Breaking News
Time: 2:39

Menginap Semalam, MS Rotterdam Dahului 3 Kapal Pesiar Lainnya

Monday, 29 February 2016 21:57
Kapal pesiar MS Rotterdam saat singgah di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (29/2/2016) Kapal pesiar MS Rotterdam saat singgah di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (29/2/2016)

Surabaya, Expostnews.com – Empat kapal pesiar asing dijadwalkan singgah di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tahun 2016 ini. Keempat kapal asing berukuran besar tersebut melengkapi sandarnya MS Rotterdam yang lebih dulu sandar dengan membawa 1.400 turis asing dengan 600 krunya.

“Informasi yang kami peroleh seperti itu. Tapi, bisa jadi akan bertambah dari 4 kapal yang sudah terjadwal sandar di Tanjung Perak tahun ini,” jelas Oscar Yogi Yustiano, Kepala Humas Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak disela penyambutan kapal pesiar pertama yang singgah di Pelabuhan Tanjung Perak di tahun 2016 ini, Senin (29/2/2016).

Menurut Yogi, sapaannya, kapal pesiar mewah berbendera Belanda yang singgah di akhir Februari 2016 ini tidak langsung meninggalkan Tanjung Perak sejak kedatangannya, Senin (29/2/2016) pagi. Namun, kapal yang memiliki panjang 237 meter dengan draught (draft) sedalam 7,8 meter itu berencana lebih lama menikmati destinasi wisata Surabaya dan beberapa lokasi di Jawa Timur.

“Hanya semalam di Tanjung Perak, kemudian lanjut lagi besoknya ke Singapura. Di Jawa Timur, para wisatawan MS Rotterdam mengunjungi lokasi wisata di Surabaya, Trowulan Mojokerto dan Gunung Bromo di Probolinggo,” katanya.

Dijelaskan, MS Rotterdam sebenarnya sudah pernah singgah di Tanjung Perak untuk kali pertama pada, 28 Februari 2015. Kala itu, MS Rotterdam membawa 1.179 wisatawan dengan 580 kru kapal. “Ya. Bedanya, kalau tahun lalu hanya singgah beberapa jam saja di Pelabuhan Tanjung Perak. Berlabuh pagi, sorenya langsung melanjutkan perjalanan ke Singapura,” tambah Kepala Humas PT Pelindo III, Edi Priyanto.

Edi berharap, kedepan akan semakin banyak lagi kapal pesiar internasional yang datang dan menginap di Pelabuhan Tanjung Perak. Edi mencatat, sepanjang dua tahun terakhir sejak 2014, di Tanjung Perak sudah disinggahi 15 kapal pesiar internasional. “Dengan rincian, tahun 2014 ada 11 kapal pesiar dan tahun 2015 sebanyak 4 kapal pesiar asing singgah di Tanjung Perak,” urianya.

Dari kapal-kapal pesiar yang sandar tersebut, rata-rata tidak berlangsung lama berlabuh di Tanjung Perak. Kapal-kapal besar tersebut hanya singgah beberapa jam, dan kemudian melanjutkan lagi pelesirnya ke negara lain.

“Tapi ini adalah kapal pesiar internasional pertama yang berkunjung di Pelabuhan Tanjung Perak tahun 2016, sekaligus kapal pesiar pertama sepanjang sejarah yang menginap di Pelabuhan Tanjung Perak,” tutur Edi. (esp1)

Rate this item
(10 votes)
Read 535 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS