STIAMAK Barunawati Siapkan Lulusan Terbaik, Nugroho: Dua Bidang Sekaligus

0
31

Surabaya, Expostnews.com – Sekolah Tinggi Administrasi dan Manajemen Kepelabuhanan (STIAMAK) Barunawati Surabaya telah menyiapkan lulusan terbaiknya untuk menempati posisi di dua bidang keahlian berbeda. Masing-masing bidang tersebut, berupa ketepatan dalam berketerampilan kerja dan keahlian dalam bidang keilmuan yang mumpuni.

“Sekaligus dua bidang yang kami siapkan untuk bisa dipilih. Apakah bekerja setelah lulus, atau meneruskan studinya di tingkat lebih tinggi. Yang pasti, lulusan STIAMAK telah siap,” yakin Nugroho Dwi Priyohadi, S.Psi., M.Sc, Ketua STIAMAK Barunawati Surabaya, Sabtu (27/7/2019).

Apalagi, kata Nugroho, STIAMAK juga sudah menyediakan lapangan kerja yang sesuai dengan keahlian dan jalur lanjutan untuk meneruskan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Di sela gelaran Seminar Nasional Human Capital bertema ‘Persiapan Masuk Dunia Kerja dan Studi Lanjut Pasca Sarjana’ yang berlangsung di aula PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) Port, Nugroho mengaku, telah menjalin Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa instansi, termasuk BJTI Port dan lembaga pendidikan tinggi sekelas universitas.

“Kalau mau bekerja, ini ada industri di pelabuhan yang siap menampung lulusan STIAMAK, dengan berbagai syarat masuk tentunya,” jamin Nugroho dalam seminar yang dihadiri narasumber, Dirut BJTI Port, Hot Rudolf Marihot, Dirut PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS), Roy Dharma, Senior Manajer Pelayanan SDM dan HSSE PT Pelindo III (Persero), I Putu Sukadana dan Kepala Prodi Magister Manajemen Narotama, Joko Suyono.

Menurutnya, beberapa industri pelabuhan tersebut merupakan ruang yang bisa dijadikan alternatif pekerjaan bagi alumnus STIAMAK. Begitu pula bagi lulusan yang ingin melanjutkan studinya, STIAMAK juga bermitra dengan Universitas Narotama yang memiliki program Magister Management dengan program khusus. “Jadi, yang disiapkan STIAMAK tidak hanya lulusan unggul dalam akademik, melainkan juga praktis dan non akademik,” jelas Nugroho.

Artinya, lanjut Nugroho, selain meningkatkan jaringan antara STIAMAK dengan dunia industri dan lembaga pendidikan tinggi, juga meningkatkan kualitas output dari STIAMAK. Dengan begitu, lulusan STIAMAK mumpuni dalam keilmuan, dan terampil di bidang pekerjaan, termasuk mahasiswa yang transfer eks dari orang yang sudah bekerja juga semakin ahli secara akademik.

“Yang pasti, tujuan seminar kali ini adalah memberikan penguatan pengetahuan dan keterampilan kerja di sektor bisnis pelabuhan, sekaligus mendorong mahasiswa agar terus meningkatkan keilmuan pada kuliah lanjutan,” tambah M. Fail, Kepala Humas STIAMAK Barunawati Surabaya. (sa/ms/fa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here