Breaking News
Time: 6:59

Survei Air Balas Diberlakukan, Pemilik Kapal Wajib Punya Ini

Saturday, 09 September 2017 00:02
Petugas BKI sedang survei air balas kapal Petugas BKI sedang survei air balas kapal

Jakarta, Expostnews.com – PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)/BKI sebagai satu-satunya klasifikasi milik bangsa mulai menyurvei dan menyertifikasi manajemen air balas kapal, Jumat (8/9/2017). Pemberlakuan survei dan sertifikasi air balas kapal yang dikeluarkan International Maritime Organization (IMO) dalam Ballast Water Management Convention (BWMC) dan telah diratifikasi Pemerintah Indonesia ini mewajibkan pemilik kapal mempunyai dua panduan.

“Terkait berlakunya konvensi BWM ini, pemilik kapal wajib memperhatikan kepemilikan buku panduan tentang manajemen air balas,” ungkap Surveyor Divisi Statutoria BKI, Aditya Trisandhya Pramana, Jumat (8/9/2017).

Aditya mengatakan, kewajiban yang disyaratkan kepada pemilik kapal tersebut bukan hanya buku panduan manajemen air balas (BWM Plan), melainkan juga harus memiliki buku catatan air balas (BWM Record Book). “Nah, dari sini akan terlihat jelas, bagaimana prosedur serta pencatatan terhadap pertukaran air balas yang harus dilakukan kapal sebagai bagian dari pemeriksaan PSC Officer,” ulas Aditya.

Dijelaskan, BWM Plan & BWM Record Book adalah salah satu kunci utama pemenuhan konvensi BWM, yang mirip dengan konvensi aturan IMO lainnya. Aditya mengingatkan, agar memastikan awak kapal sudah memahami dan familiar terhadap dua kewajiban yang disyaratkan tersebut.

“Kalau kru sudah paham, maka proses survei sertifikasi dan sisi implementasi operasional akan lebih mudah,” tutur Aditya.

Ia menambahkan, familiarisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan persiapan awak kapal dalam menghadapi pemeriksaan kapal yang dilakukan PSC officer terkait ketentuan BWM. Dikatakan, dalam menghadapi pemberlakuan Konvensi BWM secara Internasional pada, 8 September 2017 ini, BKI juga dapat memberikan asistensi pembuatan BWM Plan, pemasangan alat filter air balas serta survei sertifikasi/Statement of Compliance International Ballast Water Management.

“Tentu saja berdasarkan otorisasi yang telah dilimpahkan ke BKI. Selain itu, untuk biaya survei/dan sertifikasi BWM, pemilik kapal bisa langsung menanyakan ke BKI melalui Divisi Hubungan Pelanggan atau kantor cabang BKI terdekat,” sarannya.

Sekadar tahu, BKI melalui ketetapan aturan IMO dalam Ballast Water Management Convention (BWMC) yang telah diratifikasi Pemerintah Indonesia mulai survei dan sertifikasi untuk manajemen air balas kapal. Survei ini guna menjaga keseimbangan ekosistem laut akibat perpindahan spesies/biota laut akibat pembuangan air balas yang dibawa kapal dari satu tempat ke tempat lainnya. Dalam hal ini, pembuangan air balas ke laut bisa menyebabkan munculnya biota laut asing yang berbahaya bagi lingkungan.

“Dampaknya juga pada ketidakseimbangan ekosistem laut dan berpengaruh buruk pada perkembangan biota laut,” ingat Direktur Utama (Dirut) BKI, Rudiyanto. (sa/ms/bki)

Rate this item
(1 Vote)
Read 128 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS