Breaking News
Time: 5:27

PLN Jatim Gerojok Unesa dan Unair Dana CSR

Thursday, 23 November 2017 10:24
Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jatim, Pinto Raharjo Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jatim, Pinto Raharjo

Surabaya, Expostnews.com – Asas kemanfaatan kembali digelontorkan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)/PLN Distribusi Jatim dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) ke perguruan tinggi (PT). Penyaluran dana dalam cakupan kegiatan sosial tersebut, PLN Distribusi Jatim melakukan kerja sama dengan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya.

“Sebenarnya, CSR yang kami salurkan tersebar di berbagai daerah, termasuk juga ke perguruan tinggi swasta dan sejumlah sekolah. Tapi untuk kali ini penyalurannya ke Unesa dan Unair,” jelas Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jatim, Pinto Raharjo, Kamis (23/11/2017).

Menurut Pinto, untuk distribusi CSR ke Unesa, ada tiga poin yang dikerjasamakan. Pertama PLN memberikan bantuan finansial kepada Unesa tiap melakukan kegiatan sosial di tahun depan, dan kedua adalah tentang pendidikan dan pengajaran. “Lalu yang ketiga, terkait penelitian serta pengembangan,” ungkap Pinto.

Ia mengungkapkan, CSR yang digerojokkan PLN Distribusi Jatim, semua disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, CSR yang diberikan mampu memberikan manfaat secara menyeluruh dan meluas di masyarakat yang mendapat bantuan. “Termasuk juga yang terdistribusi di perguruan tinggi, seperti di Unesa, maupun di Unair,” cetusnya.

Sementara, model kerja sama yang dijalin PLN Distribusi Jatim dengan Unair untuk penyaluran CSR dalam bentuk kegiatan. Pinto menyebut, tiga kegiatan sosial yang telah dilakukan Unair, pertama bakti sosial di Madura, di Banyuwangi dan di Gunung Anyar Surabaya.

“Dalam setiap kegiatan, PLN memberikan bantuan sebesar Rp 100 juta. Intinya, kami mendukung setiap kegiatan sosial yang dilakukan Unair dan Unesa,” ungkapnya.

Pinto juga mengatakan, untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) kelistrikan, PLN Distribusi Jatim telah bekerjasama dengan Politeknik Elektro Negeri Surabaya (PENS) dan Polinema Malang. “Kerja sama ini untuk mendidik calon pegawai PLN setelah mereka lulus tes. Tahun ini, ada dua kelas dengan rata-rata 30 orang per kelas,” jelas Pinto.

Calon-calon pegawai tersebut, lanjut Pinto, diberikan pendidikan selama tiga tahun atau setara Diplomat/D3 dengan mata kuliah yang disesuaikan. PLN juga memberikan bantuan fasilitas peralatan praktikum di PENS, mulai dari jaringan, cubicle ataupun travo.

“Kerjasama dengan lembaga akademisi ini untuk memahamkan kepada masyarakat umum tentang keberadaan PLN dan proses bisnisnya,” ulasnya. (dz/sa)

Rate this item
(0 votes)
Read 29 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS