Breaking News
Time: 6:54

Impian TNI/Polri Alih Status Sipil Tertutup

Friday, 18 August 2017 21:02
Ilustrasi Ilustrasi

Kembalikan Fungsi Peran

Jakarta, Expostnews.com – Aturan yang sebelumnya membuka impian aparat TNI/Polri berpindah status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)/Aparatur Sipil Negara (ASN), kini sirna sudah. Keleluasaan beralih status ke jabatan sipil bagi TNI/Polri itu, telah dibatasi dan ditutup rapat dengan terbitnya PP 11/2017 tentang Manajemen PNS yang merupakan turunan dari UU Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Sebelum keluarnya PP 11/2017, alih status tidak masalah. Tapi, setelah ada aturan itu (PP 11/2017, red) tidak boleh lagi (alih status, red),” tukas Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja, Jumat (18/8/2017).

Namun, Setiawan mengingatkan, tujuan diterbitkannya PP 11 Tahun 2017, salah satunya adalah untuk menata pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT) bagi aparat sipil. Sebelumnya, peluang PNS untuk naik jabatan dan menempati posisi JPT menjadi kecil. “Karena, diisi anggota TNI/Polri yang berpindah status,” tuturnya.

Ia menyebut, sebelum PP ini keluar, ada banyak anggota TNI/Polri yang alih status ke sipil. Dengan alih status itu, batas usia pensiunnya (BUP) bisa diperpanjang menjadi 60 tahun. “Itu yang kemudian menimbulkan kerugian bagi PNS. Pemerintah tak ingin hal itu kembali terjadi, sehingga menerbitkan PP 11 Tahun 2017,” ulasnya.

Terpisah, Sekretaris Deputi SDM Aba Subagja menambahkan, ketentuan dalam aturan tersebut untuk mempertegas fungsi serta peran TNI/Polri. Alasannya, fungsi utama TNI/Polri adalah untuk menjaga keamanan negara dan penegak hukum.

“Aturan di PP 11 Tahun 2017 memang mempersempit ruang gerak TNI/Polri untuk pindah ke sipil. Bila aturannya dilonggarkan, fungsi TNI/Polri hilang. Sekaligus, PP 11/2017 ini untuk mempertegas apa fungsi TNI/Polri dan ASN,” cetusnya. (sa/ms/det)

Rate this item
(1 Vote)
Read 118 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS