Tepis Tanjung Perak Seram, Pelindo III Gelontor Rp3 M Untuk Taman Barunawati

0
79

Surabaya, Expostnews.com – Kesan menakutkan dan seram yang kerap disematkan di kawasan Tanjung Perak, kini tak lagi terdengar. Pasalnya, manajemen PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III telah mengucurkan anggaran hingga Rp3 miliar untuk mengubah stigma menyeramkan tersebut dengan bangunan taman.

“Kita tahu lah… Dulu, Perak (Tanjung Perak, red) ini dikatakan seram. Apalagi, banyak truk-truk besar yang berseliweran. Tapi, sekarang sudah tidak lagi karena ada taman di tengah jalan arah menuju Pelabuhan Tanjung Perak,” ujar Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum, Toto Heliyanto usai meresmikan Taman Barunawati untuk umum, Rabu (9/10/2019).

Toto berharap, keberadaan taman tersebut dapat mengubah kesan menyeramkan yang disematkan masyarakat terhadap kawasan Pelabuhan Tanjung Perak. Selain itu, taman seluas 3.220 meter persegi itu mampu menjadi tempat hiburan alternatif untuk keluarga dan warga sekitar.

“Kami juga melengkapi keindahan Taman Barunawati dengan lampu yang bisa ‘menari’. Lampu-lampu ini menyala pada pukul 05.00 WIB hingga 00.00 WIB,” katanya didampingi CEO Pelindo III Regional Jatim, Onny Djayus dan jajarannya selepas Bike to Work.

Diharapkan, taman yang dibangun dalam waktu 125 hari di atas lahan seluas 8,6 hektar untuk fasilitas taman di Tanjung Perak itu, dari hari ke hari semakin cantik. Untuk itu, ia meminta, agar seluruh staf Pelindo III agar tak lelah merawat taman tersebut. “Supaya yang melihat atau warga sekitar bisa menikmati keindahannya. Karena, kami bangun taman ini untuk masyarakat,” sambung Onny Djayus.

Ditambahkan, saat ini Pelabuhan Tanjung Perak tergolong paling bagus dibanding kawasan pelabuhan lainnya di Indonesia. Alasannya, keberadaan taman di Tanjung Perak terbilang paling banyak dibangun untuk fasilitas umum. “Soalnya, di pelabuhan lain, biasanya hanya dibangun gedung-gedung tinggi,” tukasnya.

Menyinggung fasilitas umum (fasum), selain taman di Tanjung Perak? Toto mengaku, Pelindo III segera melanjutkan pembangunan pendestrian atau trotoar sepanjang 5 km. Disamping fasum yang membentang di sekitar jalan menuju Pelabuhan Tanjung Perak tersebut, Pelindo III juga menyiapkan anggaran Rp1,5 miliar untuk merenovasi keberadaan taman di sekitar wilayah Kalimas. “Ya, di Riverside Kalimas itu akan kami percantik dengan penambahan kafe-kafe di sepanjang jalurnya,” tutup Toto. (sa/ms/mal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here