Breaking News
Time: 5:01

Bantuan Alat Listrik PLN Jatim ke Unesa Tidak Ternilai, GM Dwi: Artinya...

Wednesday, 31 January 2018 22:25
GM PLN Distribusi Jatim, Dwi Kusnanto saat menyerahkan simbolisasi bantuan pendiidkan berupa peralatan kelsitrikan kepada Rektor Unesa Prof. Dr. Warsono, MS di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Unesa, Rabu (31/1/2018) GM PLN Distribusi Jatim, Dwi Kusnanto saat menyerahkan simbolisasi bantuan pendiidkan berupa peralatan kelsitrikan kepada Rektor Unesa Prof. Dr. Warsono, MS di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Unesa, Rabu (31/1/2018)

Surabaya, Expostnews.com – Mahalnya peralatan kelistrikan yang diterima Universitas Negeri Surabaya (Unesa), bukan menjadi soal bagi PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)/PLN Distribusi Jawa Timur. Alasannya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola energi listrik di Jawa Timur ini lebih membidik target investasi yang nilainya jauh lebih besar ketimbang besaran kocek yang terkucur untuk membeli alat listrik tersebut.

"Nilai peralatan listrik itu memang tidak murah. Tapi, bukan itu tujuannya. Kami lebih mementingkan investasi yang jauh lebih besar ketimbang sekadar harga. Tidak murah artinya, tidak ternilai untuk meningkatkan value mahasiswa sebagai SDM siap pakai,” tutur General Manager (GM) PLN Distribusi Jatim, Dwi Kusnanto disela simbolisasi penyerahan peralatan kelistrikan untuk bantuan pendidikan antara PLN Distribusi Jawa Timur dengan Unesa yang diterima langsung Rektor Unesa, Prof. Dr. Warsono, MS, Rabu (31/1/2018).

Ia berharap, mahasiswa semakin akrab dengan peralatan listrik yang diserahkan untuk membantu pendidikan di Unesa. Sehingga, saat terjun ke dunia kerja, khususnya bidang kelistrikkan, mahasiswa sudah memiliki kompetensi yang bisa diandalkan.

“Harapan kami, mahasiswa Unesa mampu menjadi SDM siap pakai dengan kompetensi lebih dari yang lainnya,” ingat Dwi di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Unesa.

Sementara, Prof Warsono mengungkapkan, terima kasihnya atas bantuan peralatan kelistrikan yang diberikan PLN Distribusi Jatim untuk mahasiswa Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Elektro. Ia berharap, peralatan tersebut bisa dimanfaatkan dan membantu mahasiswa melakukan pekerjaan di bidang distribusi tenaga listrik. “Kesempatan ini tidak kami sia-siakan. Kami akan gunakan sebaik-baiknya,” katanya.

Menurut Warsono, bagi Unsesa, datangnya peralatan kelistrikan dari PLN Distribusi Jatim ini memiliki dua tujuan. Pertama, sebagai sarana penelitian para dosen untuk jurnal penelitian, dan kedua untuk proyek akhir mahasiswa Unesa dengan PLN Distribusi Jawa Timur. “Termasuk, untuk melengkapi dan memperkuat sarana praktikum mahasiswa Jurusan Teknik Elektro,” aku Warsono.

Lalu, apa saja peralatan yang diserahkan PLN Distribusi Jatim ke Unesa? Dari catatan yang ada, PLN Distribusi Jatim menyerahkan material berupa 3 buah tiang beton, 473 SUTM A3CS, 1 buah LBS manual, 1 set MV Cubicle GI (incoming,outgoing), 1 set MV Cubicle (incoming,metering,outgoing) 62 meter SKTM 20kv NA2XSEYBY 3x150, 8 meter SKUTM mvtic 3x150, 2 buah trafo 100 kva, dan 2 buah Phb TR 2 jurusan. Sedangkan lainnya adalah, 35 meter kabel TR Tic, 12 buah pin post isolator, 30 buah strain rod isolator, 9 buah arrester, 3 buah fuse cut out dan 1 buah rectifier 220vac to 48vdc yang sebelumnya diarak para mahasiswa Unesa Jurusan Teknik Elektro dari gudang material PLN di kawasan Surabaya Selatan.

Dari rangkaian penyerahan peralatan listrik tersebut, acara juga dilanjutkan dengan site visit ke truk material yang dipersiapkan untuk praktikum. Beberapa kegiatan praktikum mahasiswa Unesa antara lain Pemasangan Simulasi Konstruksi TM 4, TM 2, TM 5, TM 11, Pemasangan Simulasi PHBTR 2 Jurusan dan Penggantian Trafo.

"Penyerahan bantuan peralatan pendidikan itu merupakan tindaklanjut MoU antara PLN Distribusi Jatim dengan Unesa pada November 2017 lalu," tambah Pinto Raharjo, Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Timur. (ms/sa/hum)

Rate this item
(1 Vote)
Read 55 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS