Pelindo III Lancarkan Pengapalan 22 Gerbong INKA di Jamrud Utara

0
85

Surabaya, Expostnews.com – Dermaga Jamrud Utara di Pelabuhan Tanjung Perak sengaja disiapkan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III, dalam hal ini Pelindo III Regional Jawa Timur untuk memperlancar proses pengapalan produk PT Industri Kereta Api (Persero)/INKA menuju Bangladesh, Rabu (11/9/2019). Kegiatan ekspor tahap II tersebut, PT INKA mengirim 22 gerbong pesanan Bangladesh Railway – Pahartali, Chittagong Bangladesh.

“Sebagai penyedia jasa dan operator pelabuhan, khususnya di Tanjung Perak, Pelindo III sangat mendukung dan membantu segala yang dibutuhkan untuk memperlancar proses pengiriman gerbong KA ke Bangladesh,” kata Onny Djayus, CEO Pelindo III Regional Jawa Timur di sela pengapalan 22 gerbong KA yang dihadiri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Dirut PT Pelindo III Doso Agung dan jajaran direksi kedua perusahaan BUMN tersebut.

Apa yang dilakukan Pelindo III kepada INKA, kata Onny, menjadi wujud nyata dari maksimalisasi pelayanan terhadap penyediaan fasilitas dermaga, khususnya di Jamrud Utara. Selain itu, layanan yang diberikan Pelindo III merupakan bukti sinergitas BUMN dalam mendukung program pemerintah. “Alhamdulillah… semua berjalan lancar dan tidak ada hambatan. Yang jelas, Pelindo III support lokasi,” ujar Onny usai mengecek kesiapan dermaga Jamrud Utara yang sudah bersih dengan fasilitas memadai.

Sementara, Menteri BUMN, Rini Soemarno mengungkapkan, pengiriman 22 gerbong KA ke Bangladesh tersebut sudah 98 kali ekspor. Dari 250 order pesanan Bangladesh Railway, PT INKA terus melajutkan proses produksi hingga pengirimannya.

“Bulan depan, INKA ekspor ke Filipina. Untuk menunjang minat negara tetangga, kini INKA tengah membangun pabrik baru di Banyuwangi,” kata Rini. 

Pada kesempatan tersebut, hadir pula dua direksi PT Pelindo III, Toto Heliyanto selaku Direktur Umum dan SDM serta Direktur Teknik dan TIK Joko Noerhudha beserta jajaran manajemen Pelindo III Regional Jawa Timur lainnya untuk menyaksikan pengapalan 22 gerbong KA dengan menggunakan kapal MV Lucky Catherine. (sa/ms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here