Breaking News
Time: 9:18

Visa Kunjungan Dibebaskan, Tiket Penerbangan Ludes Terjual

Thursday, 23 April 2015 22:43
Ilustrasi Ilustrasi

Surabaya, Exspost.com – Pembebasan visa kunjungan ke beberapa negara menjadi indikasi kuat kian meningkatnya penjualan tiket penerbangan ke luar negeri. Belum lagi, naiknya penjualan tiket penerbangan dalam beberapa pekan belakangan juga terdorong minat konsumen berlibur ke manca negara di musim liburan.

“Beberapa negara memang melakukan pembebasan visa kunjungan. Seperti di Jepang misalnya. Termasuk pemberlakuan visa schengen di Eropa. Dengan apply visa di satu negara saja sudah bisa jalan-jalan di 20 negara di Eropa,” kata Ketua DPD Astindo (Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia) Jawa Timur, Yongky Yanwitarko, Kamis (23/4/2015).

Menurutnya, pada liburan panjang seperti libur Lebaran, tujuan utama pengguna jasa penerbangan adalah di Eropa. Sedangkan di akhir tahun, Australia dan Selandia Baru umumnya lebih diminati untuk berlibur, seperti halnya di Hong Kong, Thailand dan Singapura yang masih tetap menjadi tujuan berlibur.

”Kalau untuk fluktuasi nilai tukar dollar memang tetap memberikan pengaruh terhadap dunia pariwisata. Tapi sekarang sudah mulai stabil sehingga sudah banyak yang mulai arrange liburan," urainya.

Sementara, penjualan tiket penerbangan ke luar negeri pada bulan April 2015 sudah menunjukkan peningkatan dibandingkan triwulan pertama tahun lalu. Di medio Januari-Maret 2015, aku Yongky, kurang bagus karena memang low season. “Sekarang mulai bagus, karena orang-orang mulai menyiapkan travelling untuk libur sekolah dan Lebaran,” tuturnya saat pembukaan Astindo Fair 2015 di Grand City Mall Surabaya, Kamis (23/4/2015).

Disisi lain, Yongky mengatakan, untuk Astindo Fair 2015 ditargetkan bisa menembus nilai transaksi Rp 10 miliar. Jumlah ini meningkat dibandingkan realisasi tahun lalu yang hanya sebesar Rp 9 miliar yang terbilang jauh di atas target Rp 5 miliar yang ditetapkan di awal.

“Pada penyelenggaraan kedua ini, Astindo Fair diikuti 41 travel agent, 10 maskapai penerbangan, 10 hotel dan 5 rumah sakit. Beberapa perwakilan tourism bord dari beberapa negara juga hadir di Astindo Fair ini,” tukasnya. (esp2)


Editor : Syarif Ab

Rate this item
(0 votes)
Read 205 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS