Demi Persatuan, Warga Surabaya Ini Rela Jalan Sehat 4 Km

0
26

Surabaya, Expostnews.com – Masyarakat dari berbagai kalangan dan etnis, antusias menyusuri jalanan padat penduduk di Surabaya, Minggu (25/8/2019) pagi. Menempuh rute 4 km, Jalan Sehat bertema persatuan dalam keberagaman yang diikuti ribuan warga RW 05, Kelurahan/Kecamatan Asemrowo Tambak Dalam itu juga dihiasi dengan ragam kostum menarik dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kegiatan ini menjadi aksi nyata warga RW 5, khususnya warga Tambak Dalam dan sekitarnya di Kecamatan Asemrowo tentang pentingnya persatuan bangsa,” tukas H. Abdul Rohim, seorang dari tokoh masyarakat Asemrowo yang turut berbaur di tengah warga dalam Jalan Sehat bertema persatuan dan kesatuan bangsa tersebut.

Ia berharap, acara yang berlangsung sukses dan lancar itu bisa memberi contoh warga lainnya untuk tetap menjaga persatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Menurutnya, perbedaan suku, agama, ras maupun golongan, bukan menjadi penghalang untuk merajut persatuan demi terjaganya Bhinneka Tunggal Ika.

“Kalau kita bersatu dan sering bertemu, maka segala bentuk berita hoax ataupun upaya provokasi yang membelah persatuan bisa dicegah sedini mungkin,” tandas Kaji Rohim, sapaan akrabnya sembari beryel-yel dengan teriakan ‘NKRI Harga Mati’.

Lelaki ramah yang punya pengaruh dan dihormati semua kalangan ini mengaku, sengaja mengundang warga asli Papua untuk bersama bergandengan tangan di acara Jalan Sehat fenomenal tersebut. Bukan hanya itu, untuk lebih menambah dinamis nuansa persatuan, Kaji Rohim juga mendatangkan kesenian Ul Gaul asli Madura, Jawa Timur. “Ini tidak lain, demi persatuan. Sekarang, tidak ada lagi perbedaan. Semua Indonesia yang NKRI dan ber-Bhinneka Tunggal Ika,” serunya.

Sementara, acara yang dihelat meriah ini memberikan penghargaan bagi yang peserta yang mengenakan kostum menarik. Penghargaan dalam bentuk hadiah tersebut juga dibagikan panitia kepada para peserta Jalan Sehat lainnya melalui pengundian kupon. (sa/ms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here