Breaking News
Time: 5:00

Tugas 24 Jam, 16 Pandu TPS Tak Putus Jaga

Sunday, 04 February 2018 23:48
Peresmian petugas Pandu Siaga TPS, Kamis (1/2/2018) Peresmian petugas Pandu Siaga TPS, Kamis (1/2/2018)

Dimaksimal Hingga 12.00 Wib

Surabaya, Expostnews.com – Dua grup pemanduan telah disiapkan PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) selama 24 jam penuh. Penyiapan layanan Pandu Siaga tanpa putus tersebut untuk mempercepat serta memudahkan pergerakan kapal dari dan ke dermaga TPS.

“Dengan begitu pergerakan kedatangan serta keberangkatan kapal tidak terlalu terlambat dari target” ujar M. Solech Ass. Manajer Public Relations, Minggu (4/2/2018).

Menurutnya, dua grup jaga yang disiapkan untuk 16 petugas Pandu Siaga tersebut terhitung mulai pukul 08.00 hingga kembali lagi pada jam yang sama di hari berikutnya. Namun, pada saat pergantian jaga, ternyata pelayanan pemanduan masih berlangsung, petugas Pandu yang bertugas kala itu tetap meneruskan pelayanannya sampai selesai.

“Kami beri maksimal jam jaga sampai pukul 12.00 Wib hari berikutnya, bagi petugas jaga yang seharusnya selesai jam tugasnya tapi masih bertugas memandu. Sedangkan, grupnya, kami bagi ada grup A dan grup B,” kata Solech.

Sebelumnya, tepat awal Februari 2018 lalu, 16 petugas Pandu Siaga resmi dibentuk dan ditetapkan bersama pembagian grup dan waktu berjaga saat memandu kapal yang masuk dan keluar dermaga TPS. Peresmian yang disertai pemotongan tumpeng secara simbolis tersebut berlangsung sederhana.

“Kami selalu meningkatkan komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa, utamanya dalam hal pelayanan pemanduan dan penundaan kapal yang masuk ke dermaga PT TPS,” sambung Kartiko Adi, Direktur Teknik PT TPS didampingi Rodrigo Sanchez selaku Direktur Operasional PT TPS disela meresmikan  gedung administrasi PT TPS lantai satu, Kamis (1/2/2018).

Adi mengatakan, petugas pandu memiliki peran penting dalam pemberian informasi kepada nakhoda tentang keadaan perairan setempat. Dengan adanya petugas Pandu ini navigasi pelayaran dapat dilaksanakan dengan selamat, tertib, dan lancar sehingga keselamatan pelayaran dapat terwujud. “Saya minta, peraturan-peraturan di dermaga dipatuhi,” tutupnya. (ms/sa/sol)

Rate this item
(1 Vote)
Read 66 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS