Breaking News
Time: 11:03

Anggota Komisi V DPR Apresiasi Dukungan Syahbandar Perak Jaga Kelancaran Angleb 2018

Friday, 04 May 2018 20:53

Surabaya, Expostnews.com - Kelancaran arus angkutan barang dan penumpang melalui laut, patut mendapat perhatian serius, apalagi di masa Lebaran. Demi memastikan tercapainya kenyamanan dan kelancaran angkutan Lebaran (Angleb) 2018 melalui laut, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Bambang Haryo Soekartono menanyakan langsung perihal tersebut ke Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya.

“Syahbandar sudah siap untuk mengantisipasi dan menjaga kelancaran angkutan Lebaran,” tutur anggota DPR RI dari Komisi V ini usai rapat tertutup di ruang pertemuan Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak yang dihadiri seluruh instansi dan stakeholder Pelabuhan Tanjung Perak, di antaranya PT Dharma Lautan Utama (DLU), PT Pelindo III dan Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Perak, Jumat (4/5/2018).
 
Berdasar keterangan yang disampaikan dalam rapat, Bambang Haryo sangat mengapresiasi kinerja regulator keamanan dan keselamatan pelayaran di Tanjung Perak tersebut. Diakui, sambutan positif itu terkait antisipasi arus beserta ketersediaan armada angkutan barang dan penumpang sekitar 30% pada Lebaran 2018 di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“Sesuai yang dikatakan, bahwa Syahbandar telah menyediakan armada antara 25-30 persen lebih banyak dibanding masa angkutan Lebaran sebelum-sebelumnya,” tukas politisi dari Partai Gerindra ini didampingi Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya, Amiruddin.

Sebelumnya, Bambang sempat mengungkap beberapa permasalahan yang dikeluhkan stakeholder di bawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tersebut. Hanya saja, Bambang enggan mengungkap permasalahan yang muncul dalam rapat internal bersama seluruh stakeholder Tanjung Perak dan instansi terkait tersebut.

“Yang pasti, secara keseluruhan cukup bagus dan mendukung kelancaran transportasi, maupun yang ditargetkan pemerintah, terkait industri maritim atau logistik untuk mendukung kelancaran, khususnya transportasi laut,” ujarnya.

Menurut Bambang, tidak ada permasalahan terhadap kesiapan dukungan kapal, maupun jumlah kapal Angleb 2018. Bahkan, katanya, kesiapan armada angkutan Lebaran tahun 2018 jauh lebih banyak daripada tahun sebelumnya. Sebenarnya, lanjut Bambang, tahun lalu load factornya cenderung mengalami penurunan, akibat adanya moda transportasi udara.

“Tapi, Syahbandar tetap mengantisipasi dengan menyediakan armada lebih banyak dari tahun sebelumnya. Mudah-mudahan hal ini bisa melancarkan transportasi, baik antar Jawa maupun yang menuju luar Jawa,” tuturnya.

Senada, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya, Amiruddin yang dimintai komentar bersamaan menyatakan, kesiapannya melancarkan proses angkutan Lebaran tahun 2018. “Kami sangat mendukung kelancaran angkutan Lebaran tahun ini,” sambungnya. (sa/ms)

Rate this item
(2 votes)
Read 67 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS