Semen Indonesia Target Bangunan Pabrik Mortar Berkapasitas 375 Ribu Ton Beroperasi Tahun 2020

0
46
Factory Ground Breaking Ceremony pabrik mortar dengan kapasitas 375 ribu ton/tahun di Narogong, Gunung Putri, Jawa Barat oleh Direktur Utama Semen Indonesia, Hendi Prio Santoso (ketiga dari kiri) dan Direktur Mitra Kiara Indonesia, Mirza Whibowo Soenarto (keempat dari kiri) bersama jajaran manajemen Semen Indonesia, Rabu (29/8/2019)

Jakarta, Expostnews.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk memulai pembangunan pabrik mortar di Narogong, Gunung Putri, Jawa Barat, Rabu (29/8/2019). Factory Ground Breaking Ceremony pabrik berkapasitas 375 ribu ton/tahun yang dibangun anak usahanya, PT Mitra Kiara Indonesia (MKI) itu diharapkan, dapat meningkatkan daya saing Perseroan melalui produk semennya.

“Ini sekaligus menangkap peluang pertumbuhan industri hilir semen. Sehingga, dapat menjadi sumber revenue baru bagi Perseroan,” kata Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia Sigit Wahono di sela Factory Ground Breaking Ceremony yang dihadiri Direktur Utama (Disrut) Semen Indonesia, Hendi Prio Santoso dan Direktur MKI Mirza Whibowo Soenarto.

Dikatakan, pabrik mortar PT MKI ini dibangun di atas lahan seluas 2 hektar dengan konsep ramah lingkungan. Menurutnya, pembangunan pabrik mortar yang merupakan pengembangan bisnis Semen Indonesia untuk melengkapi portofolio produk dan layanannya ini ditarget selesai dan mulai beroperasi pada tahun 2020.

“Pabrik mortar ini dibangun sekaligus memperkuat produk derivatif Semen Indonesia. Upaya ini dilakukan untuk memperluas diversifikasi jenis produk yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggan,” ulas Sigit Wahono usai acara yang juga dihadiri Direktur Strategi Bisnis & Pengembangan Usaha Semen Indonesia Fadjar Judisiawan, Direktur Marketing & Supply Chain Semen Indonesia Adi Munandir, Direktur Produksi Semen Indonesia Benny Wendry, Direktur Utama Solusi Bangun Indonesia Aulia Mulki Oemar, Managing Partner AML Anlangentechnik GmBh & Co. KG Matthias Leeke, serta tokoh masyarakat sekitar.

Lebih jauh dijelaskan, mortar merupakan produk dengan bahan utama semen dan pasir. Pada umumnya, kata Sigit, pasir yang digunakan adalah pasir alam. “Tapi, untuk produk baru ini, Semen Indonesia telah mengembangkan sebuah inovasi teknologi yang dapat mengolah limestone untuk menggantikan fungsi pasir alam,” paparnya.

Sekadar tahu, PT MKI adalah entitas yang menjadi bagian dari Semen Indonesia untuk melakukan bisnis di industri hilir semen. Sementara, pembangunan pabrik mortar ini guna mengisi ceruk pasar mortar di tanah air yang masih sangat terbuka.

“Saat ini Semen Indonesia telah memiliki produk mortar yang diproduksi PT Solusi Bangun Indonesia, namanya Mortar Acian, Mortar Pasangan dan Mortar Plesteran,” tutupnya. (sa/ms/hum)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here