perak tetap menyiagakan personel keamanan yang ditempatkan di Pos Komando Taktis (Poskotis) di Tanjung Perak. Poskotis tersebut telah disiapkan Pelindo III di Tanjung Perak, mulai 18 Desember 2017 hingga berakhir acara, 8 Januari 2018.

“Ada unsur gabungan di Posko ini. Mulai dari Port Facility and Security Office (PFSO) dari Pelindo III, Otoritas Pelabuhan, Syahbandar, serta Kepolisian Resor Pelabuhan Tanjung Perak. Kami juga kerahkan petugas ekstra untuk menyambut turis cruise Genting Dream yang dijadwal kembali sandar di Tanjung Perak pada, 26 Desember 2017,” urai Ari.

Selain Poskotis, Pelindo III juga bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan untuk penyediaan posko kesehatan di dalam terminal, maupun di luar terminal. Posko kesehatan ini didesain dengan eksterior unik berupa container office, dan dilengkapi satu mobil ambulans yang selalu siaga.

“Untuk penyambutan kapal Genting Dream, Pelindo III bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya. Berbagai kesenian tradisional akan ditampilkan, mulai Reog Ponorogo, Tari Sparkling Surabaya, hingga live music di dalam gedung terminal untuk menyambut kedatangan kapal berkapasitas 4 ribu turis dengan 2 ribu orang kru itu,” ungkap Ari. (ms/sa/hum)

Rate this item
(1 Vote)
Read 107 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS