Breaking News
Time: 11:01

4 Penyaru Pejabat Diciduk, Satu Lagi Diburu

Monday, 07 May 2018 20:39

Surabaya, Expostnews.com – Seorang dari 5 penipu yang kerap menyaru dengan mengatasnamakan pejabat dalam setiap aksinya, kini diburu anggota Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor (Satreskrim Polres) Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“Empat pelaku lainnya, sudah kami tangkap. Satu masih buron,” jelas Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Antonius Agus Rahmanto dalam rilis penangkapan komplotan penipu di Mako Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (7/5/2018).

Dari keempat yang diamankan di dua tempat tersebut, kata Agus, sapaan orang nomor satu di kepolisian Pelabuhan Tanjung Perak ini, antara lain berinisial HA (36), MU (35) ditangkap di Bali, dan dua lainnya adalah bapak dan anak, berinisial AI (43) dan CA (22) diciduk di Jakarta.

“Yang sedang dalam pengejaran inisialnya R. Semuanya berasal dari Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan, dan melakukan aksinya sejak 2008,” kata AKBP Agus.

Modus penipuannya, sindikat ini selalu mengatasnamakan pejabat dan berdalih meminta sumbangan untuk menggelar suatu kegiatan. Bahkan, Agus sempat mengungkap, nama dan jabatannya pernah dicatut pelaku saat serah terima jabatan pada bulan lalu. “Waktu itu komplotan ini berhasil menipu senilai Rp 150 juta dengan mengatasnamakan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak,” jelasnya.

Dengan kasus tersebut, Agus meyakini, korban komplotan penipu ini tidak hanya satu orang, melainkan lebih dari seorang. Untuk itu, Agus berharap, para korban yang pernah tertipu komplotan tersebut segera melapor. “Agar kami mudah memproses hukum para pelaku,” ingatnya.

Agus mangatakan, jaringan penipu itu setiap menjalankan aksin memetakan terlebih dahulu korban yang akan disasar. Para pelaku ini selalu menipu dengan menggunakan sarana telepon. “Caranya, meminta sumbangan lewat transfer rekening bank. Kelompok penipu ini juga sering mengatasnamakan Wali Kota di berbagai daerah,” urainya. (sa/ms/zn)

Rate this item
(0 votes)
Read 21 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS