Breaking News
Time: 5:18

Terbangkan Pesawat ATR, Garuda Layani Rute Surabaya-Jogjakarta

Monday, 28 December 2015 15:32
Vice President Domestik Region 3 Garuda Indonesia wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara (Jabalnusra), Flora Izza Vice President Domestik Region 3 Garuda Indonesia wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara (Jabalnusra), Flora Izza

Surabaya, Expostnews.com - Rencana lama Garuda Indonesia membuka rute baru penerbangan Surabaya-Jogjakarta akhirnya terealisasi. Rute pulang pergi (PP) tersebut dilayani secara resmi pada, Rabu (30/12/2015), dengan lama penerbangan sekitar 1 jam.

"Pesawat yang kami gunakan adalah jenis ATR 72-600 'Explore' berkapasitas 70 orang," ingat Vice President Domestik Region 3 Garuda Indonesia wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara (Jabalnusra), Flora Izza, Senin (28/12/2015).

Dijelaskan, saat ini, Garuda Indonesia memiliki 11 unit pesawat ATR 72-600, dari total 25 pesawat yang akan bergabung dengan armada maskapai flag crrier nasional ini. Pesawat ATR 72-600 diklaim paling andal dengan teknologi modern dan hemat bahan bakar serta biaya operasionalnya yang jauh lebih efisien.

"Efisiensi bahan bakar pesawat ini, sangat mengurangi dampak pencemaran lingkungan secara signifikan," jelas perempuan yang baru mengemban tugas di Surabaya sejak Februari 2015 lalu.

Pesawat ATR 72-600 tersebut juga merupakan jenis terbaik di kelasnya untuk melayani rute-rute penerbangan jarak pendek. Bahkan, pesawat ATR 72-600, sangat leluasa digunakan untuk penerbangan di berbagai pulau maupun kota yang memiliki keterbatasan landasan pacu.

"Yang pasti, layanan kami tetap full service. Karena, kami bukan maskapai low cost carrier," ingatnya.

Terkait pembukaan rute baru Surabaya-Jogjakarta, Flora menjelaskan, ini merupakan wujud komitmen perseroan untuk memperluas jaringan konektifitas di rute domestik, khususnya di wilayah Pulau Jawa. Selain itu, pembukaan rute baru Surabaya-Jogjakarta PP tersebut, tak lepas dari tingginya minat dan permintaan masyarakat atas penerbangan langsung antar kedua kota tersebut.

"Karena, banyak juga masyarakat Surabaya yang ke Jogjakarta untuk berwisata. Sebaliknya, masyarakat Jogjakarta yang ke Surabaya untuk melakukan perjalanan bisnis," ujar perempuan berjilbab ini.

Bukan itu saja. Kata Flora, dibukanya rute penerbangan Surabaya-Jogjakarta ini untuk menghubungkan jalur antar Pulau Jawa yang sebelumnya ditempuh dengan panjangnya waktu perjalanan darat. Kini, Surabaya-Jogjakarta PP bisa dilalui dengan singkat tanpa harus berlama-lama di perjalanan.

"Sekaligus, kami membuka potensi wisata di Surabaya, Jogjakarta dan kota-kota lainnya yang terhubung, terutama di wilayah timur Indonesia," papar Flora.

Hanya saja, Flora mengingatkan, penerbangan Garuda Indonesia di rute baru ini dilayani sekali dalam sehari. Namun, kata Flora, tidak menutup kemungkinan, penerbangan tersebut akan ditambah layanannya tidak hanya sekali per hari. "Kami lihat progresnya dulu, setelah itu kami akan putuskan penambahan jadwal penerbangannya. Step by step lah," tuturnya.

Disebutkan, penerbangan dari Surabaya ke Jogjakarta diawali keberangkatannya pukul 14.55, dan tiba di Jogjakarta pada pukul 16.15 dengan pesawat GA 7308. Kemudian, dari Jogjakarta berangkat kembali pukul 16.45, dan tiba di Surabaya pukul 17.50 dengan menggunakan pesawat GA 7309. "Tarifnya cukup terjangkau, hanya Rp 600 ribu," katanya. (esp1/red)

Rate this item
(1 Vote)
Read 203 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS