Breaking News
Time: 4:58

Pomal-Intelijen Lantamal V Ciduk Oknum TNI AL Terduga Ranmor Jombang

Monday, 29 January 2018 21:59
Oknum Koptu AB saat diperiksa usai ditangkap Pomal Lantamal V dan Intelijen Lantamal V atas perbuatannya dalam pencurian sepeda motor, Senin (29/1/2018) Oknum Koptu AB saat diperiksa usai ditangkap Pomal Lantamal V dan Intelijen Lantamal V atas perbuatannya dalam pencurian sepeda motor, Senin (29/1/2018)

Surabaya, Expostnews.com – Pelaku pencurian sepeda motor (ranmor) di area parkir Masjid Ar Ridlo Kauman, Mojoagung, Jombang telah diringkus. Tertangkapnya terduga ranmor tersebut setelah jajaran Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) dan Intelijen Pangkalan Utama TNI AL V bersinergi mengungkap aksi pelaku yang diketahui oknum TNI AL berinisial AB dengan pangkat Kopral Satu (Koptu).

“Begitu mengetahui bahwa pelaku yang diduga pencuri sepeda motor adalah oknum TNI AL, secepatnya kami berkomunikasi dengan Asisten Intelijen Lantamal V,  Kolonel Laut (E) Harlius Bachtiar, S.Ap untuk menggerakkan personel dijajarannya,” kata Komandan Polisi Angkatan Laut (Danpomal) Lantamal V,  Kolonel Laut (PM) Khoirul Fuad,  S. H, di Mako Pomal Lantamal V Jl Hang Tuah No. 1, Surabaya, Senin (29/1/2018).

Menurut Danpomal, penelusuran hingga mengarah kepada tersangka tidak memerlukan waktu lama. Proses singkat dari sinergitas Pomal dan Intelijen Lantamal V ini mampu mengenali pelaku yang tengah beraksi melakukan pencurian di area parkir Masjid Ar Ridlo Kauman, Mojoagung, Jombang. “Hasilnya, kasus ini mudah kami ungkap,” tutur Danpomal Lantamal V yang akrab disapa Fuad ini.

Usai koordinasi, sekitar pukul 13.00 Wib,  Danpomal Lantamal V memerintahkan Kadislidpam meluncurkan tim sebanyak tiga personil Lidkrim Pomal Lantamal V, masing-masing Pelda Kurnia, Serma Mariyono dan Serma Hendro untuk Puldata ke lokasi/tempat kejadian perkara (TKP) masjid Ar Ridlo Kauman Mojoagung Jombang. Sesampai di lokasi sekitar pukul 14.00 Wib, mereka melaksanakan Puldata di Masjid Ar Ridlo dan menemui Takmir Masjid sekaligus mempelajari data rekaman CCTV yang ada. “Setelah mendapatkan data yang ada dengan bekerjasama Disgakkum Pomal Lantamal V, diperoleh bahwa orang yang ada dalam CCTV itu diduga kuat Koptu AB yang berdinas di Surabaya,” jelas Fuad.

Tidak berhenti sampai disitu saja. Penyelidikan tim berlanjut pukul 16.00 Wib dengan melaksanakan Puldata dan Matbar ke rumah terduga pelaku pencurian di Desa Mengantu Mojoagung, Jombang, Jatim. Tim kemudian mendatangi rumah orangtua Koptu AB yang lokasinya tidak jauh dari rumah Koptu AB. “Kami melakukan pendekatan dengan keluarga untuk dapat memancing terduga yang saat itu tidak berada di rumah, agar bisa ditangkap ataupun menyerahkan diri,” papar Fuad.

Menurutnya, pihak keluarga  sangat kooperatif dan menyanggupi untuk menghadirkan terduga dan merencanakan untuk bertemu di Surabaya. Kemudian, sekitar pukul 19.00 Wib,  Tim Lidkrim dan pihak keluarga meluncur ke Surabaya dengan kendaraan Avanza dan Brio merah.

“Sekitar pukul 21.00 tim Lidkrim dan pihak keluarga menunggu di sekitaran jembatan Pogot Surabaya. Pada saat terduga Koptu AB datang, tim langsung menangkap Koptu AB untuk selanjutnya diamankan ke Kantor Pomal Lantamal V untuk pengembangan penyelidikan,” jelasnya.

Dengan tertangkapnya oknum pencuri dari TNI AL tersebut, Fuad menyatakan, tetap serius untuk membersihkan diri dari kenakalan oknum yang kerap merusak citra TNI/TNI AL. Pomal Lantamal V, lanjut Fuad, akan membuktikan setiap aksi oknum nakal yang menyalahi wujud jati dirinya sebagai prajurit rakyat, prajurit pejuang, prajurit nasional dan prajurit profesional.

“Tentu saja, prajurit harus tetap memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI dan Trisila TNI AL. Jadi jangan macam-macam. Kami serius dan terus bekerja keras guna mencapai Zero Crime. Pomal dan Intelijen Lantamal V akan sikat habis kejahatan dan pelanggaran yang diduga melibatkan oknum TNI AL,” tegas Fuad. (pen/ms/sa)

Rate this item
(1 Vote)
Read 104 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS