Breaking News
Time: 9:17

Perkuat Ekspansi, Garuda Tambah 18 Pesawat Airbus

Thursday, 07 May 2015 10:48
Ilustrasi Ilustrasi

Jakarta, Exspost.com – Maskapai penerbangan nasional, PT Garuda Indonesia Tbk, terus mengepakkan sayapnya. Bahkan, optimisme ini direalisasikan dengan menambah unit armada sebanyak 18 pesawat baru berkelas airbus.

“18 pesawat baru ini akan masuk secara bertahap,” singkat Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia Tbk, Arif Wibowo.

Dari 18 pesawat tersebut, kata Arif, 5 unit diantaranya adalah pesawat berbadan lebar, jenis Airbus A330 maupun Boeing 777 - 300ER. Menurutnya, armada Garuda itu akan berdatangan di kuartal I dan II tahun 2015. “Kami optimistis bisa mengangkut 25 juta penumpang, Ini seiring dengan ekspansi rute dan penambahan armada yang datang bertahap hingga akhir tahun ini,” cetusnya pekan lalu.

Menyinggung realisasi daya angkut penumpang tahun ini ? Arif menarget, jumlah penumpang yang diangkut tahun 2015 mencapai 12%. Target ini terbilang naik dibanding realisasi tahun lalu yang hanya mencapai 21,5 juta penumpang. “Jumlah frekuensi penerbangan juga naik di rute Jakarta-Singapura pergi pulang (PP). Untuk saat ini, sekitar 20 persen dari frekuensi yang ada. Ini karena didukung kedatangan 13 pesawat berbadan lebar Airbus A330 pada Oktober 2015,” papar Arif.

Dikutip dari laman tender-indonesia, selain menarget pertumbuhan penumpang, maskapai pelat merah ini juga mematok pendapatan menjadi 3,9 miliar dollar AS pada 2015. Garuda, tahun ini kapasitas jumlah pesawat 133 unit dan akhir tahun mencapai 145 pesawat. “Dengan tambahan pesawat Citilink lima unit menjadi 37 pesawat,” ujarnya.

Untuk penambahan frekuensi, Vice Corporate Communication Garuda Indonesia, Pujobroto mengungkapkan, Garuda telah mengoperasikan dua Airbus A330 untuk melayani 10 frekuensi penerbangan. Frekuensi yang menghubungkan rute Jakarta-Singapura itu, secara keseluruhan ada peningkatan sekitar frekuensi 20%/pekan pada rute tersebut. “Nantinya, ada enam A330 yang bakal menerbangi rute Indonesia-Singapura dan sebaliknya,” kata Pujobroto.

Disisi lain, pada pekan lalu Garuda resmi menggandeng empat bank untuk mengelola peti kas perusahaan. Keempatnya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Internasional Indonesia (BII), Standard Chartered Bank dan Citibank Indonesia. (esp1/tic)


Editor : Syarif Ab

Rate this item
(0 votes)
Read 209 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS