Breaking News
Time: 11:03

Era Berubah, Ini Tantangan Pelni di Usia Lanjut

Saturday, 28 April 2018 23:34
Manajer PT Pelni Kantor Cabang Surabaya, Presda Simangasing saat menyerahkan potongan tumpeng di HUT ke 66 PT Pelni di Kantor PT Pelni Cabang Surabaya kepada nakhoda senior, Sabtu (28/4/2018) Manajer PT Pelni Kantor Cabang Surabaya, Presda Simangasing saat menyerahkan potongan tumpeng di HUT ke 66 PT Pelni di Kantor PT Pelni Cabang Surabaya kepada nakhoda senior, Sabtu (28/4/2018)

Surabaya, Expostnews.com - Penyedia jasa layanan transportasi laut, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)/Pelni, mulai ditantang berubah, meski mampu mencetak laba Rp 276 miliar di tahun 2017. Di usianya yang kian menua ini, Pelni menyadari pentingnya mengubah kemampuan melalui transformasi di era digital ini dengan memperbanyak inovasi daya saing.

“Jadikan ultah ke 66 Pelni ini sebagai momen untuk meningkatkan kinerja dengan melakukan penambahan usaha baru melalui beragam terobosan, diversifikasi usaha, maupun optimalisasi aset yang selama ini kurang produktif,” imbau Direktur Utama (Dirut) PT Pelni (Persero), Insan Purwarisya L Tobing dalam sambutan yang dibacakan Manajer PT Pelni Kantor Cabang Surabaya, Presda Simangasing dalam peringatan HUT ke 66 PT Pelni di Kantor Cabang PT Pelni Surabaya, Sabtu (28/4/2018).

Disadari atau tidak penyedia transportasi semakin banyak bermunculan, baik konvensional maupun online. Persaingan jasa transportasi pun memasuki semua lini, termasuk maskapai penerbangan yang mulai mengisi rute-rute hampir di semua bandara komersial ataupun non komersial.

“Kemunculan itu harus disikapi dengan aksi nyata untuk berbenah diri dan berubah. Sehingga, perusahaan yang berpuluh tahun telah menjadi sumber mata pencaharian kita tidak hilang ditelan zaman,” tutur Dirut Pelni dalam sambutan tertulisnya.

Melalui tema, ‘Transformasi untuk Negeri’, Dirut Pelni mengajak, insan Pelni berubah dan turut memberi kontribusi sebesar-besarnya demi kemajuan perusahaan. Selain fokus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa, ajakan perubahan adalah sebuah keniscayaan, dan akan terjadi dalam bisnis manapun.

“Kemampuan suatu organisasi dalam beradaptasi terhadap perubahan, menjadi salah satu aset paling bernilai dalam menjaga keberlangsungan organisasi,” tukasnya.

Namun demikian, Pelni telah banyak melakukan perubahan dan kemudahan pelayanan kepada penumpang. Bahkan, Pelni memperluas jangkauan pelayanan melalui reservasi android yang didukung pembayaran dengan aplikasi IOS. “Ini merupakan kebutuhan update zaman NOW,” ingat Dirut Pelni.

Di sisi lain, Pelni juga menerapkan kemudahan pelayanan melalui pembelian space/tempat muatan atau barang di kapal dengan penerapan mobile application. Platform aplikasi yang sudah dimulai awal Januari 2018 lalu itu, untuk mempermudah para shipper dalam proses pengiriman muatan atau barang.

“Di era persaingan digital, Pelni harus menjadi perusahaan yang dapat mengikuti dengan cepat perubahan lingkungan agar tidak menjadi korban persaingan,” harapnya.

Untuk mendukung hal tersebut, insan Pelni harus menyadari pentingnya sikap jujur, unggul, adaptasi, ramah, dan akurat. Namun demikian, perilaku JUARA itu tetap mengedepankan mental integrity, continuous improvement, costumer focus dan competitive. “Bagaimanapun juga, Pelni merupakan perusahaan milik negara yang mengusung kepentingan masyarakat dan bangsa,” ujar Presda menirukan Dirut Pelni.

Sekadar tahu, sampai saat ini, Pelni memiliki 26 unit kapal penumpang, 91 pelabuhan singgah, 1.900 ruas dan 98.327 mile, 47 kapal perintis, dengan 305 pelabuhan singgah, 4.620 ruas, 55.141 mile. Pelni juga didukung 2 kapal ternak dengan 5 pelabuhan singgah, 11 ruas dan 7.498 mile, lalu 7 kapal tol laut dengan 29 pelabuhan singgah, 43 ruas dan 13.591 mile.

“Di Surabaya, ada 15 kapal penumpang yang beroperasi, dengan 3 kapal perintis dan 5 kapal Tol Laut. Armada kami itu semua juga disiapkan untuk angkutan Lebaran 2018. Persiapan, kami lakukan H-15,” tambah Presda. (ms/sa)

Rate this item
(1 Vote)
Read 77 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS