Breaking News
Time: 6:40

LAZIS PJB Pelopori ATM Beras Hingga Santuni Anak Yatim dan Bangun Gedung Pendidikan

Thursday, 07 June 2018 23:03
Direktur Utama (Dirut) PJB, Iwan Agung Firstatara(kaca mata) usai penyerahan santunan kepada anak yatim dan warga kurang mampu yang dikemas dalam acara buka puasa bersama (bukber) di halaman kantor PT PJB, Jalan Ketintang Baru Surabaya, Kamis (7/7/2018) Direktur Utama (Dirut) PJB, Iwan Agung Firstatara(kaca mata) usai penyerahan santunan kepada anak yatim dan warga kurang mampu yang dikemas dalam acara buka puasa bersama (bukber) di halaman kantor PT PJB, Jalan Ketintang Baru Surabaya, Kamis (7/7/2018)

Surabaya, Expostnews.com - Selama bergulirnya bulan suci Ramadan tahun 2018 ini, beragam aksi amal dilaksanakan karyawan PT Pembangkitan Jawa- Bali (PJB). Rata-rata, 300 paket sembako dibagikan kepada masyarakat sekitar di seluruh unit PJB yang tersebar di Indonesia, termasuk pemberian santunan untuk anak yatim.

“Ini tak lepas dari keberadaan Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shodaqoh (LAZIS) PJB yang ternyata banyak memberikan manfaat besar, bukan hanya bagi karyawan, melainkan juga manfaat untuk masyarakat,” jelas Direktur Utama (Dirut) PJB, Iwan Agung Firstatara usai penyerahan santunan kepada anak yatim dan warga kurang mampu yang dikemas dalam acara buka puasa bersama (bukber) di halaman kantor PT PJB, Jalan Ketintang Baru Surabaya, Kamis (7/7/2018).

Bahkan, menjelang Ramadan, LAZIS PJB juga mempelopori pemanfaatan teknologi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Beras. Dengan ATM beras ini, masyarakat penerima bantuan beras tak perlu lagi harus antre berdesakan yang memakan waktu dan tenaga. "Mereka cukup datang ke ATM Beras sesuai jadwal gilirannya dan mendapatkan jatah yang tepat,” papar orang nomor satu PJB ini.

Melalui metode teknologi tersebut, lanjut Iwan, sangat praktis dan efisien serta memudahkan masyarakat tak mampu yang membutuhkan beras. Dijelaskan, tahap awal LAZIS PJB yang resmi diluncirkan, Rabu (18/4/2018) lalu itu menyediakan 10 ATM beras yang tersebar di Gresik, Bekasi, Jakarta, Probolinggo, Lamongan, Malang, Bojonegoro, dan Kediri.

“Kami berharap ATM Beras dapat berfungsi untuk mengalirkan kebaikan bagi masyarakat sekitar. Selama beras mengalir melalui ATM Beras, Insya Allah mengalir pula keberkahan perusahaan. Semua ini, karena spirit beribadah yang menjadi salah satu pilar penopang budaya perusahaan, untuk menyukseskan program ini,” ingatnya.

Menurutnya, LAZIS PJB sengaja dibentuk untuk memberikan kemudahan bagi karyawan PJB dalam beribadah, terutama menyalurkan zakat, infak dan shodaqoh. Dana infaq dan shodaqoh tersebut dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan amal, mulai dari pemberian santuan kepada anak yatim, bantuan untuk masyarakat kurang mampu, korban bencana dan sebagainya. “Hingga membangun ruang kelas untuk menunjang pendidikan keagamaan,” ungkap Iwan Agung.

Dikatakan, LAZIS PJB telah membiayai pembangunan satu ruang gedung Graha Yatim Mandiri sebesar Rp 375 juta. Selain itu, LAZIS PJB juga memberikan 3.200 paket Lebaran senilai Rp 800 juta ke PT Mitra Yatim Mandir, pengelola Kampus Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo. Pengumpulan dana tersebut dilakukan dengan cara pemotongan penghasilan karyawan yang rata-rata tiap bulan terkumpul dana sekitar Rp 463 juta.

“Angka ini masih bisa bertambah dan meningkat seiring jumlah karyawan PJB. Dari 2.917 karyawan muslim PJB, kata Iwan, baru sebagian yang menyalurkan ZIS-nya melalui LAZIS PJB,” kata Iwan. (hum/sa)

Rate this item
(1 Vote)
Read 56 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS