Breaking News
Time: 7:04
Umum

Surabaya, Expostnews.com – Kegiatan bongkar muat barang di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, dan Jawa Timur pada umumnya, dipastikan tetap berjalan dan tidak terpengaruh Idul Fitri 1439 H. Hanya saja, jaminan operasional dari Asosisasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Jawa Timur itu terbatas saat hari ‘H’ Idul Fitri 1439 H di tahun 2018 ini.

“Bongkar muat biasanya libur total 24 jam pada hari H. Selain itu, tetap beroperasi seperti biasanya,” ungkap Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Asosisasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (DPW APBMI) Jawa Timur, Kody Lamahayu Fredy dikonfirmasi, Kamis (24/5/2018).

Namun demikian, Kody menegaskan, libur operasional yang pada hari ‘H’ itu tidak akan berlaku, apabila ada hal yang lebih urgen dan penting untuk dilakukan bongkar muat. Ia mencontohkan, aktivitas bongkar muat masih berjalan jika hal yang dianggap urgen tersebut menyangkut sembilan bahan pokok (sembako), seperti beras. “Ya, tetap kami kerjakan (bongkar muat, red). Jadi, bukan standby. Tapi, kalau memang itu harus kami kerjakan, ya harus bekerja, meski itu pada hari ‘H’,” ingat Kody.

Terkait libur hari ‘H’ Idul Fitri yang terbilang lentur tersebut, Kody menjelaskan, peliburan 24 jam total saat hari ‘H’ itu merupakan tugas dan perintah dari pemerintah sesuai aturan yang berlaku. Perintah libur total tersebut hanya berlaku sehari pada hari ‘H’ pertama Idul Fitri. “Pada hari ‘H’ pertama Idul Fitri saja liburnya,” sambung Kody usai buka puasa bersama dengan anak yatim yang diikuti penyerahan bantuan.

Ditanya sistem pengupahan? Kody menyebut, tetap ada negosiasi, meski dari pengelola/penyalur buruh pelabuhan/tenaga kerja bongkar muat (TKBM) menggunakan special charge. Selain itu, sistem kerjanya pun bisa bertambah shift dari kerja shift yang berlaku di hari-hari normal.

“Biasanya kan ada beberapa shift. Misalkan saja kerja normal itu kerja 3 shift, nah pada hari ‘H’ itu ada penambahan. Biasanya tambahnya 3 atau 4 shift, dan tergantung pelakunya hari itu, termasuk tata cara negosiasinya,” ulas Kody yang mengayomi 80 anggota APBMI Jatim ini.

Sebelumnya, pada saat bersamaan, DPW APBMI Jatim memberikan sumbangan berupa bantuan uang kepada 3 yayasan yatim piatu di Jawa Timur. Bantuan hasil pengumpulan sedekah senilai kurang lebih Rp 40 juta yang berasal dari anggota APBMI Jatim dan kas APBMI Jatim itu diserahkan untuk 55 anak yatim.

“Apabila mendapatkan rezeki, jangan melupakan anak yatim. Sisihkan sedikit untuk mereka (anak yatim, red) agar bisa sekolah atau menikmati hari yang penuh berkah ini,” pesannya. (sa/ms)

Surabaya, Expostnews.com – Masyarakat Jawa Timur diminta tidak resah dan khawatir terkait kebutuhan bahan pangan yang dijamin aman pasokannya saat Ramadan dan Lebaran tahun ini. Meski demikian, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Jawa Timur tetap melakukan sejumlah langkah guna menjaga kestabilan harga dari pasokan pangan strategis tersebut.

“TPID Jawa Timur menyadari, meski stok mencukupi, harga sejumlah komoditas mengalami kenaikan. Ini seiring meningkatnya permintaan menjelang Ramadan. Yang pasti, untuk stok komoditas pangan aman sampai dengan beberapa bulan ke depan,” tutur Harmanta, Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur (BI Jatim) usai pertemuan dengan sejumlah anggota TPID Jawa Timur, termasuk di antaranya Bulog, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian serta Dinas Peternakan, Rabu (23/5/2018).

Ia meyakini, kenaikan harga tersebut relatif masih dalam batas kewajaran. Bahkan beberapa diantaranya sudah mulai menunjukkan kecenderungan menurun. “Sampai dengan tanggal 21 Mei 2018, berdasarkan pantauan harga SISKAPERBAPO, harga telur ayam ras selama beberapa waktu terakhir memperlihatkan kenaikan. Tapi, kini harga telur ayam ras mulai menurun. Karena, berdasarkan historisnya, mendekati pertengahan bulan Ramadan harga telur ayam diperkirakan turun,” tutur Harmanta.

Ia juga mencontohkan, harga daging ayam ras juga masih mengalami kenaikan. Namun demikian, jika meruntut data Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, stok daging ayam ras dan telur ayam ras tercatat aman. “Menyikapi potensi meningkatnya tekanan harga pada Ramadan dan menjelang Lebaran, TPID Jawa Timur secara proaktif melakukan berbagai langkah antisipatif,” katanya.

Harmanta mengatakan, langkah antisipatif tersebut di antaranya melalui Gerakan Stabilisasi Harga Pangan (GSHP) di sejumlah out/et Rumah Pangan Kita (RPK), pasar tradisional dan berbagai lokasi. Selain itu, TPID Jawa Timur juga melakukan Operasi Pasar Mandiri, Pemberian OP Subsidi, Pasar Murah di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. “Sekaligus, monitoring stok dan pengawasan barang beredar, serta program angkutan mudik balik gratis untuk transportasi laut, bus, kereta api dan pengangkutan sepeda motor,” urainya.

Terkait kecukupan stok pangan, data Dinas Pertanian menyebut, sejumlah komoditas pangan terpantau mengalami surplus, termasuk di antaranya beras dengan perkiraan produksi selama sub round I (Januari - April 2018) ini sebesar 3.881.110 ton dan kebutuhan selama 4 bulan sebesar 1.188.972 ton menciptakan surplus 2.692.138 ton yang mencukupi untuk kebutuhan 9 bulan ke depan. Angka ini diperkirakan akan terus bertambah mengingat musim panen gabah yang baru berakhir di bulan April lalu.

Sementara, untuk jagung dengan produksi 1.710.909 ton pipilan kering dengan kebutuhan konsumsi selama 4 bulan sebesar 40.908 ton menciptakan surplus 1.670.001 ton. Sedangkan untuk kebutuhan bawang merah selama 4 bulan sebesar 35.960 ton dan perkiraan produksinya 113.584 ton, mencatatkan surplus 77.625 ton yang diestimasi mencukupi kebutuhan 8,6 bulan ke depan.

Begitu juga dengan cabai rawit merah, keperluan konsumsi sebesar 1 5.636 ton untuk 4 bulan dan perkiraan produksi 40.145 ton, mencatatkan surplus 24.51 0 ton. Kemudian, kebutuhan cabai merah besar selama 4 bulan sebesar 14.044 ton tertutupi dengan produksi sebesar 19.239 ton yang menghasilkan surplus 5.195 ton.

“Untuk bawang putih dan kedelai, masyarakat pun tak perlu khawatir karena pemerintah telah melakukan impor kedua komoditas itu dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga stok keduanya pun dipastikan aman,” yakin Harmanta.

Dengan kondisi tersebut, TPID Jawa Timur meyakini, sejumlah langkah yang diambil akan menjaga inflasi Jawa Timur tetap terkendali pada periode Ramadan dan Lebaran 2018. Meski begitu, diperlukan kerjasama masyarakat untuk tetap dapat menjaga kestabilan harga.

“Walaupun pasokan tersedia, tapi ekspektasi konsumsi masyarakat yang cenderung meningkat pada Ramadan dan menjelang Lebaran justru menjadi pemicu utama meningkatnya harga,” ingat Harmanta.

Sebab, tanpa disadari, pola konsumsi yang berlebihan dan ekspektasi yang memicu kenaikan harga tersebut justru merugikan masyarakat. Untuk itu, masyarakat diimbau untuk tidak panic buying dan membeli barang secukupnya/sewajarnya agar dapat meminimalisir potensi risiko spekulan dalam mempermainkan harga. “Bersama-sama warga Jawa Timur menjaga kestabilan harga dalam Ramadan dan lebaran tahun 2018 ini,” harapnya. (sa/ms/bij)

CEO Ari: Kunjungan Kapal Naik Signifikan

Surabaya, Expostnews.com - Trafik arus peti kemas dan kunjungan kapal di PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III pada Triwulan I/2018 mencatatkan kinerja positif. Ini terlihat dari arus petikemas dalam satuan boks yang mencatatkan peningkatan 4% dibanding periode yang sama tahun 2017.

“Selain arus petikemas, kunjungan kapal pada triwulan pertama tahun 2018 dalam satuan Gross Tonnage (GT) juga menunjukkan kenaikan yang signifikan,” ungkap CEO Pelindo III, Ari Askhara, Selasa (22/5/2018).

Ari merinci, dibanding periode serupa tahun 2017 yang tercatat 975.038 boks, peningkatan 4% untuk arus peti kemas di Triwulan I/2018 yang tercatat dalam satuan boks terealisasi 1.013.618 boks. Peningkatan arus peti kemas dalam satuan boks tersebut juga diikuti dalam satuan TEUs yang juga melonjak 4% dengan realisasi 1.244.294 TEUs dibandingkan periode yang sama tahun 2017 sebesar 1.199.184 TEUs.

“Untuk arus kunjungan kapal meningkat 16 persen atau sebesar 60.919.607 GT, dibanding periode yang sama tahun 2017 yang hanya mencapai 52.318.192 GT. Sedangkan dalam satuan unit, arus kunjungan kapal juga naik 7 persen atau sebesar 14.109 unit di tahun 2018, dibanding dengan periode yang sama tahun 2017 tercatat sebesar 13.163 unit,” urai Ari.

Bagaimana dengan performa keuangan Peliindo III? Ari mengungkapkan, Pelindo III mencatat pendapatan usaha sebesar Rp 2,3 triliun atau meningkat 17% dibanding tahun 2017 yang tercatat sebesar Rp 1,9 triliun. Pastinya, lanjut Ari, growth beban usaha Pelindo III lebih kecil dibandingkan pendapatan usahanya. “Sehingga, laba usaha yang diraih Pelindo III hingga triwulan pertama tahun ini mencapai Rp 913 miliar atau melesat lebih besar 37 persen dibanding tahun sebelumnya,” tambah Ari Askhara.

Selain itu, kata Ari, guna memberikan layanan kepada pengguna jasa, Pelindo III juga melakukan investasi sebesar Rp 477 miliar pada triwulan pertama 2018. Dijelaskan, pencapaian laba tersebut berasal dari transformasi perusahaan yang fokus pada aspek people, process and technology. “Artinya sumber daya manusia dilihat sebagai modal yang sangat bernilai bagi perusahaan,” katanya.

Untuk itu perlu ada peningkatan dari sisi kompetensi. Hal ini agar produktifitas kinerja dalam kerja sama menjalankan roda bisnis perusahaan, dengan didukung penggunaan teknologi yang optimal. “Think simple simplify things," ujarnya.

Menurutnya, Pelindo III tidak hanya mencari profit semata, melainkan juga menunjukan kepedulian terhadap masyarakat sekitar, melalui program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Hingga akhir April 2018, capaian PKBL tercatat Rp 8,3 miliar yang tersebar di tujuh provinsi. “Meliputi Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali Nusra, Kalsel dan Kalteng,” sambungnya.

Di sisi lain, Ari juga memaparkan, kesiapan Pelindo III menjelang pelaksanaan Annual Meeting IMF dan World Bank pada Oktober 2018 di Bali. Menurutnya, kepercayaan dunia internasional dalam bidang keamanan dan stabilitas ekonomi ini dimaksimalkan Pelindo III selaku BUMN pengelola pelabuhan di Bali.

“Pelindo III turut mempersiapkan perbaikan infrastrukturnya berupa pendalaman kolam dan alur di Pelabuhan Benoa, agar kapal cruise berukuran besar dapat sandar sehingga dapat meningkatkan perekonomian Provinsi Bali,” ingatnya.

Hingga saat ini, kata Ari, kapal cruise berukuran paling besar yang dapat sandar ke Pelabuhan Benoa adalah MV Volendam dengan kapasitas penumpang sebanyak 1.430 orang dan 640 crew. Diharapkan pada September 2018 nanti kapal cruise Genting Dream dapat sandar di Pelabuhan Benoa dengan kapasitas penumpang 3.352 orang dan 2.000 crew. “Diperkirakan pengerukan kolam dan alur selesai akhir Agustus 2018 nanti,” katanya.

Kedatangan para tamu IMF dan World Bank di Bali, lanjut Ari, perlu dipersiapkan dengan matang. Pasalnya, Bali menggambarkan wajah Indonesia di mata dunia. “Untuk itu kita perlu dukung pemerintah dalam menyambut acara internasional tersebut, sekaligus sebagai wadah mempromosikan Bali sebagai destinasi wisata terkemuka di dunia khususnya melalui kapal pesiar,” tambah Ari Askhara.

Bukan hanya itu, Pelindo III juga menyiapkan Pelabuhan Benoa dengan melakukan perluasan terminal penumpang dan beautifikasi, sehingga bisa menambah kenyamanan dan daya tampung penumpang di area terminal penumpang. Selanjutnya, mempercantik pelabuhan serta gate sebagai landmark Pelabuhan Benoa agar banyak wisatawan yang berkunjung ke Pelabuhan Benoa.

“Diperkirakan untuk perluasan terminal penumpang dan beautifikasi Pelabuhan Benoa selesai pada Maret 2019,” tuturnya. (sa/ms)

Surabaya, Expostnews.com – Momentum berkah Ramadan memang banyak menciptakan kebahagiaan. Bahkan, selain bisa saling berbagi nikmat, hikmah Ramadan terkadang menjadi saat paling mengesankan dalam sebuah perjumpaan pertemanan.

“Kami menjadikan Ramadan sebagai momentum ketemu teman, selain untuk berbagi kepada sesama,” tutur Ketua Alumni tahun 1980, Abd. Rosyid di sela bagi takjil Ramadan di Jalan Prof. Dr Moestopo Surabaya, Selasa (22/5/2018).

Apa yang dilakukan para alumni STM pembangunan-yang kini berganti nama SMKN 5 Surabaya itu merupakan cara jitu untuk mengumpulkan teman, mendekat almamater dan berbagi berkah Ramadan. Mereka kumpul di SMKN 5 dan membagi takjil Ramadan untuk masyarakat yang melintas di Jalan Prof. Dr. Mustopo tempat mereka bersekolah dulu. “Datang di sekolah dulu dan berbagi untuk masyarakat yang berpuasa,” ingatnya.

Keinginan yang terealisasi ini membuat kebahagiaan tersendiri bagi alumni SMKN 5 Surabaya yang telah 38 tahun berpisah. Apalagi, saat ini masing-masing telah menjalani profesi yang berbeda dengan jarak tinggal yang terpisah.

“Banyak sekali cerita menarik. Senang rasanya. Alhamdulillah, acara temu teman ini cukup sukses. Mereka terlihat kompak membagi ta'jil bersama pada masyarakat yang melintas di jalan raya,” tukas Rosyid, sapaannya. (ms/sa/fa)

Surabaya, Expostnews.com - Kesempatan mendapatkan gratis mudik di Hari Raya Idul Fitri 1439 H, masih terbuka lebar bagi pendaftar yang ingin menikmati layanan mudik gratis tahun 2018 yang diselenggarakan PT Pelindo III (Persero). Pasalnya, program yang merupakan representasi kepedulian negara dalam memberikan rasa nyaman dan kemudahan dalam pelaksanaan mudik tahun 2018 ini dibuka hingga 12 Juni 2018.

“Jika memang ada peserta mudik gratis yang telah mendaftar di pelabuhan asal tepat pada akhir masa program, dan pada kenyataannya tiba di Pelabuhan Tanjung Perak keesokan harinya, kami akan tetap menyediakan bis gratis di Tanjung Perak kendati hal itu terjadi di luar rentang waktu program,” jamin Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat, Selasa (22/5/2018).

Alasannya, Pelindo III tak hanya sekadar memfokuskan diri pada kebutuhan pelanggan, melainkan juga harus mampu melampaui harapan para pemudik. Menurutnya, Pelindo III mmebuka pendaftaran program mudik gratis mulai 2 Mei 2018 hingga 12 Juni 2018.

“Setelah melakukan pendaftaran, peserta mudik gratis dapat melakukan validasi pendaftaran di posko mudik gratis di pelabuhan asal untuk mendapatkan tiket kapal Pelni dan voucher moda bis,” tutur Faruq.

Selanjutnya, bagi penumpang kapal laut yang berangkat dari kota selain Kumai dan Sampit, dapat melakukan pendaftaran maupun validasi di Pelabuhan Tanjung Emas dan Pelabuhan Tanjung Perak. Kendati berakhir masa program sampai dengan 12 Juni 2018, Pelindo III tetap menyediakan layanan bis gratis di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya bagi penumpang kapal laut KM Kelimutu yang diperkirakan tiba pada tanggal 13 Juni 2018.

“Karena, armada kapal milik Pelni itu baru meninggalkan Pelabuhan Sampit pada tanggal 12 Juni 2018. Selain itu, kami juga menyediakan 260 trip mudik gratis melalui bis, dengan rincian 150 trip diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Perak dan 110 trip dari Pelabuhan Tanjung Emas,” kata Faruq.

Sementara, bersama Perum Damri, Pelindo III mengerahkan 15 armada bis di Pelabuhan Tanjung Perak dan 10 armada bis di Pelabuhan Tanjung Emas. Dari Pelabuhan Tanjung Perak, ke-15 bis tersebut berangkat menuju lima kota yang merupakan tujuan akhir, yaitu Jember, Madiun, Trenggalek, Cepu, dan Blitar.

“Uuntuk sepuluh bis dari Pelabuhan Tanjung Emas, bertolak menuju 7 kota tujuan akhir, antara lain Yogyakarta, Rembang, Wonosobo, Purworejo, Solo, Purwodadi, dan Tegal. Bis-bis ini akan menyinggahi sejumlah kota yang menjadi bagian dari rute masing-masing trip,” tukas Faruq.

Berdasar catatan, hingga 17 Mei 2018, Pelindo III telah menerima 1.540 pendaftar mudik gratis menggunakan kapal laut. Sedangkan, peserta mudik gratis menggunakan bis, Pelindo III telah menjaring sebanyak 1.514 pemudik. “Artinya, kuota penumpang bis masih tersedia cukup banyak,” jelas Faruq.

Sebelumnya, CEO Pelindo III Ari Askhara mengungkapkan, pada masa mudik tahun 2018 ini, Pelindo III telah menyiapkan 14.000 tiket gratis. Jumlah ini meningkat dua kali lipat dibanding pencapaian tahun lalu yang tercatat sekitar 6.000 penumpang. “Tahun lalu, antusiasme pemudik kapal laut cukup tinggi dalam memanfaatkan program mudik gratis yang kami sediakan. Okupansinya bahkan mendekati 100 persen,” kata Ari Askhara, Sabtu (19/5/2018).

Selanjutnya, 14.000 tiket gratis tersebut akan dialokasikan kepada 1.700 pemudik pengguna kapal laut yang berangkat melalui Pelabuhan Kumai atau Pelabuhan Sampit dengan tujuan Semarang maupun Surabaya. Selebihnya, 12.300 lainnya didistribusikan kepada penumpang kapal laut yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak maupun Pelabuhan Tanjung Emas dan hendak meneruskan perjalanannya menggunakan bis ke sejumlah kota di Jawa Timur maupun Jawa  Tengah.

“Kami berharap, masyarakat Indonesia dapat melihat dan merasakan kehadiran BUMN yang senantiasa bersinergi untuk memberikan yang terbaik bagi negeri,” ingat Ari. (sa/ms/hum)

Pangkoarmada II: Bagian Pembinaan

Surabaya, Expostnews.com – Panglima Komando Armada RI (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda (Laksda) TNI Didik Setiyono, S.E., М.М telah melantik sejumlah pejabat strategis di lingkungan Komando Armada RI (Koarmada) II Surabaya. Proses tersebut berlangsung lancar melalui upacara serah terima jabatan (sertijab) yang dipimpin langsung Pangkoarmada II di Indoor Sport, Ujung Surabaya, Sabtu (19/5/2018).

“Pergantian serah terima jabatan dalam suatu organisasi merupakan hal biasa dan bagian dari pembinaan personel,” kata Pangkoarmada II usai memimpin proses pelantikan dan sertijab.

Dijelaskan, selain pembinaan personel, proses tersebut sekaligus memberikan kesempatan dan peluang bagi para perwira untuk mengembangkan karier. Dengan begitu, para perwira tersebut dapat mengaktualisasikan kemampuan konseptualnya guna mewujudkan kinerja organisasi yang lebih baik.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pejabat lama atas dedikasi dan keberhasilan yang dicapai organisasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Sedangkan, untuk pejabat baru, saya turut mengucapkan selamat atas jabatan baru yang diemban. Jabatan adalah amanah yang harus dijaga, sekaligus kehormatan dan kebanggaan,” tuturnya.

Sementara, dalam upacara sertijab tersebut dilantik beberapa perwira yang menduduki posisi Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II, Komandan Satuan Kapal Amfibi (Dansatfib), Komandan Satuan Kapal Bantu (Dansatban) Koarmada II, serta pengukuhan jabatan Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla), dan penyerahan jabatan Komandan Komando Latihan (Dankolat) Koarmada lI.

Adapun pejabat yang dilantik, masing-masing Danguspurlaarmada II dari Laksamana Pertama (Laksma) TNI Rachmad Jayadi, M.Tr. (Han) kepada penggantinya Kolonel Laut (P) Erwin S. Aldedharma, S.Ε., Μ.Μ., M.Sc. Selanjutnya, Dansatfibarmada ll dari Kolonel Laut
(P) Sawa, SE., Μ.Μ., diserahterimakan kepada Kolonel Laut (P) Kunto Tjahjono.

Kemudian, Dansatbanarmada II dari Kolonel Laut (P) Singgih Sugiarto, ST., M.Si., kepada Kolonel Laut (P) Anung Susanto, S.Sos. Sedangkan yang dikukuhkan adalah jabatan Danguskamlaarmada II kepada Kolonel Laut (P) Kisdiyanto, serta Penyerahan jabatan Dankolatarmada II dari Kolonel Laut (P) Kisdiyanto kepada Pangkoarmada II.

Sebelumnya, pada saat bersamaan, namun di tempat berbeda juga berlangsung upacara di Lounge Majapahit Koarmada II. Upacara tersebut merupakan pergantian jabatan staf Pangkoarmada I, yang di antaranya Sertijab Asisten Intelijen (Asintel) Pangkoarmada II dari Kolonel Laut (P) Arif Sumartono, S.Sos., M.Si. (Han)., kepada Kolonel Laut (P) Tjatur Soniarto.

Di tempat yang sama pula, dilakukan pergantian Asisten Operasi (Asops) Pangkoarmada II dari Kolonel Laut (P) Ariantyo Condrowibowo ke Kolonel Laut (P) Sawa, SE., М.М., Asisten Personel (Aspers) Pangkoarmada II dari Kolonel Laut (E) Nevy Dwi Soesanto, S.T., diberikan kepada Kolonel Laut (P) Singgih Sugiarto, S.T.

Bukan hanya itu. Jabatan Kepala Dinas Hukum (Kadiskum) Koarmada Il juga diganti dari Kolonel Laut (KH) Ismu Edy Aryanto, S.H., M.H., diserahterimakan ke Letkol Laut (KH) Elly Sumampaw, S.H., dan Pengukuhan jabatan Kepala Pusat Komando Pengendalian (Kapuskodal) Koarmada II kepada Letkol Laut (P) Totok Irianto, serta Penyerahan jabatan Kepala Sekretariat Umum (Kasetum) Koarmada II dari Letkol Laut (KH) Kabib S.Pd., ke Pangkoarmada lI. (sa/ms/dsp)

Surabaya, Expostnews.com – Diskon biaya penyambungan (BP) tambah daya kembali digaungkan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)/PLN Distribusi Jawa Timur (PLN Disjatim) untuk semua pelanggan di area kerjanya. Promo bertajuk Gemerlap Lebaran 2018 tersebut ditujukan untuk masyarakat hingga masa berakhir, 30 Juni 2018.

“Manfaatkan kesempatan ini. Promo kami buka mulai hari ini, atau tanggal 17 Mei 2018. Khusus rumah ibadah, potongan yang diberikan sebesar 100% atau gratis biaya penyambungan,” jelas Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Timur Pinto Raharjo, Kamis (17/5/2018).

Dikatakan, promo dalam rangka menyambut hadirnya bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H ini, setiap pelanggan yang mengajukan BP tambah daya listrik mendapat diskon 50% atau potongan harga maksimum sebesar Rp 10 juta. Selain lebih murah, pelanggan bisa mendapatkan tambahan daya listrik dengan cepat.

“Karena waktu PD (Penambahan Daya, red) tidak lebih dari 24 jam, dan tanpa mengubah kWh meter paskabayar menjadi prabayar ataupun sebaliknya,” tutur Pinto.
 
Melalui Promo Gemerlap Lebaran 2018 tersebut, pelanggan dapat mengajukan tambah daya mulai dari 220 VA (Volt Ampere) – 197 kVA (kilo Volt Ampere). Menurutnya, program promo ini, PLN ingin memberikan kenyamanan terhadap kebutuhan daya listrik pelanggan dengan biaya murah. “Kami sangat memahami, karena selama Ramadhan, pemakaian listrik masyarakat cenderung meningkat,” ingatnya.

Untuk mendapatkan kesempatan ini, lanjut Pinto, pelanggan dapat langsung mendaftar ke Contact Center PLN 123 yang dapat diakses melalui ponsel (kode area+123), atau telepon 123. “Bisa juga melalui email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. , Twitter @pln_123, Facebook PLN 123, dan website www.pln.co.id,” paparnya. (ms/sa/nd)

Surabaya, Expostnews.com – Bulan depan, atau tepatnya, 1 Juni 2018, Frisian Flag dan seluruh dunia bersama-sama menyambut Hari Susu Sedunia (World Milk Day) yang dirayakan rutin tiap tahun. Dalam menyambut perayaan World Milk Day 2018, Frisian Flag pada pekan lalu, Jumat (11/5/2018) baru saja memperbaiki fasilitas olahraga di SD Negeri Ketabang I/288 di kota Surabaya.

“Perbaikan ini meliputi sarana olahraga yang sering digunakan anak-anak, seperti lapangan futsal,” papar Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro, Kamis (17/5/2018).

Menurut Andrew, Frisian Flag sangat percaya, gaya hidup aktif melalui olahraga rutin penting untuk ditanamkan sebagai bagian dari aktifitas sekolah. Untuk itu, Frisian Flag komitmen ingin membangun keluarga yang sehat dan kuat.

“Melalui kampanye Drink. Move. Be Strong yang mengajak anak-anak minum susu setiap hari, dan rutin berolahraga,” tutur Andrew.

Dijelaskan, sekolah merupakan tempat yang sangat penting, karena anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya di sekolah. Dengan demikian, apabila sekolah mempunyai sarana olahraga yang memadai akan sangat membantu rutinitas anak-anak berolahraga.

“Perbaikan sarana olahraga ini dilakukan Frisian Flag, sejak April 2018 dan mulai hari ini lebih dari 733 siswa SD Negeri Ketabang I/288 sudah bisa menggunakan lapangan barunya,” kata Andrew.

Sementara, perbaikan lapangan olahraga yang dilakukan Frisian Flag di SD Negeri Ketabang I/288 tersebut juga diisi dengan diskusi. Selain diskusi tentang kebaikan gizi yang terkandung dalam susu, juga dilaksanakan minum susu bersama, serta olahraga bersama guru dan siswa. “Fokus Frisian Flag memang menekankan gaya hidup sehat dan aktif pada anak-anak,” katanya.

Menurutnya, Frisian Flag melakukan hal tersebut sebagai bagian dari edukasi publik melalui kampanye Drink. Move. Be Strong yang digelar sejak 2013 lalu. Tujuannya, menyebarkan pesan tentang pentingnya kebiasaan minum susu dan rutin berolahraga bagi pertumbuhan yang optimal.

“Didasari hasil studi SEANUTS (South East Asian Nutrition Survey) yang diinisiasi FrieslandCampina tahun 2012, terhadap lebih dari 16.000 anak usia 6 bulan 12 tahun,” jelasnya.

Dari usia dan jumlah anak yang disurvei itu, menunjukkan anak-anak Indonesia mengalami berbagai permasalahan, terkait kesehatan dan gizi, gaya hidup kurang aktif, malnutrisi, kekurangan vitamin D hingga gangguan pertumbuhan fisik atau stunting. Frisian Flag menggunakan hasil studi SEANUTS ini untuk terus meningkatkan edukasi tentang gaya hidup sehat dan aktif.

“Lebih dari 6000 anak di delapan Sekolah Dasar mendapatkan edukasi dari Frisian Flag mengenai pentingnya kebiasaan minum susu setiap hari dan rutin berolahraga,” katanya.

Sementara, rangkaian acara menyambut perayaan Hari Susu Sedunia 2018, Frisian Flag melaksanakan mulai, 8 hingga 15 Mei 2018 di Makassar, Yogyakarta dan Pekanbaru (8/5/2018). Kemudian, Frisian Flag juga menggelar acara serupa di Bandung (9/5/2018), Jakarta dan Surabaya (11/5/2018), Banjarmasin (14/5/2018), dan berakhir di Palembang (15/5/2018).

“Kami sangat senang bisa merampungkan perbaikan sarana-sarana olahraga, dan bersama anak-anak menerapkan kebiasaan minum susu, serta rutin berolahraga sambil menyambut Hari Susu Sedunia yang jatuh pada, 1 Juni 2018,” tambah Andrew. (sa/mal/ms)

Surabaya, Expostnews.com – Rentetan peristiwa peledakan bom bunuh diri di Surabaya dan Sidoarjo, Minggu (13/5/2018) dan Senin (14/5/2018), memaksa manajemen PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) memberlakukan pengetatan sistem keamanan di areanya. Bahkan, antisipasi terhadap risiko kerawanan keamanan akibat teror tersebut bisa diperpanjang dari pemberlakuan selama 2 minggu.

“Ya. Tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang apabila masih diperlukan,” aku Kepala Humas (Kahumas) TPS, M. Solech, Rabu (16/5/2018).

Menurut Solech, ketegasan manajemen TPS untuk porsi keamanan dalam status Siaga I di Surabaya tersebut, didukung kesiapan Posko Pengamanan dan kekuatan personel keamanan. Dikatakan, penempatan Posko Keamanan dipasang di depan gedung yang dijaga 4 personel TNI AL secara bergantian. “Setiap shift ada 4 personel Angkatan Laut. Kami juga berkoordinasi dengan pihak Kepolisian,” tandas Solech.

Bukan hanya itu, kata Solech, TPS juga menyiapkan petugas Port Security (PS) yang telah standby di depan gate masuk pelabuhan. Proses pengamanan dilakukan mulai dari pemeriksaan kendaraan dengan metal detector dan membuka setiap bagasi kendaraan yang akan masuk.

“Saat masuk area parkir pun, petugas kembali melakukan pengecekan pada setiap kendaraan. Selanjutnya, pemeriksaan juga dilakukan di seluruh gate, mulai gate impor, ekspor maupun domestik,” ulasnya.

Dijelaskan, antisipasi terhadap kemungkinan munculnya risiko terburuk tersebut, dikarenakan TPS merupakan bagian dari obyek vital di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak. Untuk itu, pihaknya perlu melakukan penjagaan ketat guna memastikan kualitas keamanan di perusahaan penumpukan peti kemas tersebut.

“Semua yang kami lakukan ini tetap sesuai aturan keselamatan dan keamanan yang berlaku, baik pengecekan terhadap orang maupun barang," tuturnya.

Meski demikian, Solech tetap meyakini, aktivitas di TPS masih berjalan seperti biasanya dan normal. Artinya, kondisi teror dengan ledakan bom bunuh diri tersebut tidak memengaruhi pada pelayanan dan aktivitas di TPS.

"Tapi, dari semua yang kami lakukan ini, tetap berharap Surabaya bisa kembali aman, bebas dari teroris, dan kepolisian beserta pemerintah segera membasmi tuntas para teroris ini,” katanya. (ms/sa)

Pamekasan, Expostnews.com - Cepat atau lambat, komoditas pertanian tembakau yang diusahakan petani, satu di antaranya di Indonesia, kian terancam keberadaannya. Potensi ancaman melalu