Ini Upaya DLU Ubah Work Culture

0
38

Surabaya, Expostnews.com – Kualitas sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni tetap menjadi prioritas PT Dharma Lautan Utama (DLU), selain penilaian aspek keselamatan yang tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Untuk itu, DLU menganggap penting dua faktor tersebut sebagai modal utama dalam kenyamanan pelayanan, sekaligus memberi rasa aman kepada para pengguna jasa transportasi laut.

“SDM bagi DLU bukan sebagai beban, tapi sebagai modal atau aset perusahaan yang mampu mengubah budaya kinerja perusahaan. Apalagi, urusan safety, kami tidak main-main,” cetus Direktur Utama (Dirut) DLU, Erwin H. Poedjono, Minggu (1/9/2019).

Erwin menjelaskan, safety atau keselamatan dan keamanan pelayaran merupakan bentuk tanggung jawab yang selama ini dijaminkan DLU dalam pelayanannya. Hal utama ini menjadi konsern DLU, ditambah dukungan SDM yang berkualitas serta mumpuni secara skill individunya.

“Ini tanggung jawab kami kepada masyarakat dengan melayani sebaik mungkin dan memberi kepastian keselamatan penumpang. Ini kami lakukan sebagai tindakan antisipatif,” tandas Erwin.

Menurutnya, tolok ukur keberhasilan perusahaan tidak lagi ditentukan fasilitas maupun proteksi dari pemerintah, melainkan kualitas SDM dalam melayani pelanggan. Ia mengatakan, salah satu cara strategis yang ditempuh DLU untuk meningkatkan pelayanan dan safety adalah mutu SDM secara nyata dan konsisten melalui prinsip reward and punishment. 

“Ini semua guna merealisasikan visi dan misi perusahaan. Karena, kami tidak hanya bekerja lebih keras, tetapi juga dengan cara yang lebih cerdas,” tukas Erwin usai gelaran Malam Anugerah Prestasi 2019 PT DLU di Hotel Bumi Surabaya, Jumat (30/8/2019).

Lebih jauh diungkapkan, modal SDM dan human capital menjadi faktor utama dalam kompetisi di sektor pelayanan. Untuk itu, dibutuhkan loyalitas, totalitas, dedikasi, sekaligus memotivasi karyawan agar efektif dan lebih produktif dalam kinerjanya. “Melalui hubungan kerja yang sehat, serasi, harmonis dan dinamis, antara perusahaan dengan karyawan,” kata Erwin.

Disinggung acara Malam Anugerah Prestasi 2019 yang diselenggarakan DLU sejak 2003, Erwin mengungkapkan, pihaknya menganugerahkan reward kepada karyawan. Dalam rangkaian kegiatan tahunan tersebut, secara terbuka DLU memberikan insentif 12 kali gaji untuk karyawan yang terpilih berprestasi dalam berbagai kategori penilaian.

“SDM andal adalah tonggak utama DLU. SDM terbaik akan membuat perusahaan menjadi lebih maju lagi,” tambah Bambang Haryo Soekartono, Komisaris PT DLU yang mengapresiasi upaya manajemen dalam melestarikan penghargaan prestasi tersebut. (ms/bjt/kan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here