Breaking News
Time: 6:59

6 Ribu Personel TNI On Call Amankan Pilkada Jatim 2018

Friday, 05 January 2018 22:09
Kepala Staf Kodam (Kasdam) V/Brawijaya, Brigjen TNI Widodo Iryansyah bersama Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin cek kesiapan personel pengamanan Pilkada Jatim menggunakan jeep di halaman Mapolda Jatim, Jumat (5/1/2018) Kepala Staf Kodam (Kasdam) V/Brawijaya, Brigjen TNI Widodo Iryansyah bersama Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin cek kesiapan personel pengamanan Pilkada Jatim menggunakan jeep di halaman Mapolda Jatim, Jumat (5/1/2018)

Polda Jatim Koordinasi Kodam V/Brawijaya

Surabaya, Expostnews.com - Sedikitnya, 6 ribu lebih personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) disiapkan Markas Komando Daerah Militer (Kodam) V/Brawijaya. Personel dari 3 matra, darat, laut dan udara tersebut sengaja disiagakan untuk mendukung kelancaran helat pesta demokrasi yang berlangsung di Provinsi Jawa Timur tahun ini.

“Personel kami on call untuk mendukung penuh pengamanan Pilkada Jatim 2018,” tandas Kepala Staf Kodam (Kasdam) V/Brawijaya, Brigjen TNI Widodo Iryansyah, S. Sos, Jumat (5/1/2018).

Kasdam mengatakan, dalam pengamanan ini, Kodam V/Brawijaya tidak sendiri, melainkan dibantu jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), khususnya Polda Jatim. Disisi lain, Kasdam kembali mengingatkan, agar seluruh personel TNI tetap menjaga netralitas dan tidak mengkubu.

“Selama berlangsungnya Pilkada, TNI netral. TNI hanya bertugas mengamankan jalannya pesta demokrasi. Hanya itu (pengamanan, red),” tandasnya disela apel pasukan Mantap Praja Semeru 2018 yang berlangsung di Mapolda Jatim, pagi tadi.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, jika institusi di wilayah tugasnya, tetap berkolaborasi dengan pihak Kodam V/Brawijaya dalam mengawal berlangsungnya pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung tahun ini. “Koordinasi terus kami lakukan dengan personel TNI,” tuturnya dalam apel gelar pasukan operasi Mantap Praja yang dihadiri Ketua DPRD Jatim, Kajati Jatim, Kasgartap III/Surabaya, Ketua KPU Jatim dan beberapa instansi terkait lainnya.

Kapolda juga menjelaskan, digelarnya apel pasukan yang dihadiri seluruh personel Polri, TNI AD, AU, dan AL tersebut, bertujuan untuk mengecek seluruh kesiapan personel dan satuan yang terlibat dalam pengamanan Pilkada Jatim 2018. Selain itu, gelar pasukan Mantap Praja ini sekaligus melihat kesiapan sarana prasana segenap unsur terkait.

“Sebelum diterjunkan di lapangan, kami cek seluruh kesiapannya,” tukas Kapolda Jatim dalam amanatnya. (ms/sa/dam)

Rate this item
(0 votes)
Read 63 times



 

 

                          

      FACEBOOK       TWITTER         GPLUS