Ingin Tampil Mandiri, eks PSK Kremil Surabaya Berbondong Latihan Ini

0
36

Surabaya, Expostnews.com – Perempuan-perempuan yang tinggal di lingkungan eks lokalisasi Tambak Asri Surabaya, kini tengah berusaha mengubah nasibnya. Mereka yang rata-rata berusia antara 30-40 tahun dan mayoritas mantan pekerja seks komersiil (PSK) itu berlatih khusus merias makeup artis.

“Senang juga sih. Kan baru pertama kali ini ikut pelatihan,” aku Ella Fuji Lestari, seorang dari peserta pelatihan make up artis, Sabtu (5/10/2019).

Di pelatihan tersebut, Ella mengaku, mempelajari teknik rias make up alis dan cara merias bibir dengan lipstik. Menurutnya, teknik merias make up artis tidak seperti yang dibayangkan, mudah dan tidak membutuhkan kecermatan. “Jujur saja, kesulitannya teknik. Ternyata, make up artis itu ada tekniknya supaya benar dan bagus,” kata mantan PSK di eks lokalisasi yang dikenal dengan sebutan Kremil ini.

Rencananya, setelah mendapat pelatihan, perempuan berkulit sawo matang ini berniat membuka jasa rias atau make up. Harapannya, meski kecil-kecilan, dirinya bisa mandiri dan melayani diri sendiri tanpa bergantung nafkah menjual diri.

“Kami menggagas ini (pelatihan, red) hanya ingin menumbuhkan jiwa enterpreneur di kalangan warga eks lokalisasi Tambak Asri Surabaya,” sambung Hilalu Nur Khoiri, selaku pegiat sosial yang menggagas acara pelatihan make up artis tersebut.

Ia berharap, para peserta yang masa lalunya kelam itu bisa terangkat kehidupannya dengan berusaha sendiri sesuai keterampilan yang diperoleh dari pelatihan. Dengan begitu, para peserta pelatihan yang mayoritas mantan PSK ini mampu membuka usaha kecil-kecilan.

“Seperti rias salon dan make up wisuda sampai kebutuhan merias mak up karnaval. Sehingga, mereka dapat benar-benar meninggalkan profesi lamanya,” tukas Hilalu.

Sementara, pada acara melatih keterampilan tersebut, tidak hanya dibekali pelatihan make up artis. Warga juga diajak untuk berlatih senam aerobik yang bertujuan untuk mengencangkan kulit, menjaga kesehatan tubuh, serta membuat penampilan menjadi lebih muda. (krs/sa/ms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here