Breaking News
Time: 5:01

Sibak Survei, Crown Group Pastikan Universitas di Australia Terbaik di Asia Pasifik

Wednesday, 07 February 2018 23:08
Logo Crown Group Logo Crown Group

Jakarta, Expostnews.com – Pengembang yang berbasis di Sydney dan pemenang penghargaan, serta fokus pada pengembangan campuran dan hotel, Crown Group membagikan informasi terbaru tentang Daftar Universitas Asia Pasifik Terbaik tahun 2017. Berdasarkan, Times Higher Education, Crown Group menggambarkan kekuatan pertumbuhan di sektor pendidikan tinggi di Asia-Pasifik masih dipegang Australia.

Buktinya, Times Higher Education yang kali pertama muncul pada bulan November 2004 dan dikenal menerbitkan daftar tahunan Times Higher Education World Universities Rankings mengungkapkan, Peringkat Universitas Asia-Pasifik tahun 2017 tersebut tertera di daftar Top 10, Australia yang diwakili oleh 3 universitas terkemuka. Times Higher Education (THE), sebelumnya The Times Higher Education Supplement (THES), adalah majalah mingguan yang berbasis di London.

“Majalah ini secara khusus melaporkan berita dan isu-isu yang berkaitan dengan pendidikan tinggi. Ini adalah publikasi terkemuka Inggris Raya di bidangnya,” kata Simon Marginson, direktur Pusat Pendidikan Tinggi Global di UCL Institute of Education, Rabu (7/2/2018).

Dalam peringkat tersebut, masing-masing tercetak, University of Melbourne di peringkat 3, Australian National University ada di rangking 8 serta University of Queensland di nomor peringkat 10. Sedangkan, kata Simon, Jepang adalah negara yang paling banyak memiliki perwakilan dengan 69 universitas, dan Tiongkok berada di posisi kedua dengan 52 universitas. “Negara lain yang memiliki kehadiran kuat di peringkat tersebut adalah Australia (35 universitas), Taiwan (26), Korea Selatan (25) dan Thailand (9),” ujar Simon.

Menurutnya, pemeringkatan tersebut merupakan hasil dari menganalisa universitas di 38 negara di kawasan Asia Timur, Asia Tenggara dan Oceania. Keseluruhan peringkat menampilkan lebih dari 200 universitas dari 13 negara yang berbeda. “Selanjutnya untuk daftar Top 20, Australia memiliki 8 perwakilan universitas, yaitu University of Sydney (11), Monash University (12), University of New South Wales (16), University of Western Australia (19) dan University of Adelaide (20), dimana University of Sydney dan University of New South Wales berada di Sydney,” urai Simon.

Ia menunjukkan bahwa wilayah ini sudah lebih besar dari Eropa dan Inggris dalam hal jumlah siswa dan pengeluaran biaya penelitian. Suatu hari nanti akan sama pentingnya dengan AS dan Kanada, karena wilayah Asia Pasifik adalah yang paling dinamis di dunia pendidikan tinggi.

“Sementara Peringkat Tahunan Universitas Versi THE dan Peringkat Universitas Asia memberi kita wawasan yang jelas untuk wilayah ini, kami percaya bahwa inilah saatnya untuk fokus lebih tajam pada bagian dunia yang unik dan menarik ini,” tutur Simon.

Sementara itu, Ian Jacobs, presiden dan wakil rektor University of New South Wales yang berbasis di Sydney, mengatakan, lempeng tektonik pendidikan tinggi global sedang bergeser. Tampaknya, lanjut Jacobs, kawasan Asia Timur dan Tenggara, dikombinasikan dengan kekuatan tradisional Australia dan Selandia Baru, telah siap menerima keuntungan utama ini.

“Seperti yang diutarakan dalam laman Indonesia.embassy.gov.au, Australia telah menjadi pilihan tujuan belajar utama bagi warga Indonesia pada sepuluh tahun terakhir, dengan perbandingan satu dari empat mahasiswa yang belajar di universitas luar negeri, memilih Australia,” paparnya.

Terpisah, Crown Group Indonesia Head of Sales, Elis Sumarto mengungkapkan, data baru ini adalah pernyataan sangat kuat yang menyebut Australia bukan hanya Save Heaven untuk investasi properti, melainkan juga pusat pendidikan di Wilayah Asia. Elis menjelaskan, Australia telah menjadi tujuan institusi pendidikan utama selama beberapa dekade terakhir di kawasan ini.

“Dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan yang sama, Australia mungkin memiliki keuntungan yang tidak dimiliki negara lainnya, yaitu sebagai tujuan investasi property dan pusat pendidikan,” jelasnya. (ms/sa/bag)

Rate this item
(1 Vote)
Read 31 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS