Breaking News
Time: 7:19

Potensi Wisata 21 Mercusuar di Jatim Terabaikan

Sunday, 13 March 2016 10:19
Mercusuar Sembilangan milik Disnav Kelas I Surabaya di Desa Sembilangan, Kecamatan Socah, Bangkalan Madura Mercusuar Sembilangan milik Disnav Kelas I Surabaya di Desa Sembilangan, Kecamatan Socah, Bangkalan Madura

Surabaya, Expostnews.com - Potensi wisata menara suar atau mercusuar yang tersebar di wilayah Jawa Timur hingga kini belum terkelola maksimal. Padahal, di Jawa Timur, ada 21 menara suar yang bisa dijadikan alternatif destinasi wisata unggulan.

"Dari 21 menara suar dibawah naungan kami itu, 3 diantaranya tergolong paling banyak dan kerap dikunjungi wisatawan," aku Kepala Seksi (Kasi) Pengadaan Distrik Navigasi (Disnav) Kelas I Surabaya di Tanjung Perak, Azhar Karim, Minggu (13/3/2016).

Dikatakan, dari 3 mercusuar tersebut, dua diantaranya ada di wilayah Kabupaten Banyuwangi, yaitu menara suar Nusa Barong dan mercusuar Bansring. Satunya lagi yang tak kalah ramai dikunjungi wisatawan adalah menara suar peninggalan Belanda di Desa Sembilangan, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan Madura.

"Masing-masing dari 21 menara suar, termasuk tiga yang kami sebut tadi, masih berfungsi sebagai rambu/penanda dalam hal keselamatan pelayaran," cetus Azhar.

Hanya saja, kata Azhar, potensi wisata dari keberadaan menara suar tersebut belum tergarap serius dalam pengelolaannya. Namun diingatkan, selama ini Disnav Kelas I Surabaya memang tidak memfungsikan kegunaannya untuk wisata, selain sebagai rambu/penanda dalam membantu keselamatan pelayaran.

“Memang ada beberapa pihak, khususnya pemerintah daerah setempat yang mengajukan pengelolaan mercusuar sebagai tempat wisata. Silakan saja bila ada pemerintah daerah yang berminat mengelola sebagai tempat wisata. Untuk retribusinya, diatur lewat Perda,” jelas Azhar dikonfirmasi.

Menurutnya, izin pengelolaan akan diberikan apabila pemerintah setempat mengajukan permintaan secara resmi untuk menjadikan menara suar sebagai objek wisata. Ia menyebut, Pemkab Bangkalan sempat mengajukan izin pengelolaan menara suar Sembilangan sebagai tempat wisata. “Tapi, entah kenapa sampai sekarang masih belum ada kejelasan terkait pengajuan itu. Mungkin masih digodok dengan DPRD Bangkalan,” tuturnya.

Begitu juga dengan menara suar yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Pemkab Banyuwangi, sedang mengupayakan pengajuan dua mercusuar Nusa Barong dan Bansring untuk objek wisata daerahnya.

“Untuk Nusa Barong (mercusuar, red) pengajuan izinnya masih terbentur lokasi yang berada di kawasan Balai Taman Nasional Alaspurwo. Karena, Pemkab Banyuwangi harus mendapat restu dari Kementerian Lingkungan Hidup yang menaungi Balai Taman Nasional Alaspurwo. Tapi, yang Bansring hingga kini masih dalam proses pengajuan,” ingat Azhar. (esp1/sar/if)

Rate this item
(3 votes)
Read 1053 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS