Breaking News
Time: 9:00

Mendung Tebal, Lepas Kapal 3 Kali Lapangan Bola dari Tanjung Perak

Tuesday, 12 December 2017 23:40
Genting Dream saat lepas tali di dermaga Jamrud Utara Tanjung Perak Surabaya untuk melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Celukan Bawang, Buleleng, Bali, Senin (12/12/2017) Genting Dream saat lepas tali di dermaga Jamrud Utara Tanjung Perak Surabaya untuk melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Celukan Bawang, Buleleng, Bali, Senin (12/12/2017)

Genting Dream Kembali Singgah 26 Desember 2017

Surabaya, Expostnews.com – Mendung senja yang bergelayut tebal di langit Tanjung Perak, seakan turut melepas kapal paling besar yang pernah masuk ke perairan Indonesia dan sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (12/12/2017). Kapal dengan panjang 3 kali lapangan sepak bola tersebut, sekitar pukul 17.15 Wib, lepas tali dari dermaga Jamrud Utara Tanjung Perak Surabaya untuk menuju Singapura.

“Tapi, sebelum kembali ke Singapura, kapal dengan nama Genting Dream ini singgah dulu ke Pelabuhan Celukan Bawang, Bali setelah tadi pagi sandar di Tanjung Perak,” jelas Daddy Sumartono, Kepala Humas Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak, Senin (12/12/2017).

Secara kasat mata, kapal berbendera Singapura itu, ukuran panjangnya melebihi panjang gedung Gapura Surya Nusantara (GSN) yang berada di kawasan dermaga Jamrud Utara Tanjung Perak Surabaya. Disebutkan, kapal yang dilaunching Agustus 2016 ini memiliki panjang 335,33 meter dengan lebar 39,7 meter dan mengangkut sedikitnya 3.400 wisatawan beserta 2.000 kru kapal. “Panjang kapal ini, melebihi panjang gedung GSN yang hanya berkisar 112 meter,” ulas Daddy.

Mengingat besarnya kapal dengan banyaknya wisatawan yang diangkut Genting Dream, memaksa Pelindo III Cabang Tanjung Perak besama stakeholder pelabuhan melakukan persiapan matang untuk menyambut kapal berbobot 151.300 Gross Tonnage (GT) tersebut. Tampak berbagai pihak, mulai dari Kementerian Pariwisata, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan Kepolisian, turut menyambut kapal yang dijadwalkan, 26 Desember 2017 kembali mengunjungi Tanjung Perak.

“Sejak jauh hari, Pelindo III telah menyiapkan fasilitas yang memadai untuk kedatangan kapal ini. Dermaga sudah dipastikan dalam kondisi bagus, Garbarata di bagian barat pun demikian, kami pastikan prima untuk digunakan naik dan turunnya penumpang. Termasuk fasilitas lain di dalam terminal, seperti toilet, smooking room dan jaringan nirkabel,” papar Daddy.

Bukan hanya fasilitas dan keamanan yang dijamin, Pelindo III juga ingin memastikan para wisatawan memiliki kesan tersendiri saat mengunjungi Indonesia, khususnya di kota Pahlawan ini. Khusus untuk dermaga, Pelindo III bersama Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak dan Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak telah mengondisikan agar kapal dapat sandar leluasa dan aman.

“Beberapa pertunjukan telah disediakan bagi para penumpang kapal. Pelindo III juga menyiagakan Port Security untuk membantu mengamankan, baik di area dermaga, di dalam terminal hingga membantu dalam pengaturan sirkulasi kendaraan yang keluar masuk terminal penumpang,” jelasnya.

Sebelumnya, penyambutan Genting Dream mulai dilakukan saat kapal memasuki wilayah perairan Tanjung Perak. Dua buah kapal Pandu yang sudah memandu dari Karang jamuang telah disiapkan untuk melakukan selebrasi dengan menyemprotkan air ke udara (Water Salute) begitu kapal memasuki kawasan Tanjung Perak. Selanjutnya, usai penyambutan di perairan, kapal Genting Dream disambut tari Reog Ponorogo saat sandar di dermaga.

“Genting Dream ini memulai perjalanan dari Singapura pada tanggal, 10 Desember 2017 dan tiba di Surabaya, tanggal 12 Desember 2017 sekitar pukul 08.00 Wib,” pungkasnya. (sa/ms/hum)

Rate this item
(1 Vote)
Read 109 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS