Kuasa Hukum Terdakwa Penganiayaan Minta Kliennya Dibebaskan

0
57

Surabaya, Expostnews.com – Tim Penasehat Hukum Crhistian Novianto, terdakwa kasus dugaan penganiayaan kepada Oscarius Yudhi Ari Wijaya menilai, surat dakwaan jaksa kepada kliennya kabur atau Obscurr Libel. Poin penting yang terurai dalam agenda persidangan pembacaan pembelaan atas tuntutan jaksa di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Rabu (28/8/2019) itu menjadi dasar kuasa hukum terdakwa meminta, kliennya dibebaskan dari segala tuntutan hukum.

“Dalam fakta persidangan, ada perbedaan dokter visum yang ada di surat dakwaan dengan dokter visum yang dihadirkan. Perbedaan itu dianggap jaksa penuntut umum salah ketik,” kata Wellem Mintarja, Kuasa hukum terdakwa.

Dasar lainnya yang disampaikan Wellem untuk menangkis tuntutan jaksa kepada kliennya tersebut adalah, keterangan saksi saksi yang terungkap dalam persidangan. Selain itu, uraian uraian tuntutan yang dipaparkan jaksa penuntut umum menjadi penguat kuasa hukum terdakwa saat membacakan pembelaan atau pledoi.

“Kami selaku penasihat hukum terdakwa Crhistian Novianto memohon agar membebaskan terdakwa dari semua dakwaan (Vrijspraak), atau setidaknya melepaskan klien kami dari semua tuntutan hukum (Onslag van rechtsvervolging),” urai Wellem Mintarja di hadapan Majelis Hakim.

Menurutnya, sesuai Pasal 144 KUHAP surat dakwaan seharusnya dibuat secara cermat, jelas dan tepat. Adanya perbedaan nama saksi visum pada dakwaan jaksa dan saksi visum yang dihadirkan jaksa dipersidangan, kata Wellem, sangat tidak dibenarkan.

“Dalam Pasal 144 KUHAP sudah diatur, jaksa tidak bisa mengubah dengan serta merta surat dakwaan, Ada tata caranya. Ini berarti jaksa tidak cermat,” tandas Wellem.

Ia meminta, Majelis Hakim yang mengadili perkara ini dapat mempertimbangkan bukti-bukti serta fakta hukum dalam persidangan agar terdakwa Crhistian Novianto dibebaskan dari jeratan hukum. Wellem juga berharap, majelis hakim bisa memutus perkara tersebut dengan seadilnya. “Sehingga klien kami bebas dari jeratan hukum,” pintanya. (di/ms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here