Breaking News
Time: 4:19

Dirpoltekpel Surabaya: KL Bung Tomo Bakal Cetak Kualitas Pelaut Tangguh dan Andal

Friday, 09 February 2018 20:36
Upacara penyambutan kedatangan Kapal Latih (KL) Bung Tomo milik Poltekpel Surabaya di dermaga Jamrud Utara Tanjung Perak Surabaya, Jumat (9/2/2018) Upacara penyambutan kedatangan Kapal Latih (KL) Bung Tomo milik Poltekpel Surabaya di dermaga Jamrud Utara Tanjung Perak Surabaya, Jumat (9/2/2018)

Surabaya, Expostnews.com – Kapal Latih (KL) Bung Tomo akhirnya sandar di Tanjung Perak Surabaya setelah dua hari berlayar dari Pontianak, Kalimantan Timur (Kaltim) . Kapal latih Special Purpose 1200 GT yang dilepas dari galangan PT Steadfast Marine, Pontianak tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas lulusan peserta pendidikan dan latihan (Diklat) Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya.

“Sehingga, tercipta pelaut yang tangguh dan andal yang siap bersaing dengan pelaut-pelaut asing,” harap Direktur Politeknik Pelayaran (Dirpoltekpel) Surabaya, Capt. Heru Susanto, MM usai upacara penyambutan bersama 118 taruna Poltekpel Surabaya di dermaga Jamrud Utara, Jumat (9/2/2018).

Mulai sekarang, ingat Capt. Heru, KL Bung Tomo yang merupakan program Multi Years Contract Tahun 2015 hingga 2017 keempat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) ini akan mengukir sejarah baru di masa depan. Untuk itu, Heru meyakini, KL Bung Tomo dapat berkontribusi secara optimal untuk mencetak generasi muda yang berjiwa bahari dan berkarakter kuat serta tangguh.

“Karena kapal ini (KL Bung Tomo, red) akan melahirkan pelaut-pelaut terbaik bangsa yang mampu mengembangkan kemaritiman di masa depan. Jadi, jaga dan rawat sebaik mungkin, sebagai bentuk tanggung jawab kepada bangsa dan negara,” pesan Heru kepada nakhoda dan seluruh awak kapal.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya, Amiruddin meminta, para awak kapal bisa memahami pengoperasian kapal secara tepat dan benar. Dengan begitu, kelak bisa menjamin rasa aman dan nyaman bagi seluruh kapal yang berlayar di perairan Indonesia.

“Baik kapal Indonesia, maupun kapal berbendara asing. Jadi, laksanakan tugas kalian di laut dengan sebaik-baiknya, supaya nantinya menjadi pelaut-pelaut tangguh yang mengharumkan Bangsa Indonesia,” pesan Amiruddin yang akrab disapa Amir ini dalam sambutannya di upacara penyambutan tersebut.

Sementara, Capt. Tri Mulyatno selaku nakhoda kapal latih jenis Special Purpose 1200 GT yang diawaki 20 anak buah kapal (ABK) ini mengungkapkan, KL Bung Tomo berangkat dari Pontianak pada, Selasa (6/2/2018) sekitar pukul 14.36. Dengan kecepatan rata-rata 11.7 Knot, KL Bung Tomo menempuh perjalanan dua hari berlayar dari Pontianak dan tiba di Surabaya Pilot Station sekitar pukul 20.40 Wib, Kamis (8/2/2018).

“Selain diawaki 20 orang ABK, KL Bung Tomo juga mengangkut 10 instruktur, 100 taruna dan 100 penumpang,” jelas Capt. Tri. (sa/ms/hum)

Rate this item
(2 votes)
Read 75 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS